Cara Menjadi Lulusan Paling Dicari Perusahaan

Posted on

Menjadi orang pilihan dalam dunia kerja tentu harapan semua orang, gimana sih bisa menjadi seseorang lulusan yang benar benar worth it untuk suatu perusahaan, coba kita simak ulasan berikut

 Apakah kamu freshgraduate?

Atau kamu baru saja ingin memasuki dunia industri untuk mengembangkan diri kamu agar dapat berkontribusi dengan berbagai perusahaan ternama? Jika kamu sedang berada pada fase tersebut, maka selamat untuk mewujudkan mimpi. Namun seperti yang kita ketahui sangat banyak sekali lulusan-lulusan dari universitas negeri yang malah sulit mengembangkan diri karena terbatasnya pengetahuan untuk mempersiapkan diri.

Ternyata nilai akademik yang bagus saja tidak cukup untuk melihat atau mengukur kemampuan seseorang ketika ingin melanjukan bekerja pada sebuah perusahaan ternama, karena ada beberapa hal yang paling dicari oleh perusahaan untuk dapat memenuhi kualifikasi agar diterima pada perusahaan tersebut. Sehingga jika kamu sebagai lulusan freshgraduate sudah seharusnya mengetahui hal ini agar mimpimu tidak hanya sekadar angan dalam harapan namun berubah menjadi kenyataan.

Beberapa tips yang wajib kamu ketahui sebagai lulusan yang paling di cari perusahaan adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki Prestasi/Pengalaman/Portofolio

    Dengan memiliki prestasi maka membuktikan bahwa kamu adalah seseorang yang terus berkembang dan memiliki prestasi yang dapat dibanggakan serta kemampuanmu pun dapat segera di percaya sebab jika kamu berprestasi maka, hal tersebut merupakan suatu bukti yang nyata yang menggambarkan pribadi diri kamu. Dan ikuti dengan memiliki pengalaman yang membuat kualitas diri kamu dapat dilihat dari seberapa banyaknya pengalaman yang kamu miliki.

  2. Kemampuan Interpersonal Teruji Di Pekerjaan

    Dengan memiliki kemampuan interpersonal yang dapat dijelaskan kemampuan skill personal itu sendiri. Apabila kamu memiliki kemampuan yang merupakan skill yang dapat dilihat oleh perusahaan sehingga jika kamu bekerja pada perusahaan tersebut maka kamu akan menempati posisi yang tersedia pada perusahaan itu sendiri. Sehingga ketika kamu melakukan kegiatan dalam pekerjaan kamu tidak akan lagi merasa kesulitan sebab, pekerjaan yang dikerjakan sudah sesuai dengan kemampuan diri kamu sendiri.

  3. IPK Dapat Dipertanggung jawabkan

    Ketika kamu memiliki hasil IPK yang tinggi maka artinya hasil tersebut dapat kamu pertanggung jawabkan ketika berada dalam dunia kerja. Sebab jika kamu hanya memiliki IPK tinggi namun jika diuji dan kamu tidak dapat melakukan sesuai dengan kemampuanmu di hasil IPK tersebut, maka perusahaan kemungkinan akan menjadi pekerja yang sesuai dengan kualifikasinya. Sama halnya ketika kita bekerja yang dicari oleh perusahaan adalah pekerja yang mampu bertanggung jawab bukan lari dari tanggung jawab.

  4. Miliki tujuan karir tersendiri

    Dalam memiliki tujuan karirmaka kamu akan menunjukkan bahwa kamu memiliki tujuan jangka panjang dalam bekerja sehingga orang lain melihat kamu adalah seseorang yang berdedikasi dan memiliki semangat juang yang tinggi. Oleh karena itu kamu wajib memiliki karir tersendiri, agar kamu dapat mewujudkan mimpi-mimpi besar kamu dan agar orang lain tidak meremehkan mimpi besarmu.

  5. Keinginan Untuk Berkembang

    Setiap individu harus memiliki keinginan untuk selalu terus berkembang dan memiliki perubahan, jangan sampai kamu hanya bekerja asal bekerja tanpa memiliki prospek ke depan, sehingga mimpi kamu tidak berhenti pada satu titik pusat yang menjadi tujuanmu, namun keinginanmu akan menciptakan harapan untuk selalu berubah dan berkembang menjadi manusia yang maju ke depan. Selain itu jangan lupa untuk selalu senyum pada bos mu saat interview ya tapi jangan suka senyum2 sendiri bahaya loh.

 

Beberapa hal diatas akan menjadi tips agar kamu tidak hanya menjadi lulusan terbaik saja, namun kamu adalah lulusan yang paling di cari perusahaan saat ini. Jangan sampai kamu menyerah untuk selalu terus berjuang. Selamat mengejar impian dan wujudkan harapan demi masa depan!

 

Baca Juga :  Sebelum Kerja di Perusahaan Yuk Mulai Upgrade Skill Diri!