Contoh Deskripsi Tentang Alam

Posted on

Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam – Teks deskripsi umumnya digunakan dalam novel atau cerita pendek, sehingga pembaca tampaknya tertarik dengan suasana yang digambarkan. Untuk penjelasan yang lebih visual, Anda dapat melihat penjelasan di bawah ini.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian dan Contoh.

Pengertian

Teks deskripsi dapat dikatakan sebagai upaya untuk mengubah kata-kata menjadi paragraf yang diekspresikan secara jelas dan tepat sehingga dapat dipahami oleh pembaca yang tidak melihatnya secara langsung.

Contoh Deskripsi Tentang Alam

Teks deskripsi adalah jenis teks yang terdiri dari beberapa paragraf yang menjelaskan secara terperinci suatu peristiwa, objek, tempat, dan lainnya. Untuk deskripsi, teks dibagi menjadi tiga jenis, yaitu deskripsi subyektif, spasial dan objektif.

Contoh Teks Deskripsi

Di sini, untuk memudahkan Anda memahami penjelasan di atas. Tentu saja, Anda dapat melihat contoh deskripsi tekstual tentang alam di bawah ini:

Contoh 1

Pantai Lampung

Lampung adalah salah satu provinsi di Indonesia, yang terletak di bagian paling timur pulau Sumatra, berbatasan langsung dengan Selat Sunda, yang menghubungkan Sumatra dan Jawa. Lampung memiliki potensi wisata pantai yang sangat bagus. Ada begitu banyak pantai di provinsi Lampung, dan semuanya adalah pantai wisata yang indah dan eksotis, sehingga wajar jika banyak wisatawan mengunjungi Lampung untuk sekadar melihat keindahan pantai mereka. Pada saat ini, pemerintah dan masyarakat mulai maju dalam menarik wisatawan asing dan lokal, karena setiap tahun jumlah wisatawan yang berkunjung meningkat.

Lampung memiliki berbagai jenis pantai, mulai dari yang dirancang hanya untuk liburan santai bersama keluarga Anda, hingga pantai di mana ada ombak besar untuk olahraga ekstrem seperti selancar, menyelam, dan snorkeling untuk melihat keindahan dunia bawah laut. Pantai-pantai, yang dimaksudkan hanya untuk beristirahat dan bersantai bersama keluarga, sangat banyak, seperti pantai Kalianda resort, Pantai Pasir Puting, Pantai Pasir Timbul, Pantai Mutun dan banyak lainnya. Di sana, pengunjung dapat merasakan suasana pantai yang tenang, ditemani ombak dan semilir angin pantai. Bahkan anak-anak dapat bermain air di pantai karena pantainya tidak terlalu berbahaya karena ombaknya tidak terlalu besar. Pengunjung juga dapat tinggal di pantai dengan menyewa penginapan dalam bentuk cottage, yang cukup terjangkau dari Rp. 300.000 hingga Rs. 700.000 per malam.

Lampung juga memiliki wisata pantai untuk olahraga ekstrim seperti selancar, yang terletak di daerah Krui, Lampung Barat. Ada banyak pantai yang menawarkan ombak yang kompleks, termasuk yang paling terkenal – Pantai Tanjung Setia dan Pantai Labuhan Yukung. Kedua pantai adalah wisatawan asing yang paling banyak dikunjungi dari berbagai belahan dunia. Bahkan, banyak turis asing mengatakan bahwa ombak di pantai Krui lebih baik daripada di pantai Kuta di Bali. Pantai Krui juga tidak terlalu kotor karena tidak banyak orang di sana. Selain itu, pengunjung dapat dengan sangat jelas mengamati matahari terbenam dan matahari terbit.

Ada wisata pantai yang sangat unik dan sangat jarang dimiliki pantai manapun, yaitu Pantai Teluk Kiluan, Lampung Selatan. Keunikannya adalah pengunjung dapat melihat lumba-lumba di sana. Namun, untuk melihat lumba-lumba, Anda bisa menggunakan perahu yang bisa Anda sewa dengan membayar sewa yang tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan pengalaman yang didapat. Di pantai Teluk Kiluan, pengunjung dapat bersantai dan menikmati pasir putih dan laut biru jernih.

Contoh 2

Keindahan Sawah

Sawah dan lansekap di sekitar desa Sumber Rejo, Sukuharojo. Sleman, Jawa Tengah. Pemandangannya indah di sana, ada dua gunung hijau, ada juga sawah, yang juga ditanam oleh petani. Di sebelah kiri ada seorang petani yang menyiram sawahnya. Di bawah itu sangat keren. Saat ini, sudah larut dan semakin panas, petani tidak tahu bagaimana itu mencair, ia terus bekerja dan menikmati pemandangan sawah ini.

Hari yang lebih panas, para petani beristirahat sebentar. Dia mengipasi tubuhnya dengan topi tulang besar dan minum air yang dia bawa dari rumah. Dia masih beristirahat di gubuknya dan melihat patani lain meretas sawahnya.
Petani ini menyelesaikan liburannya, ia kembali bekerja di ladangnya. Dia dengan senang hati memproses sawahnya, dan kemudian istri petani mengirim makanan ke petani. Dan langit tidak lagi cerah ketika matahari terbenam, petani berkemas untuk pulang.

Contoh 3

Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah gunung yang indah yang terletak di Jawa Timur dan bagian dari Taman Nasional Bromo-Tenger Semeru. Wilayah pegunungan ini memiliki keunikan tersendiri, di mana pada ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut akan ada daerah berpasir yang sangat besar sekitar 5.250 ha. Di sini, pengunjung paran dapat menikmati pemandangan sambil menunggang kuda. Hal lain yang tidak boleh dilewatkan adalah menikmati matahari terbit di Gunung Bromo, dari puncak Gunung Penanjakan, yang terletak di ketinggian 2.770 meter.

Baca Juga :  Contoh Teks Deskripsi Guru

Pemandangan alam saat fajar luar biasa, matahari perlahan naik dengan latar belakang Gunung Semeru, yang memancarkan asap di kejauhan, akan menjelaskan pemandangan indah yang sulit untuk dijelaskan, jadi pada saat-saat seperti itu sangat mahal jika Anda tidak dapat menangkapnya dengan momen-momen berharga dalam bentuk memotret,

Gunung Bromo dihuni oleh suku-suku suku setempat. Penduduk asli Tengger percaya bahwa Gunung Bromo adalah gunung tempat sang pangeran mengorbankan hidupnya untuk keluarganya. Masyarakat juga secara teratur menyelenggarakan festival Casad atau Casodo Yadnya. Karena itu, waktu yang tepat untuk mengunjungi Gunung Bromo adalah bulan Casada atau, sebagai aturan, September-November.

Bulan ini, Kasada akan dapat menyaksikan festival Kasada, yang merupakan upacara tahunan suku asli Tengger, yang datang ke Bromo untuk memberikan sumbangan dalam bentuk sayuran, ayam, uang ke kawah gunung berapi sebagai ungkapan dari terima kasih dan dipersembahkan kepada Tuhan. Setiap prosesi upacara ini sangat menarik bagi wisatawan, sehingga selama upacara Bromo Kasada semakin banyak dikunjungi oleh para pendatang.

Menurut sejarah Gunung Bromo, kata Brahma yaknki salah satu dewa Hindu. Menjadi gunung yang besar dan indah, Bromo masih termasuk dalam kelompok gunung berapi aktif, meskipun Gunung Bromo tidak sebesar gunung berapi lainnya di Indonesia, tetapi pemandangan alam dan suasana gunung membuat gunung ini sangat layak dikunjungi. Jadi wisatawan tidak disarankan untuk berkunjung dan berkunjung lagi untuk menikmati keindahan alam Gunung Bromo. Alhasil, Bromo menjadi salah satu tujuan wisata terkenal di Indonesia dan menjadi ikon wisata di Jawa Timur.

Untuk sampai ke Gunung Bromo, pengunjung pertama dapat menuju ke Malang. Karena kota Malang adalah kota yang cukup besar untuk melakukan perjalanan ke kota ini, berbagai transaksi dapat dilakukan. Sejak awal, mobil pribadi, bus, kereta api dan pesawat. Kendaraan Jeep atau Land Rover 4 × 4 adalah kendaraan umum yang digunakan di daerah Bromo. Memang harganya cukup mahal, tetapi semua orang akan merasa lebih ringan jika dalam kelompok dengan grup.

Contoh 4

Gili Trawangan

Gili Trawangan – salah satu pulau di kepulauan Lombok. Pulau ini hanya memiliki panjang 3 km dan lebar 2 km, sehingga dapat dikelilingi dengan berjalan kaki saja. Pulau ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain itu, ombak di pantai pulau ini relatif kecil. Di pantai ini, pemandangan Gunung Rinjani dan Gunung Agung akan terlihat di kejauhan. Sinar matahari kemerahan saat matahari terbenam dapat disaksikan di tempat khusus yang disediakan oleh pulau ini, yaitu Sunset View. Jika wisatawan terjun ke Laut Gili Trawangan, maka wisatawan akan disambut oleh pemandangan terumbu karang, yang memanjakan mata, dan ikan melintas. Tidak hanya itu, penyu yang terancam punah oleh binatang juga dapat ditemukan di Laut Gili Trawangan, tepatnya pada kedalaman 10 hingga 20 meter.

Contoh 5

Pulau Deravan

Pulau Deravan adalah salah satu pulau di provinsi Kalimantan Timur. Pulau ini adalah salah satu pulau di kepulauan Deravan. Pulau ini memiliki keindahan alam berupa pasir putih yang membentang di sepanjang pantai, dan pohon kelapa yang melapisi pantai. Laut biru yang indah juga tidak luput dari keindahan pulau ini.

Selain pemandangan pantai dan laut yang indah, pulau ini, yang pernah dinominasikan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2005, memiliki tempat penangkaran yang bagus untuk penyu dan hutan bakau. Di tempat perkembangbiakan penyu, kita melihat beberapa titik di mana telur kura-kura berada. Sementara itu, kita bisa menikmati keheningan alam di hutan bakau Pulau Deravan. Jika Anda pergi ke hutan ini, wisatawan harus mengemudikan perahu dan waspada terhadap satwa liar.

Jika wisatawan terjun ke lautan Pulau Deravan, wisatawan dapat menemukan terumbu karang berwarna indah di kedalaman 10 meter dari laut Deravan. Selain terumbu karang, wisatawan dapat menemukan banyak hewan laut seperti lobster, cumi-cumi, gurita, dll.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: