Contoh Catatan Kaki

Posted on

Contoh Catatan Kaki – Di bagian bawah buku biasanya ada sejumlah tulisan, yang digunakan untuk menjelaskan atau menekankan informasi yang terkandung dalam tulisan dalam buku, yang merupakan footnote (catatan kaki).

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Catatan Kaki. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Contoh.

Pengertian

Saat membuat footnote, ia akan menjelaskan dari mana sumber kutipan berasal, apakah itu kutipan langsung atau kutipan tidak langsung. Di setiap teks, catatan kaki akan ditandai dengan angka. Nomor ini dimana langsung terikat dengan suatu informasi pada footnote.

Contoh Catatan Kaki

footnote adalah daftar informasi khusus yang terletak di bagian bawah, di setiap lembar atau di akhir bab tentang informasi ilmiah. footnote umumnya dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi serta bahkan komentar. Hal ini berguna sebagai suatu sarana guna menyampaikan sumber kutipan atau sebagai panduan untuk menulis daftar bacaan.

Fungsi Dari Catatan Kaki

Dalam penggunaan footnote, penggunaannya biasanya digunakan dan disisipkan dalam contoh artikel atau karya ilmiah seperti tesis, tesis dan lain-lain. Atau juga sering dipakai sebagai suatu informasi pada referensi untuk diletakkan dalam lembar bagian terakhir dari dokumen atau karya ilmiah.

Berikut adalah beberapa fitur footnote.

  • Fungsi kedua dari footnote merupakan untuk dimana menghargaisuatu kutipan yang diperoleh, sehingga pembaca makalah ilmiah mengetahui asal kutipan.
  • Perlihatkan referensi atau referensi, sehingga pembaca karya ilmiah dapat memahami dan mengetahui. Tinjauan yang lebih jelas tentang istilah-istilah yang digunakan secara tertulis.
  • Catatan kaki memberikan deskripsi dan penjelasan tentang kompilasi kutipan dan daftar bacaan. Sehingga bisa dengan mudah dipahami oleh pembaca.

Tujuan Dari Catatan Kaki

Tujuan dari penulisan footnote adalah untuk mengumpulkan bukti dari karya tertulis dari mana sumber itu diperoleh, serta ungkapan dalam menyatakan terima kasih. Kepada penulis yang pendapatnya dikutip, dalam menyajikan informasi lebih lanjut.

Selain memperkuat deskripsi informasi, esensi dari penulisan materi penjelasan tidak disengaja adalah materi penjelasan yang tiadak begitu penting. Hal inilah untuk menjadikan peningkatan tampilan untuk dipertahankan.

Baca Juga :  Contoh Opini Di Koran

Contoh Dari Catatan Kaki

Berikut inilah contoh-contoh dari footnote yang di jelaskan dalam bentuk kalimat, diantaranya yaitu:

Contoh Footnote 1

Untuk karya ilmiah yang tidak dipublikasikan (LTA, tesis, tesis, tesis gelar, dll.)

Jaki Handayani et al. “Perubahan dalam pengelolaan arsip aktif dari sentralisasi ke desentralisasi di P.T. Barokah Art”, LTA D-III Arsip Fakultas Seni, UGM, 2000, hal. 31.

Contoh Footnote 2

Dari artikel dalam majalah (jurnal ilmiah, jurnal)

Gemar Berkarya Hatta, “Catatan medis dan medis dalam posisinya sebagai pendukung kesehatan nasional”, dalam National Archive News, No. 28 Juni 1988 (Surabaya: ANRI, 1988), hlm. 7.

Contoh Footnote 3

Melalui lisan

Wawancara dengan Budi Utomo, 12 April 2008 di Kantor.

Contoh Footnote 4

Dari masalah organisasi

Pengembangan dan pengoperasian programmer pencatatan, ARMA, 1999, hlm. 72.

Contoh Footnote 5

Dari masalah pemerintah

Peraturan pemerintah nomor 29 tahun 2000 tentang amortisasi arsip, pasal 9.

Contoh Footnote 6

Dari buku itu

Budi Sumarno, Penyusutan arsip nasional dalam pengelolaan arsip (Bandung: Pustaka Sinar Terang, 1997), hal. 15.

Contoh Footnote 7

Dari internet

Dwi Fajar, “Menjadi pria selalu selalu”, dapat diakses dari http://infoana.com/example-catat-kaki/, pada 18 April 2017 pukul 10.27.

Contoh Footnote 8

4 atau lebih penulis

Contoh penulisan catatan kaki jika referensi ditulis dalam buku menggunakan empat atau lebih penulis, dapat ditulis sebagai berikut.

Mahmud Efendi, dkk. Bahasa dan sastra Indonesia, (Solo: Citra Aji Pratama, 2008), hlm. 47.

Contoh Footnote 9

Dengan 1-3 penulis

  • Chairil Anwar, Deru Campur Debu, (Jakarta: PT GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA, 1992), hlm. 9.
  • Abdul Khalik, Rapi Armad, Bagus Kuncoro, Belajar Bahasa Indonesia, (Surabaya: Dwikarya, 2009), hlm. 25.

Catatan kaki dalam penulisan referensi ke buku yang ditulis oleh satu hingga tiga penulis, kemudian dalam penulisan yang benar sebagai berikut.

Contoh Footnote kaki 10

Sumber buku

Angga Murjana, Kompilasi Penulisan (Bandar Lampung: Pustaka Tanjung Senang, 2019), halaman 13.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Catatan Kaki. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: