Probabilitas Adalah

Posted on

Probabilitas Adalah – Di dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita sering sekali dihadapkan dengan berbagai pilihan yang tentunya membuat kita bingung dan mesti kita tentukan untuk memilih yang mana.

Probabilitas Adalah

Biasanya kita dihadapkan dengan berbagai kemungkinan dari suatu peristiwa yang dapat terjadi dan tentunya kita harus bijaksana untuk mengambil posisi jika situasi seperti itu ditemukan.

Misalnya ketika kita ingin pergi kesuatu tempat, lalu kita melihat bagian tangki bensin, dan jarum bensin menunjukkan bahwa bahan bakar motor hanya tinggal sedikit.

Dalam kondisi tersebut kita dihadapkan dengan 2 permasalahan, yaitu kemungkinan terjadi yaitu bensin tidak cukup dan bensin cukup sampai ke tempat tujuan. Statistik yang menangani masalah ini disebut sebagai Probabilitas.

Probabilitas Adalah?

Probabilitas adalah sebuah kemungkinan atau peluang yang diperoleh dari suatu peristiwa, ukuran probabilitas atau tingkat ketidakpastian suatu peristiwa yang terjadi di masa depan. 

Rentangan dari peluang atau kemungkinan antara 0 hingga 1. Apabila kita menyatakan bahwa peluang dari suatu peristiwa atau kejadian adalah 0, itu sama artinya dengan peristiwa itu tidak akan terjadi.

Akan tetapi apabila kita menyatakan bahwa peluang atau kemungkinan dari suatu peristiwa adalah 1, maka itu bisa diartikan bahwa peristiwa itu akan benar-benar terjadi.

Nilai Probability Suatu Peristiwa

Pada dasarnya, rentang nilai dari peluang atau kemungkinan terjadinya suatu peristiwa terletak antara 0 hingga 1. Berikut ini penjelasannya, yaitu :

1. Nilai Probability 0 (nol)

Apabila suatu peristiwa atau kejadian dinyatakan dengan nilai Probability 0 (nol), maka dapat diartikan bahwa peluang atau kemungkinan terjadinya suatu peristiwa tersebut tidak akan terjadi.

2. Nilai Probability 1 (satu)

Apabila suatu peristiwa atau kejadian dinyatakan dengan nilai Probability 1 (satu), maka dapat diartikan bahwa peluang atau kemungkinan terjadinya suatu peristiwa tersebut pasti akan terjadi, sehingga tidak ada kemungkinan yang lainnya.

3. Nilai Probability antara 0 (nol) dan 1 (satu)

Selain kedua nilai Probability yang ada diatas, berbagai kemungkinan terjadinya suatu peristiwa juga bisa dinyatakan mempunyai nilai yang terletak diantara 0 hingga 1.

Baca Juga :  Soal Pendidikan Agama Islam Kelas 11

Semakin besar nilai peluang atau kemungkinan dari suatu kejadian, maka akan semakin besar pula peluang atau kemungkinan terjadinya peristiwa tersebut. 

Baca Juga :

Rumus Menentukan Probability

Probability adalah suatu perhitungan yang digunakan guna memperoleh nilai antara 0 (nol) hingga 1 (satu) yang digunakan untuk menyatakan seberapa besar peluang atau kemungkinan dari terjadinya suatu peristiwa.

Berikut ini adalah rumus yang digunakan untuk menentukan nilai dari Probability, diantaranya adalah :

P (E) = X / N

Keterangan :

PPeluang atau Kemungkinan
EPeristiwa yang akan terjadi
XBanyaknya kemungkinan atau peluang yang akan terjadi
NJumlah kemungkinan atau peluang akan terjadi

Contoh dari Probability

Setelah melihat dan menyimak pembahasan yang ada diatas, untuk membantu kalian lebih memahami materi yang ada diatas, yuk simak contoh dari Probability dibawah ini, yaitu :

1. Nilai Probability 0 (nol)

Roni memiliki wadah yang didalamnya terdapat 50 buah permen, dimana terdiri dari permen rasa strawberry 21 buah dan melon 29 buah.

Kemudian, Roni mengambil salah satu permen tersebut secara acak. Berapa kemungkinan atau peluang bahwa yang terambil permen rasa nanas?

Dik :

Permen strawberry 21 buah
Permen melon 29 buah.

Dit :

P (E)) = Peluang terambilnya permen rasa nanas?

Jawab :

P(E) = X / N
= 0 / 40
= 0

Jadi hasil diatas menyimpulkan bahwa permen yang ada di dalam wadah tersebut tidak ada yang rasa nanas.

2. Nilai Probability 1 (satu)

Romi memiliki wadah yang didalamnya terdapat 50 butir permen. Kemudian, Roni mengambil salah satu permen tersebut secara acak. Berapa kemungkinan atau peluang bahwa yang terambil permen rasa strawberry?

Dik :

50 butir permen

Dit :

P (E)) = Peluang terambilnya permen rasa strawberry?

Jawab :

P(E) = X / N
= 50 / 50
= 1

Karena permen yang ada di dalam wadah tersebut semuanya adalah permen rasa strawberry, maka hasil di atas menyimpulkan bahwa peluang terambilnya per,men rasa strawberry adalah 1.

F.A.Q

Apa itu Probabilitas?

Probabilitas diartikan sebagai kemungkinan atau peluang yang diperoleh dari suatu peristiwa, ukuran probabilitas atau tingkat ketidakpastian suatu peristiwa yang terjadi di masa depan. 

Manfaat Probability bagi dalam kehidupan sehari-hari?

1. Untuk membantu kita dalam menentukan keputusan
2. Membantu kita dalam meramalkan peristiwa yang bisa saja terjadi.

Mengapa teori peluang diperlukan?

Teori Peluang diperlukan karena dapat membantu kita untuk mengetahui ukuran maupun derajat dari ketidakpastian suatu kejadian.

Itu dia informasi singkat diatas pada pembahasan kali ini, semoga bisa meningkatkan pengetahuan kita semua..