Bagian-bagian Bunga

Posted on

Dalam kehidupan sehari-hari pasti kamu akan melihat berbagai tumbuhan. Beberapa tumbuhan yang kamu lihat pasti memiliki bunga. Bunga memiliki peranan yang sangat penting terutama untuk menghasilkan biji. Pada kesempatan kali ini, kamu akan belajar mengenai bagian-bagian bunga beserta dengan fungsinya sehingga kamu menjadi lebih paham tentang bunga.

Bunga dan Pengelompokannya

Bunga adalah bagian penting yang dimiliki oleh tumbuhan dikarenakan menjadi alat reproduksi. Selain sebagai alat reproduksi pada tumbuhan, bunga juga berperan untuk mempercantik tumbuhan. Namun tidak semua tumbuhan memiliki bunga yang lengkap sehingga terjadi pengelompokan bunga berdasarkan alat perkembangbiakannya dan penyusun bunga.

1. Bunga Berdasarkan Alat Perkembangbiakannya

Bunga-Berdasarkan-Alat-Perkembangbiakannya

Pembahasan pertama adalah bunga yang dikelompokkan berdasarkan alat perkembangbiakannya. Berdasarkan alat perkembangbiakannya, bunga dibagi menjadi dua jenis yaitu bunga sempurna dan bunga tidak sempurna.

  • Bunga sempurna : Bunga yang memiliki dua alat perkembangbiakan yaitu putik dan benang sari dalam satu bunga dan salah satu contohnya adalah bunga tulip dan bunga sepatu.
  • Bunga tidak sempurna : Bunga yang hanya memiliki satu alat perkembangbiakan saja yaitu putik atau benang sari dalam satu bunga dan salah satu contohnya adalah bunga pepaya atau bunga salak.

2. Bunga Berdasarkan Penyusunnya

Bunga-Berdasarkan-Penyusunnya

Pembahasan kedua adalah bunga yang dikelompokkan berdasarkan penyusun bunganya. Berdasarkan kelengkapan penyusun bagian bunga, maka bunga dibagi menjadi dua jenis yaitu bunga lengkap dan bunga tidak lengkap.

  • Bunga lengkap : Bunga yang memiliki semua penyusun bunga seperti kelopak bunga, mahkota bunga, putik, atau benang sari.
  • Bunga tidak lengkap : Bunga yang tidak memiliki salah satu dari penyusun bunga seperti kelopak bunga, mahkota bunga, putik, dan benang sari.

Setelah kamu memahami pengelompokan bunga, maka selanjutnya kamu akan belajar mengenai bagian-bagian bunga dengan lebih lengkap.

Bagian-Bagian Bunga

1. Tangkai Bunga

Tangkai-Bunga

Bagian bunga pertama yang akan dibahas adalah tangkai bunga. Tangkai bunga berada di bagian bawah bunga dan menjadi bagian dari cabang bunga. Tangkai bunga memiliki nama lain yaitu Pedicellus dan berfungsi menjadi penghubung antara bunga dengan ranting tumbuhan.

2. Dasar Bunga

Dasar-Bunga

Bagian bunga kedua yang dibahas adalah dasar bunga. Dasar bunga berada di atas tangkai bunga dan terletak di ujung bawah bunga. Dasar bunga memiliki nama lain yaitu Receptacle dan berfungsi sebagai tempat melekatnya mahkota bunga. Biasanya dasar bunga melekat menjadi satu dengan tangkai bunga.

3. Kelopak Bunga

Kelopak-Bunga

Bagian bunga kedua yang akan dibahas adalah kelopak bunga. Kelopak bunga dalam bahasa latin sering disebut sebagai Calyx. Kelopak bunga sendiri terletak di bagian luar, di lingkar luar dari bunga dan berfungsi untuk melindungi mahkota bunga ketika belum mekar atau masih kuncup dan akan terbuka jika mahkota bunga telah mekar.

Sebagian besar warna kelopak bunga adalah hijau dan menyerupai dengan warna daun. Hal ini disebabkan karena kelopak bunga adalah modifikasi dari daun sehingga memiliki karakteristik yang sama dengan daun.

4. Mahkota Bunga

Mahkota Bunga

Bagian bunga keempat yang akan dijelaskan adalah mahkota bunga. Mahkota bunga memiliki nama lain yaitu Corolla. Mahkota bunga merupakan bagian dari bunga yang mudah kamu lihat karena warnanya yang mencolok dan bentuknya yang besar. Sebagian besar warna bunga terlihat mencolok atau warna-warni karena berfungsi menarik perhatian serangga penyerbuk.

Mahkota bunga juga terletak pada lingkaran di sebelah dalam kelopak bunga dan mahkota bunga sendiri merupakan modifikasi dari daun bunga yang berfungsi untuk melindungi alat reproduksi pada bunga.

5. Benang Sari

benang-sari

Bagian bunga kelima yang akan dibahas adalah benang sari. Benang sari adalah salah satu alat reproduksi yang dimiliki oleh bunga. Benang sari adalah alat kelamin jantan pada bunga dengan nama lain Androecium. Biasanya dalam 1 bunga, terdapat 4 empat kotak sari atau mikrosporangia.

Benang sari terdiri dari 3 bagian utama:

  • Tangkai sari (Filament) : Bagian benang sari yang menjulang ke atas dan menjaga posisi kepala sari cukup tinggi untuk proses penyerbukan.
  • Kepala sari (Anter) : Bagian ujung dari tangkai sari dan tempat menampung serbuk sari
  • Serbuk sari (Polen) : Bagian benang sari yang terdiri sari sel kelamin jantan dan berfungsi ketika proses penyerbukan.

6. Putik

Putik

Bagian bunga keenam yang akan dibahas adalah putik. Putik adalah salah satu alat reproduksi pada bunga. Putik adalah alat kelamin betina pada bunga dengan nama lain Gynoecium. Putik terletak pada bagian tengah-tengah bunga dan mengandung sel telur pada proses pertumbuhan.

Putik teriri dari 3 bagian utama:

  • Tangkai putik (stilus) : Bagian putik yang membuat kepala putik berada di posisi yang cukup tinggi sehingga bisa menangkap benang sari.
  • Kepala Putik (Stigma) : Bagian ujung dari tangkai putik dan tempat menampung benang sari yang jatuh selama proses penyerbukan
  • Bakal Buah (ovarium) : Bagian putik yang mengandung sel telur yang akan dibuahi oleh serbuk sari dan terletak di bagian dasar bunga,

7. Bakal Buah

Bakal-Buah

Pembahasan selanjutnya adalah bakal buah atau ovarium. Bagian ini merupakan bagian dari bunga dan termasuk bagian putik. Namun karena peran pentingnya dalam keberlangsungan reproduksi bunga, maka bakal buah (ovarium) dikategorikan sebagai bagian bunga tersendiri.

Bakal buah berada di bagian dasar bunga dan mengandung sel telur yang nantinya akan dibuahi oleh serbuk sari sehingga terjadi peleburan antara gamet jantan dan gamet betina. Hasil peleburan ini akan menghasilkan bakal buah.

8. Bakal Biji

Bakal-Biji

Bagian bunga yang akan dibahas selanjutnya adalah bakal biji. Bakal biji terletak pada bagian dasar bunga dan menjadi satu dengan bakal buah. Fungsi dari bakal biji untuk melindungi dan menjadi tempat pertemuan antara sel telur yang telah dibuahi serbuk sari dan menjadi tempat berkembangnya menjadi biji.

Namun tidak semua bakal biji terbungkus oleh bakal buah. Pada tumbuhan biji-bijian, biasanya bakal biji berada di luar secara terbuka dan dapat dilihat secara langsung.

9. Daun Pelindung

Daun-Pelindung

Bagian bunga selanjutnya yang dibahas adalah daun pelindung. Daun pelindung adalah salah satu bagian bunga yang tidak dimiliki oleh semua bunga. Daun pelindung adalah daun yang mengalami pertumbuhan bunga di sisi-sisinya dan memiliki nama lain yaitu Brachtea. Daun pelindung berbeda dengan kelopak bunga karena berfungsi sebagai tempat tumbuh bunga.

10. Daun Tangkai

Daun-Tangkai

Bagian bunga terakhir yang akan dibahas adalah daun tangkai. Meskipun memiliki kemiripan dengan daun pelindung, namun daun tangkai terletak pada pangkal tangkai bunga dan berfungsi sebagai pelindung bagian bunga lainnya. Daun tangkai memiliki nama lain yaitu Brachteola.

Itulah beberapa bagian-bagian bunga yang perlu dipelajari karena bagian tersebut memiliki peran yang sangat penting terutama dalam proses reproduksi pada bunga. Selain itu, tidak semua bunga adalah bunga sempurna dan bunga lengkap. Namun bunga sempurna pastilah bunga lengkap. Demikian pembahasan tentang bagian penting pada bunga untuk kamu.

Baca Juga:

Rate this post