Cara terbaru memblokir panggilan yang mengganggu

Posted on

Cara memblokir panggilan yang mengganggu – Pernah mengalami telpon mengganggu dari orang yang tidak dikenal? Menawarkan jasa? Memenangkan undian? Jawabannya sama! Hampir semua orang pernah mengalami hal tersebut. Tak peduli ponselmu android atau iPhone Atau bahkan telpon yang hanya bisa digunakan untuk telpon dan SMS.

Ada satu fenomena lagi yang cukup mengganggu terkait dengan panggilan masuk yaitu robocall. Robocall adalah sebuah usaha promosi baik untuk kampanye maupun telemarketing yang dilakukan dengan autodialer yang sudah terkomputerisasi. Robocall bisa memanipulasi nomer dengan nomer yang kamu kenal sehingga kamu dapat dipastikan akan terjebak dengan telpon palsu tersebut.

Lalu apa yang kamu lakukan ketika hal itu terjadi? Langsung menutupnya bukan solusi pasti agar telpon dari teman lainnya tak berdering lagi. Nah, artikel ini akan menjabarkan cara memblokir panggilan yang mengganggu tersebut

Memblokir telpon dari iPhone

cara blokir panggilan yang tak dikenal

Buka aplikasi Telepon, kemudian arahkan pada recents. Lalu cari nomor telepon atau kontak yang ingin kamu blokir kemudian ketuk ikon “i” di sebelahnya dan langkah terakhir gulir ke bagian bawah layar dan ketuk blokir.

Namun pada IOS 13, pengguna iPhone bisa menggunakan fitur Silence Unknown Callers. Fitur ini adalah fitur yang memungkinkan pengguna iPhone lebih tenang pasalnya dengan fitur ini nomer yang tak dikenal atau tak ada dalam kontak akan masuk pada pesan suara tanpa dering. Dengan begitu tak perlu repot lagi memblokir nomer-nomer yang tak perlu. Untuk mengaktifkannya kamu bisa langsung ke setting>phone> Silence Unknown Callers

Cara memblokir nomor di Android

cara blokir panggilan yang tak dikenal 2

Kini saatnya untuk ponsel Android, begini caranya. Buka aplikasi telepon, lalu klik recents. Dari daftar, ketuk nomor telepon yang ingin Anda blokir lalu kemudian, ketuk ikon “i”. Langkah terakhir adalah ketuk menu dan temukan blok kontak pada menu tersebut.

Baca Juga :  Inilah 4 Cara Wifi Gratis Tanpa Root dengan Android

Daftar Do Not Call

Ada lagi metode untuk memblokir nomer yang tidak kamu inginkan yaitu dengan daftar pada National Do Not Call Registry. National Do Not Call Registry adalah sebuah badan perlindungan konsumen yang membantu konsumen memblokir nomer-nomer terkait robocall. Pendaftarannya gratis tapi kamu perlu menunggu 4-6 minggu agar robocall tak menghubungi kamu lagi.

cara blokir panggilan yang tak dikenal 3

Aplikasi pemblokiran panggilan

Ada satu jalan lagi untuk memblokir telpon yang mengganggumu yaitu dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi untuk memblokir telpon ada dua macam, yang pertama berbayar dan yang kedua gratis. Untuk aplikasi berbayar kamu bisa menggunakan Nomorobo. Aplikasi ini dapat memblokir panggilan telepon, telemarketer, spam yang menjengkelkan, dan scammers telepon yang mengganggu. Nomorobo membandrol servisnya dengan harga 1,99 dolar atau setara Rp 30.000 kamu tidak akan terganggu lagi dari 1,993,000 robocallers.

 

Aplikasi kedua yaitu Hiya, sebuah aplikasi yang memberi informasi profil pemanggil untuk membantu konsumen mengidentifikasi panggilan masuk dan memblokir yang tidak diinginkan. Dengan aplikasi ini kamu akan tenang terhadap telpon yang masuk.

 

Kedua aplikasi tersebut terdapat pada iOS maupun android, jadi kamu tak perlu khawatir karena ponselmu akan selalu terlindungi. Informasi pribadi dan hal-hal yang tak seharusnya disebarkan tidak akan bocor kemanapun.

Jika ingin lebih mudah lagi, satu hal yang bisa dilakukan adalah menutup telepon jika terdengar mencurigakan. Tak perlu berbasa-basi lebih lama jika kamu merasa terganggu. Kamu juga bisa menggunakan ini untuk memblokir mantanmu yang terus mengganggumu. Blokir saja nomernya maka kamu tak akan lagi menerima panggilannya. Menurut kalian bagaiamana? Apakah solusi-solusi tersebut mumpuni untuk saat ini?