Paragraf Deskripsi Tentang Sekolah

Posted on

Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Sekolah – Umumnya digunakan dalam novel atau cerpen sehingga pembaca terkesan tertarik dengan suasana yang digambarkan. Informasi lebih lanjut tentang definisi bersama dengan contoh-contoh teks deskriptif akan dijelaskan di bawah ini.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Sekolah. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian dan Contoh.

Pengertian

Paragraf deskriptif dapat dikatakan sebagai upaya untuk memproses kata-kata dalam paragraf yang diekspresikan dengan jelas dan tepat sehingga pembaca yang tidak mengalaminya secara langsung dapat memahaminya.

contoh paragraf deskripsi tentang sekolah

Paragraf deskriptif adalah jenis teks yang terdiri dari beberapa paragraf yang menggambarkan secara terperinci suatu peristiwa, objek, tempat, dan lainnya. Untuk deskripsi, teks dibagi menjadi tiga jenis, yaitu deskripsi subyektif, spasial dan objektif.

Karakteristik Paragraf Deskripsi

  • Berisi banyak jenis kata sifat.
  • Dijelaskan secara rinci.
  • Berikan efek pada pembaca seolah-olah objek itu dekat dengan mereka.
  • Jelaskan objek, apakah itu objek seseorang, tempat, dan sebagainya.
  • Libatkan fungsi panca indera dalam proses menggambarkan suatu objek.
  • Ini melibatkan karakteristik fisik yang terdeteksi pada objek, seperti warna, ukuran, bentuk, dan sebagainya.

Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Sekolah

Berikut ini anda bisa melihat contoh paragraf deskripsi tentang sekolah dibawah ini:

Contoh 1

Sekolah saya memiliki lingkungan yang sangat bersih dengan tempat parkir yang luas dan lapangan upacara. Sekolah saya memiliki 3 bangunan utama sebagai tempat belajar siswa, yaitu gedung A, B dan C. Sekolah saya terletak tepat di tengah sawah, membuat suasana sekolah sejuk dan segar.

Semua lantai berkelas menggunakan keramik. Sekolah saya memiliki ruangan besar yang biasanya digunakan untuk acara-acara seperti wisuda, pernikahan, olahraga dan lainnya.
Juga, sekolah saya memiliki cukup ruang di lab komputer. Warna merah dengan kombinasi abu-abu menjadi dominasi kromatik yang sangat mengejutkan di sekolah saya, masjid dan kantin jangan lupa menambah keindahan lengkap sekolah saya.

Contoh 2

Sekolah Bandar Lampung MMA adalah salah satu sekolah menengah atas di Bandar Lampung. Lokasi pasti dari sekolah MMA adalah di Jalan Durian Payung, Kampung Tengah, Bandar Lampung. Sekolah ini memiliki luas sekitar 3,05 hektar, terdiri dari 3 kelas, 1 ruang guru, 3 laboratorium, 1 perpustakaan, UKS, ruang siswa koperasi dan 1 masjid.

Sekolah ini mengusung konsep penghijauan, sehingga hampir seluruh wilayah MMA Bandar Lampung ditutupi oleh rumput dan berbagai pohon. Ruang parkir juga besar, tersedia untuk mobil parkir dan sepeda motor. MMA Bandar Lampung juga memiliki 4 bidang: sepak bola, bulu tangkis, bola voli, dan keranjang

Lapangan sepak bola dan bulu tangkis terletak di tengah sekolah, di mana lokasi ini terletak di tengah-tengah ruang kelas, ruang guru, perpustakaan, dan ditampilkan dengan jelas ketika melewati pintu masuk.

Di sekitar bidang ini ada juga lantai besar yang mengelilingi lapangan. Kombinasi lapangan sepak bola dan lantai ini sangat luas, sehingga biasanya digunakan sebagai tempat upacara bendera.

Baca Juga :  Contoh Kalimat Pasif

Contoh 3

Ms. Yani adalah guru wali kelas saya saat ini. Dia adalah guru bahasa Inggris yang mengajar di kelas saya setiap hari Rabu dan Kamis. Ketika dia mengajar di kelas saya, dia selalu bertanya dulu tentang kondisi kelas kami. Selanjutnya, ia mulai memberikan materi bahasa Inggris. Yani sendiri memiliki postur tubuh yang halus dan tingginya sekitar 1,75 meter. Dia memakai jilbab dan biasanya mengenakan seragam guru yang khas.

Metode pengajarannya juga menyenangkan dan mudah dimengerti. Selalu gunakan perumpamaan sederhana yang ada di sekitar saat menjelaskan suatu materi. Kadang-kadang dia bahkan menyuruh kami berlatih di depan kelas. Ini membuat bahan ajar begitu mudah diserap ke otak kita. Ketika kita memiliki masalah atau nilai kita turun, dia selalu bertanya kepada kita apa penyebabnya dan memberi kita motivasi dan masukan sehingga kita bisa menjadi lebih baik.

Contoh 4

Saya telah menghadiri sekolah menengah swasta ini selama dua tahun. Sekarang saya di kelas XI dan saya lulus dalam bahasa Indonesia. Sekolah saya adalah sekolah yang cukup terkenal di daerah saya. Rata-rata, siswa yang hadir di sini adalah orang-orang yang tinggal di daerah saya. Selain menjadi dekat, ada pengurangan biaya untuk siswa yang tinggal dekat dengan sekolah karena alasan mengapa orang saya pergi ke sekolah di sini.

Sekolah saya memiliki tiga lantai dan dicat hijau Tosca. Pintu masuknya sendiri tingginya sekitar 2 meter dan memiliki kawat berduri. Utas Permberian telah diberikan sehingga pencuri enggan mencuri dari sekolah ini. Saat memasuki melalui gerbang, kendaraan guru dan siswa akan terlihat berjalan di bawah pohon ceri. Pohon ceri sudah ada sejak berdirinya sekolah.

Jika Anda masuk lebih dalam, Anda akan menemukan lapangan sekolah di sana. Lapangan ini biasanya digunakan saat kegiatan olahraga berlangsung. Dari utara lapangan, ada sebuah bangunan yang berisi ruang kelas tempat saya dan siswa lainnya belajar. Di sebelah barat, ada masjid dengan halaman besar. Di sebelah barat lapangan, ada ruang orientasi, ruang guru dan ruang kepala sekolah. Perpustakaan itu sendiri berada di tengah-tengah ruang kelas.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Sekolah. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: