Contoh Istilah

Posted on

Contoh Istilah – Istilah adalah seperangkat prinsip dan ketentuan untuk pembentukan istilah dan seperangkat Istilah yang dihasilkan. Istilah tata bahasa disebut juga terminologi. Suatu istilah juga dapat di Definisikan sebagai sebutan khusus, kata atau frasa.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Istilah. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Macam dan Contoh.

Pengertian

Suatu istilah adalah kata atau frasa (kombinasi kata-kata) yang digunakan sebagai nama atau simbol dan yang dengan hati-hati mengekspresikan makna suatu konsep, proses, kondisi atau karakteristik yang unik dalam bidang tertentu, seperti sains, teknologi, seni dan sebagainya.

Contoh Istilah

Dalam bahasa Indonesia ada dua macam istilah yang dikenal dalam penggunaannya, yaitu istilah khusus dan umum. Setiap macam istilah memiliki arti tersendiri dan biasanya lebih dikenal sebagai makna istilah tersebut.

Macam-Macam Istilah

Istilah Khusus

Istilah khusus adalah kata-kata yang penggunaannya terbatas pada bidang tertentu. Jenis istilah ini tidak diketahui semua orang. Karena itu, Anda harus menemukannya terlebih dahulu untuk menggunakannya.

Istilah Umum

Jenis istilah pertama adalah istilah umum. Istilah umum adalah kata yang telah menjadi bahasa umum atau telah digunakan dan dipahami oleh orang-orang mengenai artinya. Istilah umum dapat digunakan oleh siapa saja, karena tidak diperlukan pengetahuan khusus untuk menafsirkannya. Jenis istilah ini juga dapat digunakan di semua bidang.

Berikut ini adalah contoh dari dua macam istilah diatas, yang di uraikan dibawah ini:

Contoh Istilah Khusus

1) Tingkat laba perusahaan dipresentasikan kepada para klien dalam bentuk diagram diagram representasi di sebuah informasi dalam bentuk geometri dua dimensi)

2) Materi integral dan diferensial adalah materi matematika yang sangat disenangi oleh Andri. integral, diferensial = salah satu materi dalam matematika

3) di Bulan Agustus ini digalakkan pemberian vaksin Measless Rubella secara gratis kepada anak-anak usia 9 bulan hingga 15 tahun. (vaksin = bahan yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan tubuh)

4) Setelah merasakan gangguan di mata sejak lama, Ibu baru mengetahui bahwa ada sedikit kerusakan pada kornea (kornea = bagian depan yang menembus mata

5) Pemulihan Kaka dari kanker telah berkembang sangat pesat sekali

6) Kemungkinan hilangnya nyamuk setelah proses pengasapan tidak mencapai 70%, sehingga langkah-langkah 3M masih dipromosikan untuk mencegah penyebaran DBD. probabilitas kemungkinan

7) Tanaman kentang diperbanyak dengan menggunakan umbi batang cara berkembang biak nya
Proses rekonsiliasi antar kedua kelompok masyarakat berjalan lancar berkat kerja sama semua pihak. (rekonsiliasi = perdamaian)
Masyarakat masih menganut paradigma bahwa pendidikan harus di sekolah

8)Eksekutif perusahaan selalu mencari kandidat pekerjaan yang loyalitas ketulusan di tempat kerja)

9) Proses rekonsiliasi antara kedua kelompok masyarakat berjalan lancar berkat kerja sama semua pihak. (rekonsiliasi = perdamaian)

10) Masyarakat masih menganut paradigma bahwa pendidikan harus di sekolah. (paradigma = bagaimana seseorang berpikir)

11) Eksekutif perusahaan selalu mencari kandidat pekerjaan yang loyal (loyalitas = ketulusan dalam

12) Mengkonsumsi buah-buahan yang tinggi antioksidan sangat lah efektif dalam mencegah pertumbuhan sel kanker. (antioksidan = zat yang dapat menunda reaksi oksidasi)

13) Kesehatan ibu windi mungkin lebih baik jika transplantasi dilakukan dari satu tempat ke tempat lain, biasanya untuk transplantasi organ)

14) Filsuf berpikir secara berbeda dari orang pada umumnya. (filsuf = orang yang berpikir secara filosofis)

Baca Juga :  Pengertian Quad Core

15) Pengamat politik memiliki retorika yang baik ketika berdiskusi dengan lawan bicaranya. (retorika = kecerdasan dalam percakapan)

16) Proses pemulihan untuk insiden pembunuhan dibatalkan karena emosi masyarakat sekitar sulit dikendalikan. (rekonstruksi = membangun kembali)

17) Sang paman selalu mengungkapkan niat dan keinginannya melalui analogi agar lebih dimengerti orang lain. (analogi = kesamaan antara dua hal yang berbeda)

18) Eksekusi tahanan di hukuman mati ditunda pada menit terakhir karena perintah dari presiden. (penegakan = proses untuk penegakan keputusan hakim)

19) Saat ini, elit politik sering membuat keributan satu sama lain di depan media. (elit = orang-orang dari kelas atas)

Contoh Istilah Umum

1) Kebijakan pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar tidak dapat diterima masyarakat. Toh ada demonstrasi di beberapa daerah sebagai bentuk ketidaksetujuan masyarakat. (politik = politik)

2) Budaya Indonesia terkenal di mancanegara, banyak negara dikejutkan oleh keanekaragaman dan kerukunan masyarakat di Indonesia. (Budaya = produk dari kesadaran dan pikiran orang)

3) Keterampilan kecerdasan BJ. Habibie di dunia penerbangan, tidak diragukan lagi, baik secara nasional maupun internasional. (skill = kemampuan seseorang untuk melakukan sesuatu)

4) Cita-cita paman dan bibi, agar anak-anak mereka berhasil, akhirnya bisa tercapai. keinginan seseorang untuk sesuatu

5) yang korupsi harus dihukum berat karena mereka menyalahgunakan uang negara. (Korup = orang yang menyalahgunakan uang negara)


6) Kita harus dapat memprioritaskan setiap kegiatan. (prioritas = prioritas harus dilakukan)

7) Pengenalan kurikulum 2008 telah ditantang oleh beberapa aktivis pendidikan, karena kurikulum ini tidak cocok untuk digunakan dalam sistem pendidikan nasional dinegara Indonesia. (implementasi = implementasi suatu hal)

8) Untuk mendaftarkan CPNS, banyak pelamar yang belum melampirkan sertifikat tempat tinggal dalam file aplikasi dikirim ke agen yang sesuai. (tempat tinggal = tempat tinggal seseorang)

9) Keluarga tahanan yang tiba-tiba meninggal di penjara tidak menerima penjelasan dari polisi. (tahanan = orang yang ditahan karena kesalahan tertentu)

10) Pemimpin kediktatoran, tentu saja, tidak akan disukai dan didukung oleh pemerintahnya di pihak rakyat. (diktator = bagaimana memimpin dengan kekuatan tak terbatas)

11) Bang Firman sekarang adalah teknisi yang dipercaya oleh banyak orang, meskipun ia hanya belajar belajar mandiri. (otodidak = otodidak tanpa bantuan orang lain)

12) Pemerintah selalu mengundang orang untuk mengekspresikan aspirasi mereka, tetapi ketika orang menunjukkan, mereka selalu menghadapi kekuatan anarkis. (keinginan = keinginan atau keinginan untuk mendapatkan sesuatu)

13) Di desa ini, Rico terkenal karena memainkan semua alat musik, jadi ia dipercaya untuk mengajarkan musik kepada semua anak di desa. (ahli = pintar)

14) Pak Sugeng adalah seorang kolektor barang-barang antik dari berbagai daerah di nusantara. (antik = kuno dan berharga)

15) Kecerdasan emosional dan spiritual saat ini didorong oleh guru untuk berkembang di lingkungan sekolah. (Kecerdasan = sesuatu tentang pintar)

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Istilah. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: