Tips Agar Naskah Diterima Oleh Penerbit Mayor

Posted on

Kamu menyukai dunia kepenulisan? Atau kamu sedang berusaha agar naskah kamu diterima oleh beberapa media perusahaan? Jika kamu seorang penulis yang sedang berusaha agar naskah kamu dapat diterbitkan namun, masih terus untuk mencoba agar kamu mendapatkan kesempatan? Mulai sekarang kamu hanya perlu terapkan beberapa tips ini agar naskah kamu dapat diterima oleh penerbit mayor.

Ternyata beberapa penerbit pun memilii standar kualifikasi yang penulis wajib untuk menjadikan karya atau naskahnya menjadi naskah yang paling banyak dicari oleh beberapa penerbit. Sehingga kamu pun dapat memiliki lesensi dari penerbit jika karya kamu sudah terverifikasi dan layak terbit. Kamu dapa menerapkan beberapa tips dibawah ini;

  1. Tulislah Naskah Yang Sasaran Pembacanya Jelas

    Apabila kamu dapat membuat suatu naskah atau karya yang memiliki sasaran pembacanya jelas maka kamu dapat menjadikan naskah kamu untuk satu fokus sasaran pembaca, hal ini perlu dilakukan agar karya kamu jelas segmentasinya ketika sedang dilihat oleh para penerbit. Sehingga kamu tidak perlu khawatir atau cemas jika naskah kamu tidak dapat diterima, sebab syarat pertama yaitu fokuskan sasaran pembaca dalam naskah kamu. Jikas naskah kamu merupakan suatu naskah yang sasaran pembacanya adalah anak muda. Maka kamu dapat membuat suatu karya yang didalamnya menggunakan bahasa anak muda yang ketika anak muda membacanya akan merasa bahwa ini seperti dirinya sendiri.

  2. Positioning (Memiliki Nilai)

    Dalam menerbitkan sebuah naskah, maka kamu sebagai penulis harus memahami secara betul apa yang menjadi sebuah hasil karya, apakah didalamnya memiliki sebuah nilai (value) yang dapat dimaknai oleh setiap pembaca. Apabila naskah atau hasil karya kamu memiliki makna didalamnya, maka hal tersebut dapat membuktikan bahwa hasil naskah kamu memiliki kebermanfaatan untuk setiap pembaca yang membaca naskah kamu.

  3. Personal Branding

    Ketika naskah kamu ingin segera diterima dan layak utnuk di publish artinya kamu pun harus memenuhi kualifikasi yang ada, maka dengan personal branding yang dapat diartikan seberapa kamu memiliki peran dalam meningkatkan personal branding pada naskah ataupun karya yang kamu miliki, mengapa personal branding ini sangat penting? Personal branding akan memiliki pengaruh yang besar untuk setiap hasil karya yang akan kamu terbitkan, jika kamu memiliki personality yang baik dengan banyak orang yang mengenal setiap karya kamu dengan kamu secara rajin serta telaten untuk menyebarluaskan perihal naskah suatu karya yang kamu miliki.

  4. Mengetahui Rahasia-rahasia Penerbit Mayor

    Dalam hal ini kamu perlu mengetahui beberapa hal yang disukai ataupun yang tidak disukai oleh suatu penerbit, apabila kamu ingin menerbitkan suatu naskah yang kamu miliki. Sebab jika kamu menelaah lebih lanjut, kamu akan mampu memantaskan karya yang kamu miliki agar dapat memenuhi kualifikasi dalam kepenulisan dan apapun hasil yang dihasilkan, akan menghasilkan suatu hasil terbaik.

Beberapa hal diatas merupakan suatu tips agar naskah dari suatu hasil karya kamu dapat diterima oleh beberapa penerbit mayor. Sehingga kamu tidak perlu khawatir dan cemas, sebab jika kamu memiliki kesungguhan untuk menjadi penulis dan bergelut dalam bidang kepenulisan, maka Tuhan pun akan senantiasa memberikan skenario terbaikNya. Menjadi seorang penulis bukanlah suatu pekerjaan, namun sebuah pengabdian dalam setiap diksi yang terukir oleh banyaknya ribuan aksara. Mungkin usia akan memiliki batas, namun menulis tidak akan mengenal batas. Selamat menggapai impian agar kelak mencapai harapan!

 

Baca Juga :  Pribahasa