Sensor Proximity Adalah

Posted on

Sensor Proximity Adalah – Proximity Sensor atau biasa disebut Sensor Proksimitas atau didalam bahasa Indonesia adalah Sensor Jarak.

Dimana sensor elektronik ini mampu mendeteksi suatu keberadaan objek yang ada di sekitarnya tanpa adanya sentuhan fisik.

Bisa juga dikatakan bahwa sanya Sensor Proximity ialah perangkat yang bisa mengubah informasi soal gerakan ataupun keberadaan objek untuk menjadi sebuah sinyal listrik.

Proximity Sensor tak memakai bagian-bagian yang bergerak ataupun bagian mekanik agar mendeteksi keberadaan sebuah objek yang ada disekitarnya.

Tapi memakai medan elektromagnetik dan sinar radiasi elektromagnetik agar bisa mengetahui apakah terdapat objek tertentu yang ada disekitarnya.

Sensor ini sangat berguna pada tempat-tempat berbahaya, tapi pada saat ini sensor ini juga berguna untuk mempermudah pekerjaan manusia, dan sensor ini juga sudah diaplikasikan disemua smartphone kita.

Biasanya sensor ini dipakai pada mesin kemasan, mesin percetakan, mesin pengerjaan logam, mesin produksi, mesin pencetakan plastik, mesin pengolahan makanan dan lain sebagainya.

Cara Kerja Dari Proximity Sensor

Seperti apa yang telah dijelaskan diatas, sensor ini bekerja dengan jarak obyek kepada sensor.

Pada saat benda logam ataupun non-logam sudah mendekati sensor didalam jarak yang dekat, sensor akan mendeteksi objek serta mendeteksi sinyal sebagai sebuah indikasi bahwa sebuah benda melewati sensor.

Fungsi Proximity Sensor pada Smartphone

Proximity Sensor atau disingkat P-Sensor ialah perangkat wajib untuk saat ini yang dipakai oleh beberapa produsen smartphone.

Pada saat pengguna ponsel cerdas untuk membuat panggilan telepon ataupun menjawab panggilan, smartphone akan didekatkan kepada telinga.

Proximity Sensor bisa mendeteksi adanya objek yang akan mendekatinya kemudian mengeluarkan sinyal agar bisa menonaktifkan fungsi layar sentuh sehingganya layar sentuh tak akan bereaksi pada saat disentuh oleh telinga ataupun bagian tubuh yang lainnya.

Pada saat panggilan ataupun telepon berakhir kemudian telepon pintar berada jauh dari kuping, sensor jarak akan mengirimkan sinyal agar dapat mengaktifkan kembali fitur layar sentuhnya.

Oleh karena itulah, fungsi layar sentuh akan segara diaktifkan kembali kemudian layar akan kembali hidup.

Setelah mengerti soal cara kerja dan juga fungsinya, maka pembahasan yang selanjutnya yaitu tentang jenis-jenis sensor proximity penasaran? Yuk simak penjelasan lengkapnya.

Jenis-jenis Proximity Sensor

sensor proximity magnetik

Untuk jenis-jenis P-Sensor ini ada 4 yaitu Capacitive Proximity Sensor, Photoelectric Proximity Sensor, Inductive Proximity Sensor, Ultrasonic Proximity Sensor untuk penjelasannya dibawah ini ya sob.

1. Capacitive Proximity Sensor

Sensor Jarak Kapasitif atau bisa disebut Capacitive Proximity Sensor ialah Sensor Jarak yang bisa mendeteksi gerakan, komposisi kimia, tingkat serta komposisi cairan atau tekanan.

Sensor Jarak Kapasitif bisa mendeteksi bahan-bahan dielektrik yang rendah misalnya plastik ataupun kaca serta bahan-bahan dielektrik yang lebih tinggi misalnya cairan dan memungkinkan sensor yang jenis ini dapat mendeteksi tingkat banyak bahan yakni melalui kaca, plastik dan komposisi kontainer yang lainnya.

Sensor Jarak Kapasitif yang dasarnya mirip Sensor Jarak Induktif, perbedaannya ialah sensor kapasitif akan menghasilkan medan elektrostatik tapi untuk sensor induktif akan menghasilkan medan elektromagnetik.

Sensor Jarak Kapasitif ini bisa digerakan oleh bahan-bahan konduktif serta bahan non-konduktif. Elemen aktif dari Sensor Jarak Kapasitif bisa dibentuk oleh dua elektroda logam yang dimana diposisikan agar dapat membentuk ekuivalen dengan Kapasitor Terbuka.

Elektroda ini bisa ditempatkan pada rangkaian osilasi yang dimana berfrekuensi tinggi. Pada saat objek mendekati permukaan dari sensor jarak kapasitif ini, medan elektrostatik dari pelat logam akan bisa terinterupsi sehingganya mengubah kapasitansi dari sensor jarak.

Perubahan ini bisa mengubah kondisi dalam pengoperasian sensor jarak sehingganya bisa mendeteksi keberadaan suatu objek.

2. Photoelectric Proximity Sensor

Sensor Jarak Fotolistrik atau bisa disebut Photoelectric Proximity Sensor ialah sensor jarak yang memakai elemen peka cahaya agar bisa mendeteksi obyek.

Sensor Proximity Fotolistrik ini terdiri dari sumber cahaya (atau bisa disebut dengan Emitor) kemudian Penerima (Receiver). Ada 3 jenis Sensor Jarak Fotolistrik, yakni :

  • Direct Reflection – Emitor serta Receiver yang bisa ditempatkan bersama, memakai cahaya yang dipantulkan secara langsung dari obyek agar bisa dideteksi.
  • Thru Beam – Emitor serta Receiver ditempatkan terpisah, mendeteksi sebuah obyek pada saat obyek itu mengganggu berkas cahaya diantara pemancar serta penerima.
  • Refleksi dengan Reflektor – Emitor serta Receiver yang disimpan bersama serta membutuhkan Reflektor, suatu Obyek dideteksi pada saat obyek itu mengganggu berkas cahaya diantara sensor dan juga reflektor.

3. Inductive Proximity Sensor

Inductive Proximity Sensor ialah sensor kedekatan yang dipakai untuk sensor kedekatan agar dapat mendeteksi keberadaan suatu logam besi dan juga non-ferro.

Sensor ini bisa dipakai untuk mendeteksi ada dan tidak adanya benda logam, menghitung benda logam serta aplikasi posisi.

Sensor induktif yang sering dipakai sebagai pengganti sakelar mekanis dikarenakan mereka bisa beroperasi dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan sakelar mekanis normal. Sensor jarak induktif lebih bisa diandalkan serta lebih kuat.

Sensor kedekatan induktif pada umumnya diproduksi menggunakan koil / inti ferit agar dapat menghasilkan medan elektromagnetik yang berfrekuensi tinggi.

Output sensor proximity induktif ini bisa berupa analog ataupun digital. Versi analog bisadiaktifkan oleh tegangan 0-10V DC atau pada saat ini (4-20 mA). Jarak pengukuran dapat sampai 5 cm.

Sementara untuk versi digital biasanya hanya dipakai di sirkuit DC ataupun AC. Kebanyakan dari sensor induktif digital akan dikonfigurasikan dengan output “NORMAL OPEN”, tetapi untuk beberapa output “NORMAL CLOSED”.

Sensor induktif ini begitu cocok mendeteksi logam didalam mesin dan juga perangkat otomasi.

4. Ultrasonic Proximity Sensor

Ultrasonic Proximity Sensor ialah sensor jarak yang memakai prinsip operasi yang mirip seperti radar ataupun sonar.

Yakni menghasilkan gelombang frekuensi yang tinggi agar dapat menganalisis gema yang akan diterima sesudah terpantul dari objek yang akan mendekatinya.

Sensor Proximity Ultrasonik ini bisa menghitung waktu diantara pengiriman sinyal dan penerimaan sinyal agar dapat menentukan jarak objek yang bersangkutan.

Dan sensor ini sering dipakai untuk mendeteksi suatu keberadaan objek serta mengukur jarak objek pada proses otomasi pabrik.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Sensor Proximity Adalah. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga:

Rate this post