Contoh Paragraf Induktif

Posted on

Contoh Paragraf Induktif – Dalam model paragraf induktif dibagi menjadi tiga bagian, yaitu kausal (sebab dan akibat), generalisasi dan analogi. Paragraf induktif itu sendiri adalah kalimat utama di akhir kalimat.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Paragraf Induktif. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian dan Contoh.

Pengertian

Paragraf induktif memiliki pola paragraf yang dimulai dari spesifik ke umum. Paragraf induktif adalah paragraf dalam kalimat pertama yang berisi penjelasan dan kalimat terakhir berisi gagasan utama dalam paragraf itu. Lebih jelasnya, kalimat utama ada di akhir dan kalimat penjelas di awal.

Contoh Paragraf Induktif

Untuk paragraf yang sama ini dibagi menjadi tiga yaitu kausal, generalisasi dan analogi. Klausa atau model kausal adalah model yang menggunakan fakta untuk memperkuat kesimpulan.

Model generalisasi adalah model pengembangan di mana pernyataan khusus hampir sama dengan pernyataan kesimpulan atau frasa utama. Model perkembangan analogi adalah model yang membandingkan dua hal yang memiliki ungkapan umum. Nah, yang perlu anda tekankan dan ketahui ialah bahwasannya paragraf induktif itu sendiri adalah kalimat utamanya di akhir kalimat.

Berikut inilah contoh-contoh dari paragraf induktif yang perlu anda pahami dan pelajari, saat anda ingin membuat sebuah paragraf induktif. Berikut ini contohnya di bawah ini:

Contoh Paragraf Induktif Mengenai Kesehatan

Contoh 1

Berbagai penyakit dapat masuk ke tubuh kita melalui hal-hal kecil yang mungkin tidak kita sadari, misalnya ketika kita makan dengan tangan tanpa menggunakan sendok. Tidak mencuci tangan terlebih dahulu jelas akan memberi peluang penyakit memasuki tubuh kita melalui kuman di tangan kita. Karena itu, Anda bisa mencuci tangan sebelum makan untuk mengurangi risiko penyakit memasuki tubuh kita akibat kuman.

Contoh 2

Segala sesuatu yang berlebihan bukanlah hal yang baik. Begitu juga dengan konsumsi makanan, jika kita makan terlalu banyak juga dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti berat badan berlebih dan serangan jantung. Karena itu makanlah sesuai dengan kebutuhan kita untuk menjaga kesehatan.

Contoh Paragraf Induktif Mengenai Pendidikan

Contoh 1

Tidak semua siswa perlu memiliki keterampilan yang sama dalam proses pembelajaran. Siswa biasanya memiliki bakat dan kekuatan di bidangnya masing-masing. Misalnya, ada siswa yang unggul dalam matematika dan tidak selalu unggul dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, guru tidak boleh menilai murid mereka bodoh karena mereka tidak menguasai satu mata pelajaran.

Contoh 2

Belajar sampai tengah malam bahkan bukan tidur bukanlah hal yang baik, jika ini dilakukan karena ujian besok, maka yang terjadi adalah kantuk selama ujian. Karena itu, persiapkan diri Anda dan mulailah belajar dari jauh sebelum waktu ujian tiba.

Contoh Paragraf Induktif Mengenai Lingkungan

Contoh 1

Membuang sampah secara sembarangan ke sungai nampaknya sudah menjadi kebiasaan atau bahkan tradisi turun-temurun bagi warga Jakarta. Meskipun kebiasaan buruk ini berdampak besar bagi lingkungan, terutama bagi sungai-sungai yang mengalir di wilayah Jakarta. Karena ini dapat menyebabkan aliran sungai terhalang oleh sampah dan akhirnya menyebabkan banjir. Ini menyebabkan banjir yang disebabkan oleh tumpukan sampah yang menghalangi aliran sungai.

Contoh 2

Mengelola sampah plastik yang bisa kita lakukan adalah menggunakan limbah plastik yang digunakan di kapal atau manipulasi lain dengan membakar mereka. Karena sampah plastik tidak bisa terurai jika terkubur di dalam tanah. Karena itu, kita harus menyadari bahwa sampah plastik sangat berbahaya bagi lingkungan.

Contoh Paragraf Induktif Singkat

Contoh (klausa sebab-akibat)

Kami sekarang memasuki musim panas. Cuacanya sangat panas, jadi kami membutuhkan lebih banyak cairan untuk tubuh kami. Terlebih lagi, polusi di jalanan semakin buruk, sehingga tidak dapat disangkal bahwa ada banyak orang yang kesehatannya tidak baik.

Contoh (Generalisasi mengenai sekolah)

Ketika ujian semester telah lulus, semua nilai siswa diperiksa. Ternyata ada beberapa nilai untuk siswa yang nilainya melebihi standar kelulusan, sebanyak 19 siswa. 10 siswa mendapatkan nilai kelulusan standar dan tidak ada siswa yang memiliki nilai rata-rata. Jadi bisa dibilang bahwa kegiatan pembelajaran di kelas telah berhasil.

Contoh Paragraf Induktif Lainnya

  1. Ada banyak pengetahuan dalam buku yang bisa kita pelajari. Dengan membaca buku, kita bisa menguasai sains. Kita dapat mengetahui banyak informasi di bidang apa pun dari buku-buku. Oleh karena itu, tidak salah jika buku ini dijuluki sebagai repositori pengetahuan.
  2. Banyak orang memburu harimau Sumatra. Mereka melihat kulit harimau untuk dijual kepada pengrajin kulit. Apalagi sekarang, habitat hewan semakin menyusut karena deforestasi dan ekstraksi. Akibatnya, harimau Sumatra kini semakin langka.
  3. Tanaman ini sering digunakan sebagai bumbu di dapur. Selain itu, jahe sering digunakan sebagai minuman hangat untuk tubuh. Jahe juga dapat ditanam di halaman belakang rumah Anda sebagai apotek hidup. Dapat disimpulkan bahwa jahe memiliki banyak manfaat.
  4. Dalam disiplin keluarga itu perlu. Disiplin juga merupakan awal kesuksesan di sekolah. Disiplin lingkungan tidak hanya akan berdampak baik bagi masyarakat. Ternyata disiplin sangat penting dalam kehidupan kita.
  5. Jika ada siswa yang melanggar aturan kelas, hukuman yang telah disepakati harus diberikan kepada pelanggar. Aturan kelas dibuat untuk mendukung ketertiban dan disiplin kelas. Aturan kelas yang dimulai dengan piket bersih, pilihan kelengkapan kelas, aturan perilaku kelas, dan lainnya harus didukung oleh semua anggota kelas. Karena itu, aturan kelas harus dihormati oleh semua anggota kelas.
  6. Daun pepaya dapat digunakan sebagai nafsu makan untuk meningkatkan herbal. Daun pepaya juga bisa menjadi sayuran yang enak. Bunga pepaya juga bisa dimasak sesuai selera untuk digoreng. Selain itu, buahnya sangat manis dan dapat membantu pencernaan. Saat Anda muda, buah pepaya juga bisa dijadikan makanan. Tidak hanya itu, biji pepaya juga mengandung zat yang dapat mengobati cacingan pada anak-anak. Ternyata di balik manisnya pepaya, ternyata mengandung banyak manfaat di berbagai bagian tanaman pepaya.
  7. Di kantor, jaringan internet diperlukan untuk mendukung kegiatan kantor. Di sekolah, Internet dapat menjadi media pendukung untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Hingga ke pelosok desa, Internet kini telah menjadi elemen dasar yang mampu mendukung kegiatan komunikasi. Dalam dunia perdagangan, Internet tampaknya menjadi kebutuhan paling mendasar karena sekarang memperluas toko di jaringan (toko online). Sekarang, di mana-mana orang membutuhkan Internet.
  8. Bunga duri ini bisa melukai kolektor yang ceroboh. Bunga ini disukai oleh banyak orang karena bentuknya yang indah. Bunga ini sering ditemukan berwarna merah dan putih. Bunga ini sering digunakan sebagai hadiah sebagai bentuk ucapan syukur atau perhatian. Bunga ini dapat dengan mudah ditanam dalam pot atau langsung di tanah atau di kebun. Hampir semua orang tahu tentang bunga ini, mawar.
  9. Danau ini terletak di pulau Sumatra. Danau ini dikenal sebagai tempat wisata yang cukup menarik. Di tengah danau ini ada sebuah pulau kecil yang menambah latar belakang yang eksotis. Danau ini terdaftar sebagai danau terbesar di Indonesia. Menurut para sejarawan, danau itu terbentuk setelah letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Danau ini sebenarnya adalah kawah gunung berapi yang tidak lagi aktif setelah letusan. Danau ini adalah Danau Toba.
  10. Menjaga kebersihan di sekolah tidak hanya dilakukan oleh petugas kebersihan. Siswa juga harus menjaga kebersihan. Guru juga bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan sekolah. Karyawan sekolah, administrasi, kantin, koperasi, penjaga keamanan dan sebagainya juga harus berhati-hati untuk menjaga kebersihan sekolah. Semua anggota sekolah wajib menjaga kebersihan sekolah.
  11. Mendidik anak-anak tidak hanya dengan menjejalkannya dengan berbagai perintah atau saran. Perlu juga diberikan serangkaian contoh tindakan. Dengan menunjukkan tindakan yang patut dicontoh, apa yang kita perintahkan atau kirimkan melalui kata-kata dapat dengan mudah diserap dan diterapkan oleh anak. Jika metode ini tidak dilakukan oleh orang tua, anak akan kesulitan memahami apa yang ingin diajarkan orang tua mereka.
  12. Jika dibuang secara umum, limbah elektronik tidak dapat diurai dengan cara alami seperti limbah organik. Hal ini disebabkan banyaknya komponen yang terkandung dalam junk mail elektronik. Selain itu, kandungan beberapa bahan kimia yang terkandung dalam limbah jenis ini dapat menyebabkan ledakan dan pencemaran lingkungan yang dapat membahayakan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, kita dapat menyimpulkan bahwa sampah elektronik tidak boleh dibuang di sampah umum.
Baca Juga :  Contoh Esai

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Paragraf Induktif. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: