Contoh Teks Eksposisi Perbandingan

Posted on

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan – Bagi mereka yang suka membaca majalah, koran atau artikel di kertas dan media elektronik. Ternyata informasi yang sering dibaca di media termasuk dalam sampel teks eksposisi yang menyediakan informasi.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Teks Eksposisi Perbandingan. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian dan Contoh.

Pengertian

Teks eksposisi sebenarnya adalah salah satu jenis teks yang paling sederhana dan sangat sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari, terutama ketika membaca berita atau sains tertentu.

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan

Eksposisi tidak hanya pembaca dapat menemukan hanya di media. Beberapa informasi dan artikel yang ditulis dan dibagikan melalui media sosial dan media online juga dapat disebut sebagai teks pameran.

Untuk teks eksposisi perbandingan ini adalah bagian dari jenis eksposisi yang isinya terkait dengan penjelasan sesuatu, tetapi ditulis dengan membandingkan hal pertama dengan hal berikutnya yang dianggap lebih mudah dipahami atau dipahami. dari pembaca. Eksposisi perbandingan tidak sama dan tidak dapat dibandingkan dengan teks analog.

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan

Di bawah ini Anda dapat melihat contoh materi di atas:

Contoh 1

Sekarang, cilok tidak hanya dikukus, tetapi dapat disiapkan dengan menggoreng atau saus. Berbagai metode pengolahan ini juga memberikan kehidupan pada beberapa varian cilok, mulai dari cilok goreng, cilok bakar, hingga kaldu cilok. Semua varian cilok ini memiliki rasa yang khas dan layak untuk dicoba.

Tidak hanya cilok, bakso juga menjalani serangkaian variasi dalam pemrosesan, di mana bakso sekarang tidak hanya kaldu, tetapi mereka juga bisa dibakar dan juga bisa digoreng. Variasi pengolahan bakso juga membuat varian bakso semakin kaya, di mana sekarang ada bakso goreng dan bakso bakar yang merupakan variasi baru bakso.

Contoh 2

Sejak kecil, Alisa sangat menyukai dunia sastra. Ini bisa dilihat dari koleksi buku-bukunya yang agak besar, mulai dari buku sejarah anak-anak hingga buku-buku novel impor. Tidak hanya itu, Alisa juga telah mengumpulkan berbagai komik dan majalah. Banyaknya koleksi bacaan yang membuat imajinasi dan referensi Alisa menjadi begitu luas. Untungnya, luasnya imajinasi dan referensi yang dia tuangkan dalam tulisan. Bahkan, tulisannya telah direkam dan diterbitkan oleh penerbit besar di Indonesia.

Seperti Alisa, Alisia, saudara perempuan Alisa, juga menyukai dunia sastra. Koleksi buku, majalah, dan komik sama seperti saudara kembarnya. Alisia juga suka dan rajin menulis seperti Alisa. Hanya saja, saat ini, Alisia belum menerbitkan artikel itu.

Contoh 3

Tahun ini, tim futsal SMA Krida memenangkan prestasi yang membanggakan, di mana tahun ini ia memenangkan turnamen futsal SMA. Hasil ini adalah hasil pertama untuk tim Gatot Soedibyo. Pasalnya, tim futsal ini sebelumnya hanya dikenal sebagai tim konkret yang belum pernah ditabur oleh siapa pun. Prestasi yang membanggakan dari tim futsal SMA Krida berbanding lurus dengan hasil dari tim Paskibra SMA Krida.

Baca Juga :  Contoh Polisemi

Tahun ini, Paskibra SMA Krida juga meraih prestasi yang membanggakan dengan menjadi pemenang pertama kompetisi Antar-SMA Paskibraka. Prestasi ini adalah sesuatu yang bangga dan tidak dapat diprediksi oleh siapa pun, karena tim Paskibra dari SMA Krida sendiri adalah tim Paskibra termuda daripada tim Paskibra lain dari SMA, di mana tim Paskibra dari SMA Krida saat ini hanya memiliki waktu sekitar 5 tahun.

Contoh 4

Ilmu pengetahuan alam adalah studi tentang objek empiris kehidupan. Mempelajari bermacam gejala serta peristiwa berdasarkan subjek penelitian dan bermanfaat bagi kehidupan manusia. Karena menjadi objek penelitian, sehingga ilmu pengetahuan alam bisa disebut pengetahuan empiris. Memiliki hipotesis tentang objek penelitian.

Dengan asumsi bahwa beberapa objek memiliki kesamaan satu sama lain, objek yang diteliti tidak pernah mengalami perubahan baik dalam perspektif tempat dan waktu. Dengan asumsi bahwa setiap gejala bukan bagian dari gejala peristiwa yang terjadi secara bersamaan.

Ilmu sosial adalah studi tentang manusia dengan semua aspek kehidupan, khususnya perilaku, karakteristik, dan hubungan dengan orang lain. Ini terjadi di dalam individu dan baik jumlah kecil maupun besar secara bersamaan.

Subjek ilmu sosial dan subjek ilmu alam tidak sama. Objek material dalam ilmu sosial adalah perilaku dengan tindakan khusus manusia, bebas dan non-deterministik.

Beberapa fitur dari studi objek ilmu sosial adalah objek studi yang kompleks, kesulitan pengamatan karena perubahan sifat objek, objek studi ilmu sosial tak terulang dan objek penelitian sosial sering sulit diprediksi. Dalam menjelaskan ilmu-ilmu sosial diperlukan penjelasan yang lebih rinci untuk menjelaskan suatu fenomena.

Perbedaan antara ilmu alam dan sosial terletak pada penggunaan prosedur ilmiah. Ilmu alam mempelajari hal-hal objektif, bukan kehidupan dan dunia fisik, oleh karena itu mereka tidak mengalami perubahan untuk jangka waktu tertentu.

Sedangkan ilmu sosial adalah proses dari hasil akal manusia, subyektif dan emosional, yang merupakan perilaku khas manusia. Namun keduanya memiliki manfaat penting yang sama untuk kelangsungan hidup manusia.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Teks Eksposisi Perbandingan. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: