Contoh Prosedur Melakukan Sesuatu

Posted on

Contoh Prosedur Melakukan Sesuatu – Merupakan teks yang berisikan langkah-langkah dalam melakukan suatu hal yang akan dilakukan. Teks prosedur ini selesai langkah-langkahnya dari awal sampai akhir dan paling akhir.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Teks Prosedur Melakukan Sesuatu. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian dan Contoh.

Pengertian

Teks prosedur biasanya ditemukan secara tertulis yang berisi metode, kiat atau tutorial untuk melakukan langkah-langkah tertentu. Dalam teks prosedur ada kata imperatif atau kata perintah untuk melakukan apa yang dibahas dalam teks sehingga pembaca melakukan apa yang diperintahkan dalam isi teks.

Contoh Teks Prosedur Melakukan Sesuatu

Dalam teks prosedur, isi tulisan selalu berkorelasi dari awal hingga akhir dan dari setiap konten terdapat informasi sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca.

Setelah anda sudah mulai memahami apa itu teks prosedur, maka selanjutnya di bawah ini akan kami berikan beberapa contoh teks prosedur dengan melakukan sesuatu. Berikut ini contohnya:

Contoh Teks Prosedur 1

Membuat Surat Izin Mengemudi

Langkah-Langkahnya:

1) Menyiapkan dokumen termasuk 5 fotokopi KTP dan hasil tes kesehatan. Biasanya untuk tes kesehatan ada Polres dekat yang akan membuat SIM.
2) Setelah melakukan dokter, kirim dokumen yang telah dibawa ke jendela pendaftaran. Jika detailnya lengkap, formulir akan diberikan kepada pemohon. Isi formulir dengan lengkap dan benar.
3) Kirim formulir dan formulir yang telah diisi ke jendela pengiriman formulir. Pastikan formulir dan kelengkapannya termasuk dalam folder. Pemohon akan menerima bukti penyajian modul yang digunakan, yaitu tes teoretis dan fase tes praktis.
4) Anda akan melakukan tes teoretis dan tes praktis. untuk tes teoritis yang berisi aturan saat mengendarai kendaraan di jalan raya. Jika pelamar lulus ujian teori, pelamar akan melanjutkan ke ujian praktik.
5) Selanjutnya, masukkan nama dan alamat Anda dalam tes pendaftaran untuk peserta tes. Dalam tes praktik ini, kemampuan pelamar untuk mengendarai sepeda motor lurus, zigzag, nomor 8 dan oval biasanya diuji. Tes latihan harus dilakukan dengan benar dan, dalam hal hasil negatif, pelamar akan mengulangi hari berikutnya.
6) Setelah lewat, kirim file ke meja pembayaran dan bayar sesuai dengan sim. Untuk SIM C, biasanya berharga Rp. 100.000. Tidak hanya dengan membayar pendaftaran, pemohon juga harus membayar biaya asuransi Rp. 30.000.
7) Langkah selanjutnya adalah membawa file dan bukti pembayaran di dalam, tepatnya di ruang entri data dan di foto SIM.
8) Pada akhirnya, pemohon akan diundang untuk menunggu lagi sampai SIM dicetak. Selanjutnya, nama pemohon akan dipanggil untuk mengambil kartu SIM yang sudah jadi bersama dengan tanda tangan tes SIM.

Contoh Teks Prosedur 2

Membuat Gmail

Langkah-Langkahnya:

1) Langkah pertama adalah mengetikkan URL gmail.com di bilah alamat di setiap browser.
2) Setelah masuk ke halaman Gmail, lalu klik “Buat akun”
3) Kemudian isi formulir pendaftaran berdasarkan data pribadi Anda.
4) Anda kemudian akan diarahkan ke halaman verifikasi akun. Masukkan nomor ponsel aktif dan klik lanjutkan.
5) Masukkan kode verifikasi di bidang yang sesuai setelah menerima SMS dari Google. Selanjutnya, Google akan secara otomatis menerima kode verifikasi dan email akan dihentikan.

Baca Juga :  Contoh Prosedur Membuat Minuman

Contoh Teks Prosedur 3

Cara Merawat Wajah Agar Bersih

Langkah-Langkahnya:

1) Bilas kedua tangan dengan seksama.
2) Siapkan air panas agar kotoran di wajah bisa lebih mudah dihilangkan.
3) Siapkan sabun atau pembersih wajah berdasarkan kondisi kulit wajah.
4) Bilas wajah Anda dengan air hangat secara perlahan.
5) Gosok dengan lembut sabun atau pembersih wajah yang telah disiapkan.
6) Pijat kulit wajah menggunakan jari-jari Anda di tangan melingkar sampai benar-benar merata.
7) Cuci muka lagi dengan air hangat.
8) Keringkan wajah Anda dengan handuk bersih.

Contoh Teks Prosedur 4

Cara Membersihkan Sepatu

Langkah-Langkahnya:

1) Lepaskan tali sepatu dengan hati-hati.
2) Selanjutnya, rendam tali sepatu dalam larutan pembersih yang disediakan selama ± 10-20 menit.
3) Siapkan sikat dan bubuk pembersih, lalu masukkan deterjen ke dalam ember baru dan larutkan dengan air. Solusi ini digunakan untuk membersihkan sepatu yang telah disikat.
4) Sikat sepatu menggunakan sikat yang disediakan sampai noda pada sepatu hilang. Sejauh mungkin, sikat yang digunakan tidak ditaburi dengan debu atau larutan pembersih.
5) Setelah noda hilang, masukkan sepatu ke dalam larutan pembersih yang disediakan. Selanjutnya, sepatu disikat kembali sehingga noda benar-benar hilang.
6) Untuk tali sepatu, angkat tali keluar dari rendaman, lalu gosok sampai noda hilang. Selanjutnya, bilas dengan air bersih.
7) Masukkan selembar koran bekas ke dalam sepatu. Sepatu dan tali kering di tempat yang tidak terlalu panas.

Contoh Teks Prosedur 5

Cara Membuat Twiter

Langkah-Langkahnya:

1) Langkah pertama, ketik twitter.com di bilah alamat atau ketik twitter di bidang pencarian Google, lalu klik pada halaman yang mengatakan Twitter.
2) Kemudian, setelah membuka halaman Twitter, klik pada bagian Registrasi.
3) Isi semua bidang berdasarkan identitas pengguna.
4) Setelah menyelesaikan entri data, konfirmasikan data registrasi dan masukkan data nama pengguna. Kemudian klik Daftar atau Daftar.
5) Pengguna Twitter baru kemudian akan diperkenalkan ke Twitter. Untuk menuju ke langkah selanjutnya, klik Berikan!
6) Selanjutnya, pengguna baru akan diminta untuk memilih minat yang akan menentukan halaman yang akan diikuti terlebih dahulu.
7) Kemudian ikuti daftar 40 akun yang akan diikuti sesuai dengan minat yang dipilih.
8) Kemudian unggah foto pengguna sebagai foto profil.
Yang terakhir adalah memasukkan email, lalu verifikasi akun. Akun Twitter telah berhasil digunakan.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Teks Prosedur Melakukan Sesuatu. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: