1 PK Berapa Watt

Posted on

1 PK Berapa Watt – Di negara Indonesia, khususnya pada wilayah dataran rendah, AC alias sebuah alat pendingin ruangan, seakan telah menjadi sebuah barang elektronik yang wajib ada didalam rumah.

Karena dengan adanya AC ini kita akan bisa mendapatkan dinginnya ruangan yang maksimal dan tidak seberisik seperti memakai kipas angin.

Tapi kebanyakan orang tidak memperhatikan tegangan listrik yang dibutuhkan AC tersebut jadinya setelah masang AC listrik dirumah akan menjepret secara otomatis.

Karena tidak kuat, maka dari itu sebelum kita memasang AC sebaiknya terlebih dahulu memperhatikan berapa pk yang dibutuhkan AC tersebut.

Dan banyak yang mempertanyakan 1 PK itu berapa watt sih? pertanyaan itu muncul karena tegangan listrik dirumah kita satuannya adalah watt.

Maka dari itu banyak orang yang bingung, tapi tenang kami akan membahas secara lengkap melalui artikel dibawah ini.

Pengertian Satuan PK

ac 1 pk berapa watt

PK merupakan singkatan dari bahasa Belanda yakni Paar den Kraft yang berarti daya kuda, jadi PK sama saja dengan daya kuda atau dalam bahasa Inggris daya kuda adalah Horse Power dan apabila disingkat menjadi HP.

Untuk satuan HP, 1 HP sama saja dengan 745,7 watt, dan pada penjelasan diatas HP sama saja dengan PK jadinya 1 PK sama saja 745,7 wat.

Apakah kalian sudah mengetahui sekarang 1 PK itu berapa watt? Jika sudah itu berarti kalian bisa memilih ingin memakai AC yang berapa PK sesuai dengan tegangan listrik dirumah kalian.

Setelah kalian mengetahui 1 PK berapa watt, tidak ada salahnya apabila kalian mengetahui sejarah dari satuan HP/ PK ini.

Sejarah Munculnya Satuan HP/PK

ac low watt

Satuan daya yang memakai satuan HP (Horse power) biasa dipakai untuk satuan daya dalam alat electro motor listrik, dalam mesin-mesin diesel, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  1 Inch Berapa Cm

Satuan daya yang memakai tenaga kuda, daya kuda atau dalam bahasa inggrisnya Horse Power (HP), berawal dari seseorang ilmuwan penemu mesin uap yakni James Watt.

Dahulu kala, Seiring dengan berjalannya produksi Mesin uap yang dikembangkan James Watt, serta untuk lebih mengembangkan pemasaran dari mesin uapnya,

James watt sudah melakukan perbandingan diantara tenaga mesin uap yang dimana diproduksi dengan Tenaga kuda.

Supaya masyarakat sebagai seorang calon konsumen ingin membeli mesin uap yang dimana diproduksi oleh James Watt, maka James Watt sudah melakukan percobaan agar bisa mengetahui berapakah tenaga dari mesin uap yang dibuatnya apabila dibandingkan tenaga kuda.

Dengan demikian semua masyarakat yakni sebagai calon konsumen bisa menghitung seberapa besarkah keuntungan yang bisa mereka dapatkan.

Dibandingkan dengan tenaga kuda yang biasanya mereka pakai apabila digantikan dengan memakai mesin uap.

Dulu satuan ini banyk digunakan untuk membandingkan daya mesin uap dengan tenaga kuda, tapi sekarang dipakai untuk memandingkan daya dari mesin turbin, piston, diesel, motor listrik dan lain sebagainya.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai1 PK Berapa Watt. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: