Contoh Teks Ulasan

Posted on

Contoh Teks Ulasan – Teks ulasan juga disebut resensi. Saat meninjau pekerjaan, pengulas harus kritis sehingga hasil ulasan dapat berkontribusi pada kemajuan pekerjaan.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Teks Ulasan. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Karakteristik, Tujuan, Struktur dan Contoh.

Pengertian

Teks ulasan adalah teks yang berisi ulasan, evaluasi, atau ulasan karya seperti film, drama, atau buku.

Contoh Teks Ulasan

Ulasan adalah teks yang memiliki fungsi menimbang, mengevaluasi dan menyajikan kritik terhadap karya atau peristiwa yang ditinjau. Ulasan umumnya ditulis dalam bentuk artikel, sehingga teks ulasan juga bisa disebut artikel ulasan.

Karakteristik Teks Ulasan

  • Opsi didasarkan pada fakta yang ditafsirkan.
  • Juga dikenal sebagai istilah lain, resensi.
  • Struktur ini terdiri dari: orientasi, interpretasi, evaluasi dan sintesis.
  • Ini berisi informasi berdasarkan pendapat atau pendapat penulis karya atau produk.

Tujuan Dari Teks Ulasan

  • Mengindikasikan dan mengundang pembaca untuk bermeditasi, merefleksikan dan mendiskusikan masalah yang terkandung dalam sebuah karya
  • Pertimbangkan kepada pembaca apakah suatu karya cocok untuk dihargai atau tidak.
  • Memfasilitasi pembaca dalam memahami hubungan suatu karya dengan karya serupa lainnya.
  • Pertimbangkan pembaca sebelum memutuskan untuk memilih, membeli dan menikmati pekerjaan.
  • Menunjukkan ulasan atau evaluasi dari resensi sebuah karya
  • Berikan informasi kepada publik tentang kelayakan suatu pekerjaan
  • Bantu pembaca untuk mengetahui isi sebuah karya
  • Berikan informasi kepada pembaca tentang kelebihan dan kekurangan dari karya yang sedang direvisi atau revisi
  • Ketahui perbandingan pekerjaan ini dengan pekerjaan serupa lainnya
  • Berikan informasi lengkap tentang suatu pekerjaan.

Struktur Teks Ulasan

  • Ringkasan, yang berisi kesimpulan ulasan dari sebuah karya (film dan drama), bagian ini juga berisi komentar penulis jika karya tersebut bernilai / tidak layak tonton / tonton.
  • Evaluasi, yang berisi pendapat auditor tentang pekerjaan yang dimaksud, dilakukan setelah cukup menafsirkan pekerjaan. Di bagian ini penulis akan menyebutkan bagian-bagian yang berharga (berlebihan) atau undervalued (tanpa adanya) karya (film dan drama).
  • Orientasi berisi pengantar deskripsi umum dari sebuah karya (film dan drama) yang akan ditinjau, gambar umum ini menyiapkan “latar belakang” bagi pembaca mengenai apa yang akan diperiksa.
  • Interpretasi tersebut berisi deskripsi terperinci tentang karya yang direvisi (film dan drama), misalnya bagian dari karya, keunikan, keunggulan, kualitas, dan sebagainya.

Contoh Teks Ulasan

Untuk supaya lebih mengerti dan memahami dari teks ulasan, Anda dapat melihat contoh berikut di bawah ini:

Contoh 1

Rain

Rain adalah novel karya Tere Liye yang menceritakan kehendak karakter utama bernama Lail. A Lail ingin menghapus semua ingatannya tentang seseorang dan kemudian meminta bantuan Elia.
Setelah itu, Lail ingat mengapa dia harus menghapus ingatannya. Kemudian dia menjelaskan alasannya kepada Elia.

Interpretasi:
Lail adalah seorang gadis yatim piatu berusia 13 tahun. Dia menjadi yatim piatu sejak bencana alam terjadi di tempat tinggalnya. Selama bencana, dia bertemu dengan seorang pria muda yang menyelamatkan hidupnya. Pria muda itu bernama Esok.

Lail dan Tomorrow oleh karena itu terjebak dalam kisah cinta saat mereka berada di kamp pengungsi dan selalu bersama. Namun kisah cinta bukanlah kisah cinta yang biasa, karena keduanya memiliki cara yang tepat untuk melindungi hati mereka. Dalam cerita ini ada juga sosok bernama Maryam yang merupakan teman Lail.

Lail dan Maryam bertemu setelah masa perlindungan dan keduanya pindah ke panti asuhan. Sayangnya, hubungan Lail dan Maryam sangat dekat. Mary, yang tahu betul bahwa hubungan Esok dengan Lail lebih dari sekadar hubungan cinta biasa.

Dengan kepribadian Lail yang tertutup, dia tidak marah ketika Maryam mengolok-olok hubungan mereka berdua.

Baca Juga :  Membantu Ibu Memasak Di Dapur

Evaluasi:
Novel Rain disajikan dalam bahasa yang dapat membuat pembaca tegas ketika mereka membuat masalah. Pembaca juga dapat mengambil langkah maju ketika masalahnya sangat serius dan juga mengalami perasaan jatuh cinta.

Ada perasaan nostalgia ketika bertemu seseorang dan kemudian bertemu lagi setelah sekian lama tanpa melihat dan cemburu. Pembaca yang masih atau masih remaja dapat tersenyum melihat perilaku Lail. Imajinasi pembaca tampaknya telah diluncurkan oleh penulis, Tere Liye.

Ringkasan:
Novel yang disebut Rain memang sangat istimewa. Bahkan temanya tidak sesederhana novel romantis pada umumnya. Tidak hanya menyajikan romansa remaja, tetapi penulis juga menulis hal ilmiah.

Contoh 2

Perahu Kertas

Perahu Kertas adalah film berdasarkan novel Dewi Lestari dengan judul yang sama. Film ini menceritakan tentang kejujuran dan perasaan terhalang oleh hal-hal lain.
Film ini diperankan oleh artis-artis yang praktis remaja pada saat pertunjukan, seperti Maudy Ayunda dan Duke of Dolken. Jadi film ini berfokus pada kisah cinta remaja.

Interpretasi:
Film Perahu Paper menceritakan naik turunnya hubungan antara dua remaja bernama Kugy dan Keenan. Pengenalan antara keduanya datang ketika Kugy dan sahabat mereka membawa Keenan pulang dari Belanda.

Sayangnya, romansa mereka tidak berjalan dengan baik. Karena ketika dia pertama kali bertemu, Kugy berselingkuh dengan Ojo.

Sementara Keenan sendiri juga dekat dengan seorang gadis bernama Wanda. Meskipun Keenan dan Kugy memiliki perasaan yang sama, mereka tidak pernah mengekspresikan satu sama lain. Kisah cinta mereka dimulai ketika mereka belajar di Bandung.

Kugy adalah seorang gadis tomboy dan ceria yang percaya bahwa dia adalah agen dewa Neptunus. Dia memiliki kebiasaan menulis curhatannya di atas kertas yang nantinya akan dibentuk di atas kapal dan tersapu oleh air.

Meskipun Kugy terlihat seperti ini, dia sebenarnya adalah sosok yang memiliki pemikiran dewasa. Sedangkan Keenan adalah pelukis muda berbakat yang dipaksa oleh orang tuanya untuk melanjutkan studinya di Fakultas Ekonomi.

Keenan bersama Kugy, serta Noni dan Eko yang adalah teman-temannya, menjadi geng yang kompak. Kombinasi Kugy dan Keenan akhirnya menyebabkan cinta rahasia. Tapi rintangan demi rintangan selalu ada dalam sejarah mereka.

Keenan, yang mulai kehilangan antusiasme, akhirnya pergi ke rumah Pak Wayan. Pak Wayan sendiri adalah seorang guru melukis Keenan yang kemudian membawa Kugy ke seorang klien bernama Remi. Kugy, yang lulus dari perguruan tinggi, mendapat pekerjaan sebagai pekerja magang di agen periklanan teman kakaknya.

Kugy dan Keenan dipertemukan secara kebetulan di pernikahan Noni dan Eko. Hubungan antara keduanya akhirnya berakhir. Sayangnya, ada penghalang di antara mereka, yaitu Remy dan Luhde.

Evaluasi:
Ada banyak keuntungan dalam film ini, misalnya karakter yang direpresentasikan dengan cara yang sangat kuat dan menyenangkan. Pesan moral yang terkandung dalam cerita menjadi garam film ini. Sentimen maksimum yang dimainkan oleh para pemain serta alur cerita dan konflik yang baik diilustrasikan di sepanjang cerita.

Sementara itu, film ini juga memiliki kekurangan. Misalnya, eksploitasi kehidupan pribadi masing-masing karakter yang akhirnya membagi perhatian publik. Akhir film juga tampaknya tergantung pada bagaimana film berlanjut.

Ringkasan:
Film Paper Boat sangat cocok untuk ditonton remaja. Karakter yang tepat, konflik yang tepat, tampaknya menjadi alasan mengapa remaja harus menonton kisah kedua sejoli tersebut.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Teks Ulasan. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: