Contoh Generalisasi

Posted on

Contoh Generalisasi – Menurut KBBI, generalisasi adalah tentang membentuk ide-ide umum atau kesimpulan dari suatu peristiwa, apa dan seterusnya; pembentukan sebuah ide lebih sederhana daripada kebenaran (panjang dan seterusnya); tentang pembentukan gagasan yang lebih kabur; Meratakan.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Teks Laporan Hasil. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Karakteristik, Jenis dan Contoh.

Pengertian

Kata dalam bahasa Indonesia tidak selalu memiliki makna tetap dari waktu ke waktu. Seiring berjalannya waktu dan dalam perkembangan peradaban kehidupan, niscaya suatu kata memiliki pergeseran atau perubahan makna.

Contoh Generalisasi

Generalisasi adalah seperangkat kalimat yang berbicara tentang ide atau topik. Kalimat-kalimat dalam paragraf generalisasi menunjukkan kesatuan pikiran atau memiliki koneksi dalam membentuk ide atau topik.

Generalisasi juga merupakan esai yang menggunakan pendekatan induksi, dalam paragraf generalisasi presentasi ini dalam bentuk fakta atau penjelasan dalam kalimat awal.

Makna generalisasi atau perluasan makna adalah perluasan makna kata yang semula merupakan makna khusus menjadi makna luas atau umum. Jenis makna ini termasuk jenis perubahan makna.

Karakteristik Paragraf Generalisasi

  • Paragraf menggunakan pemikiran penjelas (ide penjelas) yang diungkapkan dalam kalimat penjelas. Kalimat ini berisi rincian kalimat topik. Paragraf hanya berisi satu kalimat per topik dan beberapa kalimat penjelasan. Setiap kalimat penjelas mengandung perincian yang sangat spesifik dan tidak mengulangi pemikiran penjelasan lainnya.
  • Setiap paragraf menggunakan kalimat topik dan sisanya adalah kalimat pengembang yang berfungsi untuk menjelaskan, menjelaskan atau menjelaskan pemikiran utama dalam kalimat topik.
  • Paragraf menggunakan pemikiran utama (gagasan utama) yang ditunjukkan dalam kalimat topik.
  • Kalimat pertama bertepuk tangan atau diposisikan dalam lima ruang.

Jenis Paragraf Generalisasi

Tanpa Loncatan Induktif

Paragraf ini berisi kalimat-kalimat yang sempurna dengan fenomena. Ini membuat paragraf ini cukup baik karena menyajikan bukti yang akurat.

Loncatan Induktif

paragraf ini menggambarkan kalimat berbanding terbalik dengan fakta dari kalimat awal. Dimana faktanya kurang mencerminkan semua fenomena yang terjadi.

Oleh karena itu, kalimat ini adalah kalimat generalisasi yang cukup lemah karena ada kata awal sudah ada fakta itu tidak dapat menyebabkan seluruh fenomena.

Contoh Generalisasi

Berikut ini contoh-contoh dari paragraf generalisasi:

Contoh Generalisasi 1

1) Data yang dihasilkan oleh departemen transportasi menentukan peningkatan jumlah kecelakaan tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada 2014, 1.000 terluka dalam kecelakaan. Sementara 3.500 kecelakaan terjadi pada 2015 dan beberapa pengendara terluka. Pada 2016, hingga 5.000 kecelakaan terjadi pada pengendara yang ceroboh. Peningkatan ini sangat memprihatinkan, karena menunjukkan pengabaian mereka terhadap lalu lintas. Belum lagi tahun ini yang belum dihitung. Jadi di jalan raya terjadi peningkatan kecelakaan pada kendaraan.
2) Banyak siswa mengeluh pergi ke sekolah. Ini karena anak – anak merasa bosan belajar di sekolah. Belum lagi fakta bahwa belajar terlalu lama menjadi tidak efisien. Waktu anak-anak hanya dihabiskan di sekolah, meskipun hanya untuk waktu yang singkat. Selain itu, beberapa bahan ajar cukup membosankan, sehingga banyak anak mengeluh. Belum lagi fakta bahwa pulang dari sekolah harus mengerjakan pekerjaan rumah Anda akan membuat anak-anak berpikir terlalu banyak. Dalam satu hari, anak-anak sekolah dasar bisa mendapatkan 3 hingga 5 mata pelajaran dalam waktu sekitar 7 jam. Jadi ini keluhan sebagian besar anak sekolah dasar.

Baca Juga :  Contoh Tindakan

Contoh Generalisasi 2

1) Setelah ujian fisik, 30 anak diperiksa untuk hasilnya. beberapa siswa lulus sesuai dengan standar gelar yang lebih tinggi dari 70. Tetapi ada 6 siswa yang nilainya lebih rendah dari 70 agar dinyatakan tidak lulus. Jadi bagi siswa yang gagal ujian akan diulang atau diperbaiki sehingga nilainya lebih besar dari 70. Ujian korektif sebenarnya sama dengan ujian sebelumnya. Namun, hanya ada sedikit perbedaan. Penilaian yang dilakukan pada ujian korektif hanya mencapai nilai standar 70. Hal ini dilakukan untuk membantu nilai siswa sehingga skor memenuhi standar yang berlaku.
2) Banyak orang mengkritik keputusan pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar. Ini karena kenaikan bahan bakar juga bisa menaikkan harga barang-barang pokok lainnya. Termasuk kenaikan ongkos angkutan umum yang mengganggu masyarakat. Barang-barang seperti bumbu masak dan beras juga naik karena kenaikan harga bahan bakar. Diikuti oleh maraknya produk dasar lainnya seperti gas, listrik dan lainnya. kemudian beberapa orang mengadakan demonstrasi karena mereka tidak menyetujui keputusan presiden mengenai kenaikan bahan bakar, yang sangat mengganggu bagi rakyat.

Contoh Generalisasi Dalam Bentuk Kalimat

  • Adik perempuan saya diperingatkan oleh polisi karena dia tidak memiliki SIM.
  • Seorang nelayan memiliki pertimbangan sendiri sebelum menyeberangi lautan untuk mencari ikan.
  • Budi dan Nia baru saja memulai perjalanan mereka mengarungi bahtera domestik.
  • Pohon di depan museum memiliki akar yang panjang karena memiliki puluhan tahun.
  • Kami berencana mengadakan pertemuan malam ini untuk membahas akar penyebab konflik antara kepala desa dan bupati.
  • Anda hanya memberi kami izin untuk meninggalkan rumah pada siang hari.
  • Wanita hamil disarankan untuk mengurangi pekerjaan berat demi keselamatan rahim mereka.
  • Buah jambu biji memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh.
  • Dudung kehilangan kunci sepedanya saat bermain futsal sore ini.
  • Kerja keras adalah kunci kesuksesan dalam melakukan segalanya.
  • Iman dan prinsip kehidupan menjadi dasar yang kuat untuk menghadapi hubungan hari ini.
  • Gramedia telah menerbitkan kembali buku teks edisi terbaru untuk menyambut tahun ajaran baru yang akan dimulai awal bulan depan.
  • Badak Lampung terpaksa meninggalkan ajang Liga 1 karena mereka tidak mampu mencetak gol melawan Gresik.
  • Biasanya konstruksi bangunan dimulai dengan membuat fondasi.
  • Masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan umumnya memiliki rumah yang terbuat dari papan atau kayu.
  • Dalam hidup kita, kita memiliki tiga kebutuhan utama, yaitu kebutuhan pakaian, makanan, dan akomodasi.
  • Sikap baik yang ditunjukkan oleh Adelia membuat benih-benih cinta muncul di hati Beni.
  • Shikamaru adalah putra seorang yang tertib.
  • Dafa adalah putra Syekh Harun.
  • Karena kamu datang terlambat, aku akan memberimu hukuman.
  • Pak Broto memiliki meja yang sangat besar.
  • Pak Rojak adalah kepala perusahaan tempat saya bekerja.
  • Ibu Aprilia adalah induk semang yang saat ini saya sewa.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Generalisasi. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: