Contoh Paragraf Perbandingan

Posted on

Contoh Paragraf Perbandingan – Perbandingan adalah pengembangan dari paragraf eksposur. Karena itu, hal-hal yang akan dibandingkan harus konkret, logis dan umum. Frase terlampir yang disajikan juga harus sesuai dengan keadaan atau fakta aktual.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Paragraf Perbandingan. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian dan Contoh.

Pengertian

Paragraf ini merupakan upaya untuk mengamati kesamaan atau perbedaan yang dimiliki oleh dua atau lebih objek yang memiliki kesamaan tertentu. Berdasarkan pemahaman ini, paragraf perbandingan adalah paragraf di mana ada kalimat utama yang diungkapkan dengan membandingkannya dengan hal-hal lain secara koheren dan koheren.

Contoh Paragraf Perbandingan

Dalam paragraf perbandingan, gagasan utama diajukan dengan membandingkan 2 hal yang memiliki kesamaan, misalnya, antara sepak bola dan sepak bola. Sementara paragraf yang bertentangan membandingkan 2 yang berlawanan atau berlawanan yang hanya menyoroti perbedaan dan mendukung suatu objek.

Karakteristik Paragraf Perbandingan

  • Netral atau tidak mencemarkan nama baik dari objek yang sedang dibahas atau dibahas.
  • Dalam paragraf mereka memiliki konjungsi seperti, bila dibandingkan dengan, serta, sama, sama, selaras dengan, sesuai dengan, dll.
  • Penulis menyampaikan gagasan utamanya dengan membandingkannya dengan hal-hal lain.
  • Diskusikan masalah konkret yang diketahui masyarakat umum.

Contoh Paragraf Perbandingan

Berikut ini anda bisa melihat contoh bagaimana cara pembuatan paragraf perbandingan, yang Insya Alloh dapat memudahkan anda untuk memahami penjelasan di atas, berikut ulasannya dibawah ini:

Contoh 1

Susu kambing memiliki manfaat yang sama dengan susu sapi. Keduanya memiliki kandungan kalsium yang cukup. Sama seperti susu sapi, susu kambing sangat cocok untuk minum untuk memperkuat massa tulang dan menambah tinggi badan. Susu kambing juga memiliki bakteri baik seperti susu sapi, yang merupakan bakteri lactobacillus yang baik untuk tubuh. Karena itu, kedua kaleng ini sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Contoh 2

Singkong atau biasa disebut singkong sangat cocok sebagai bahan makanan utama untuk menggantikan beras yang sedang mengalami kenaikan harga. Kedua makanan ini mengandung karbohidrat tinggi dan mampu memberikan banyak energi untuk mendukung kegiatan kita sehari-hari. Proses penyajiannya semudah nasi karena keduanya hanya perlu direbus atau dimasak. Selain karbohidrat, kandungan gizi singkong tidak kalah dengan kandungan gizi yang terkandung dalam beras.

Contoh 3

Kasus penyalahgunaan narkoba di Indonesia telah meningkat secara dramatis tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini bahkan dikatakan lebih serius daripada kasus-kasus yang terjadi pada awal tahun sebelumnya. Penyalahgunaan narkoba yang terjadi tahun ini disebabkan oleh perdagangan narkoba yang cepat di Indonesia. Menurut bea cukai, perdagangan narkoba telah mengungkapkan bahwa tahun ini telah mencapai 30 kasus, dengan peningkatan sekitar 100% dibandingkan tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 15 kasus. Tidak hanya itu, menurut BNN jumlah dealer dan pengguna yang ditangkap tahun ini telah meningkat dari 100 menjadi 250 kasus dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah orang yang meninggal karena narkoba juga meningkat secara dramatis, dua kali lipat menjadi 400 orang dari tahun sebelumnya. Karena itu, Indonesia menciptakan keadaan darurat narkoba tahun ini.

Contoh 4

Tenis dan bulu tangkis adalah 2 dari jenis olahraga yang sama, baik dengan bola dan jaring untuk menyelesaikan permainan. Meski begitu, tenis bukanlah jenis olahraga yang banyak diminati, olahraga ini hanya memiliki banyak penggemar. Tidak seperti bulu tangkis, olahraga ini memiliki jumlah penggemar dan penggemar yang sama. Ini karena bulu tangkis adalah olahraga yang murah dibandingkan tenis. Selain bulutangkis murah itu juga bisa dimainkan di mana saja, sementara tenis hanya dimainkan di lapangan khusus. Karena itu, bulutangkis paling populer di masyarakat.

Baca Juga :  Contoh Syair 3 Bait

Contoh 5

Meski dikenal sebagai sumber protein, kandungan protein susu kedelai jauh lebih kecil dari susu sapi. Menurut satu sumber, kandungan protein susu kedelai adalah 6, 73 gram, jauh lebih kecil dari susu sapi dengan protein hingga 8,02 gram. Selain itu, bagian dari kandungan gizi susu kedelai masih lebih sedikit dari susu sapi. Misalnya, konten kalori. Kandungan kalori susu kedelai adalah 79 kalori, sedangkan susu sapi 150 kalori. Meski begitu, susu kedelai ternyata memiliki serat yang tidak dimiliki oleh susu sapi. Kandungan serat susu kedelai adalah 3,18 gram.

Contoh 6

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, di mana setiap tim terdiri dari lima pemain utama dan 7 pemain cadangan. Jumlah pemain utama di futsal jauh lebih kecil daripada di sepakbola, di mana di sepakbola jumlah pemain utama yang dimainkan adalah 11 orang.

Jumlah pemain futsal sama dengan sepakbola, yaitu 4 tempat. Peran posisi juga sama. Namun, ada beberapa posisi dalam permainan yang memiliki nama berbeda dengan posisi di sepakbola. Posisi dan peran yang terkandung dalam permainan futsal termasuk kiper, jangkar, pinggul dan pin.

Peran seorang penjaga gawang dalam seorang pemain futsal sama dengan seorang penjaga gawang dalam seorang pemain bola, yaitu seseorang yang mengawasi gawang agar tidak menderita bola. Sementara itu, jangkar adalah posisi yang bertindak sebagai pemain yang mempertahankan pertahanan tim saat membangun serangan tim. Posisi ini memiliki peran yang hampir sama dengan bek di sepakbola.

Sisi adalah posisi pemain futsal di sisi kiri dan kanan bidang futsal. Peran yang diasumsikan oleh posisi ini adalah sebagai penghubung antara jangkar dan pin, serta mesin serangan dan pencipta peluang bagi tim. Peran dalam posisi ini mirip dengan peran di posisi gelandang sayap dalam sepakbola.

Pivot adalah posisi pemain futsal yang bertindak sebagai pencetak gol terbanyak, serta menjadi pemain pertama yang menghentikan serangan lawan. Peran dalam posisi pivot mirip dengan peran dalam posisi penyerang dalam sepakbola.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Paragraf Perbandingan. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: