Tips Agar Menang Lomba Cerita Inspiratif

Posted on

 

Apakah kamu menyukai dunia kepenulisan? Atau kamu lebih tertarik untuk menghabiskan waktu-waktu kamu dengan memulai karya dengan tulisan. Di era milenial saat ini hal yang sangat dimiliki oleh banyaknya anak muda di Indonesia adalah sangat jarangnya anak muda yang tertarik pada dunia kepenulisan atau yang lebih disebut dengan dunia aksara. Mungkin semua orang dapat menulis, namun sayangnya hanya orang-orang yang memiliki passion yang tangguh yang memutuskan untuk menulis dan memiliki karya.

Di era dunia digital yang menulis tidak hanya memegang pulpen diatas kertas saja, melainkan menulis saat ini dapat dilakukan melalui berbagai cara, banyaknya cara yang mempermudah setiap pekerjaan yang ada. Karena saat ini jika kamu tertarik untuk di dunia kepenulisan, kamu dapat bergabung pada organisasi yang terkait dengan adanya dunia aksara dan literasi, atau jika kamu ingin mengembangkan kesosialisasiaan diri kamu, kamu dapat mengikuti beberapa komunitas kamu.

Kamu tidak perlu khawatir jika karyamu tidak dapat dinilai atau dilihat orang lain. Sebab saat ini pun sangat banyak sekali platform yang menyediakan formnya agar setiap orang dapat mengungkapkan ide atau inspirasinya untuk bergelut menjadi seorang penulis. Sayangnya ketika kita ingin menjadi penulis bukan hanya rasa keinganannya saja yang diutamakan, sebab kamu pun harus mengetahui beberapa tips agar kamu dapat menjadi seorang pemenang, jika karya kamu ingin mengikuti sebuah lomba salah satunya yaitu lomba cerita inspiratif. Beberapa tips yang dapat kamu ikuti agar karya kamu dapat menjadi pemenang adalah sebagai berikut:

  1. Buat naskah kamu sesuai dengan tema dalam sebuah lomba

Dalam membuat sebuah naskah yang harus kamu perhatikan adalah kesesuaian antara naskah kamu dengan adanya sebuah tema dalam lomba. Hal tersebut penting untuk kamu perhatikan, karena jika kamu mengabaikan maka hasil yang didapatkan tidak akan sesuai dengan adanya ketentuan dalam lomba itu sendiri.

  1. Menulislah sesuatu hal yang berbeda dan unik

Ketika menulis sesuatu hal yang telah ditulis atau yang sedang ditulis harus menjelaskan sesuatu hal yang didalamnya berbeda dengan hasil tulisan dari orang lain. Sebab setiap penulis harus memiliki karakteristik dalam karyanya. Agar ketika pembaca yang menyukai tulisan kita dapat lebih memahaminya serta ketertarikan ketika membaca sesuatu hal yang unik yang jarang sekali dibahas oleh orang lain. Karena jika karya kita sama dengan hasil karya orang lain maka, bisa jadi kita diduga meniru atau bahkan menduplikat suatu karya itu tanpa izin, oleh sebab itu pentingnya suatu hal yang berbeda yang harus dimiliki oleh setiap penulis.

  1. Memperhatikan Gaya Bahasa dan Diksi Dalam Kepenulisan

Gaya bahasa dalam kepenulisan penting untuk diperhatikan agar tulisan kita dapat memikat hati setiap pembaca yang membaca karya kita. Memikat hati pembaca sangatlah sulit jika kita tidak membiasakan diri untuk terus berlatih dan terus banyak membaca buku, agar diksi yang terungkapkan dalam kepenulisan pada karya kita dapat diterima dan dipahami oleh setiap para pembaca yang membacanya.

  1. Mengikuti Keseluruhan Persyaratan dan Prosedur Suatu Lomba

Jika kamu mengikuti suatu lomba kamu wajib untuk mengikuti seluruh ketentuan dalam lomba agar kamu tidak terdiskualifikasi dan agar karya kamu memenuhi kualifikasi persyaratan lomba yang telah ditentukan.

  1. Yakinkan Diri dan Percaya Diri

Dalam menulis setiap karya kamu perlu untuk selalu percaya diri agar kamu dapat meyakinkan diri kamu bahwa karya kamu layak untuk menjadi karya terbaik dan menjadi pemenang pada lomba kompetisi yang kamu ikuti. Maka tetap percaya diri atas semua karya kamu. itulah cara cara dalam persiapan lomba menulis agar kamu lbih sukses.

Baca Juga :  Cerita Fantasi