Contoh Teks Eksposisi Analisis

Posted on

Contoh Teks Eksposisi Analisis – Dalam menulis atau menyajikan teks eksposisi itu harus sesuai berdasarkan fakta yang benar-benar terjadi dalam masalah seperti informasi atau pengetahuan yang akan disampaikan kepada orang lain.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Teks Eksposisi Analisis. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Karakteristik, Struktur dan Contoh.

Pengertian

Teks Eksposisi adalah teks yang berisi ide dan pendapat yang dimaksudkan untuk memberikan informasi atau pengetahuan kepada orang lain.

Contoh Teks Eksposisi Analisis

Dan menulis harus menggunakan bahasa kalimat yang mudah dipahami oleh orang lain, sehingga tidak ada kesalahan dalam memahami yang lain yang akan kita berikan.

Karakterisik Teks Eksposisi Analisis

Adapun karakteristik teks eksposisi analisis, sebagai berikut:

  • Paragraf tentang penyusunan teks-teks pameran umumnya merespons pada askadimega.
  • Presentasi dari teks pameran tidak boleh tidak memihak kepada siapa pun.
  • Pengiriman teks pameran harus sederhana dan menggunakan bahasa standar.
  • Tulis teks pameran dalam bentuk fakta yang digunakan sebagai alat konkret.
  • Menulis teks pameran harus ringkas, ringkas, dan akurat.
  • Tampilkan teks dalam bentuk fakta yang digunakan sebagai alat kontribusi.
  • Teks pameran ini informatif.
  • Teks pameran mencoba menjelaskan sesuatu yang sedang dibahas.
  • Teks pameran biasanya menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana.
  • Teks pameran harus menggunakan gaya informasi yang dapat dibentuk untuk mengundang orang lain.
  • Teks pameran menjelaskan atau menyampaikan informasi.

Struktur Teks Eksposisi Analisis

Adapun struktur teks eksposisi analisis, sebagai berikut:

Penegasan ulangan: bagian dari teks pameran yang berisi penegasan kembali pendapat penulis.
Deklarasi pendapat (tesis): bagian dari teks pameran yang berisi deklarasi pendapat penulis (tesis), atau juga diindikasikan sebagai bagian awal.
Argumen: bagian dari teks pameran yang berisi dalam bentuk alasan yang mungkin menjadi alasan argumen penulis dalam memperkuat atau menolak ide.

Macam-Macam Teks Eksposisi

Adapun macam-macam teks eksposisi analisis, sebagai berikut:

Teks Pameran Perbandingan

Teks tampilan perbandingan adalah teks yang menjelaskan gagasan dalam kalimat utama menggunakan metode perbandingan.

Ilustrasi Tampilan Teks

Ilustrasi tampilan teks adalah teks yang menggunakan gambar sederhana atau bentuk konkret untuk menyampaikan informasi atau ide. Dalam menggambarkan sesuatu yang memiliki sifat yang sama dan menggunakan frasa penghubung.

Teks Acara Berita

Teks paparan berita adalah teks yang menyediakan informasi dari peristiwa tertentu, yang sering kita jumpai dalam berita, surat kabar, atau surat kabar.

Contoh Teks Eksposisi Analisi

Agar supaya bisa memahami teks eksposisi analisi, anda bisa melihat contoh dibawah:

Contoh 1

Pendidikan itu penting bagi setiap manusia. Dengan pendidikan, manusia akan belajar banyak hal, termasuk belajar menjadi lebih dewasa, mandiri dan bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan.

Ini sesuai dengan definisi pendidikan itu sendiri, baik menurut KBBI maupun menurut pakar pendidikan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendidikan adalah proses mengubah sikap dan perilaku seseorang atau sekelompok orang dalam bentuk pengajaran yang bertujuan untuk mematangkan orang atau sekelompok orang.

Baca Juga :  Contoh Teks Eksposisi Definisi

Sementara itu, menurut M.J Lavengeld, pendidikan adalah upaya untuk membimbing manusia yang belum dewasa menuju kedewasaan. Selain itu, pendidikan juga merupakan upaya untuk membantu anak-anak melaksanakan tugas hidup mereka secara mandiri dan bertanggung jawab secara sosial. Lavengeld juga mendefinisikan pendidikan sebagai upaya untuk mencapai penentuan nasib sendiri dan tanggung jawab.

Dari definisi ini, kita dapat menyimpulkan bahwa pendidikan sangat penting untuk pembentukan kedewasaan manusia. Dengan pendidikan, manusia bisa menjadi lebih dewasa, mandiri dan bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya. Selain itu, pendidikan juga mampu mendorong orang untuk menentukan identitas dan masa depan mereka. Ini konsisten dengan klaim Lavengeld bahwa pendidikan adalah upaya penentuan nasib sendiri.

Contoh 2

Sampah elektronik adalah sampah yang lebih kompleks daripada sampah lainnya. Ini karena limbah jenis ini mengandung berbagai jenis komponen di dalamnya, mulai dari besi, kawat, tembaga dan elemen lainnya. Unsur-unsur ini membuat dekomposisi alami dari jenis sampah ini sangat sulit, serta jenis sampah plastik. Karena tidak dapat terurai secara alami, limbah ini akan menjadi limbah yang akan membuat lingkungan lebih tercemar. Langkah-langkah atau cara di mana limbah ini tidak menyebabkan pencemaran lingkungan adalah dengan mendaur ulangnya menjadi benda yang berguna. Barang-barang yang ditemukan dalam limbah elektronik dapat didaur ulang menjadi barang yang lebih berguna, apakah itu barang elektronik baru atau kapal bernilai tinggi. Oleh karena itu, program daur ulang limbah elektronik harus dipromosikan dan diimplementasikan sedemikian rupa untuk mengurangi jumlah limbah elektronik, sehingga pencemaran lingkungan tidak bertambah buruk.

Contoh 3

Mie instan adalah dua makanan yang keduanya mengandung karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana itu sendiri adalah jenis karbohidrat yang hanya bisa memberikan efek penuh sementara pada perut. Efek sementara rasa kenyang akan membuat perut lebih lapar, jadi kita akan terstimulasi untuk makan banyak makanan. Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan, tubuh Anda akan menjadi gemuk dan bahkan bisa terserang berbagai penyakit berbahaya. Karena itu, makan mie instan dan nasi putih bersama-sama harus dikurangi sekarang. Karena mengonsumsi keduanya sekaligus tidak akan membuat perut Anda kenyang dan sehat dan bahkan akan membuat kita rentan terhadap berbagai penyakit.

Contoh 4

Sejak lahir, bayi sudah memiliki bakat yang tersembunyi dalam diri mereka. Bakat selanjutnya harus dikembangkan oleh anak dengan bantuan orang lain, baik itu orang tua, guru atau teman. Jika anak dipaksa untuk mengembangkan sesuatu di luar bakat latennya, maka bakat anak akan semakin terkubur dan anak tidak akan dapat berkembang dengan baik. Untuk alasan ini, mengembangkan keterampilan anak-anak sesuai dengan bakat terbaik mereka adalah sesuatu yang sedang dilakukan oleh semua pihak – terutama orang tua dan guru – sehingga anak-anak dapat tumbuh sesuai dengan bakat terbaik anak.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Teks Eksposisi Analisis. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: