Contoh Karangan

Posted on

Contoh Karangan – Karangan merupakan ide penulis yang dicurahkan secara tertulis. Karangan atau esai disajikan dengan maksud untuk dapat memberi makna pada serangkaian peristiwa yang terjadi sehingga pembaca dapat mengumpulkan kebijaksanaan cerita.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Feature. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Macam dan Contoh.

Pengertian

Karangan memiliki tiga elemen utama, yaitu karakter, peristiwa, dan konflik. Jika ketiga elemen digabungkan, plot atau alur akan terbentuk dalam plot naratif. Esai naratif dapat dibuat atau fiksi.

Contoh Karangan

Sumber ide esai dapat berasal dari pengalaman penulis, dari pengamatan pada lingkungan sekitar dan juga dapat menjadi imajinasi dan imajinasi penulis.

Macam-Macam Karangan

Adapun karangan sendiri dapat terbagi beberapa macam, yaitu sebagai berikut.

Karangan Persuasi

Persuasi adalah esai yang berisi seruan atau undangan kepada pembaca.

Karangan Eksposisi

Eksposisi adalah esai yang mengandung eksposur yang menyediakan data atau informasi sebagai penjelasan. Esai disebut eksposur jika berisi deskripsi atau eksposur ke sesuatu atau objek.

Karangan Argumentasi

Argumentasi adalah esai yang mencoba memberikan alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat (ide). Karakteristik memiliki isi alasan atau pendapat penulis. Argumen esai ini dimaksudkan untuk mempengaruhi pembaca agar setuju dengan ide penulis.

Karangan Narasi

Narasi adalah jenis komposisi yang disusun oleh metode plot. Umumnya esai naratif disusun secara kronologis, berisi plot atau serangkaian plot dan ada karakter yang diceritakan. Esai naratif berisi cerita atau peristiwa yang diselenggarakan dalam urutan kronologis.

Karangan Deskripsi

Deskripsi adalah esai yang memiliki konten representasi objek. Esai-esai deskripsi mencoba untuk mewakili suatu objek sejelas mungkin sehingga pembaca tampaknya datang untuk melihat, mendengar, dan bahkan mendengar apa yang penulis gambarkan.

Contoh Karangan

Berikut inilah contoh-contoh karangan dalam bentuk macam-macamnya, yaitu sebagai berikut.

Contoh Karangan Persuasi

Seperti diketahui pada 2019, populasi Indonesia telah mencapai lebih dari 255 juta orang. Sebagian besar penduduk terkonsentrasi di Jawa, yang hanya mewakili 7% dari total wilayah Indonesia. Ini sangat mengkhawatirkan. Populasi yang besar, tanpa diimbangi dengan peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran, akan menyebabkan ekses yang tidak menguntungkan. Masalah ketenagakerjaan, produksi makanan pokok, pendidikan dan tempat tinggal adalah elemen yang harus menjadi perhatian.

Contoh Karangan Eksposisi

Kanker prostat adalah penyakit mematikan. Jumlah pasien kanker prostat meningkat, karena harapan hidup meningkat di masyarakat. Di Indonesia, penyakit ini termasuk sepuluh besar penyebab kematian pria. Sementara di Eropa dan Amerika, kanker prostat adalah penyakit ganas nomor satu pada pria yang menyebabkan kematian.

Contoh Karangan Argumentasi

Di era globalisasi ini, persaingan komersial telah menyebar ke daerah. Ini bisa dilihat dengan munculnya toko serba ada di kota dan kabupaten. Mereka membangun mimarket dengan bangunan-bangunan megah dan manajemen profesional untuk menarik banyak orang yang pada awalnya adalah pelanggan toko-toko tradisional dan pasar-pasar yang pernah ada. Pedagang di pasar sekarang hanya bisa bernafas dalam. Mereka menyadari bahwa pemilik toko serba ada adalah konglomerat dengan banyak modal yang sulit untuk bersaing. Satu-satunya harapan mereka adalah bahwa pemerintah akan melakukan intervensi untuk mempertahankan nasib mereka.

Contoh Karangan Narasi

Zaina telah ditinggalkan suaminya selama lebih dari dua tahun. Dia pergi tanpa pamit dan meninggalkan 2 anak yang masih membutuhkan cinta seorang ayah. Putri dan Danu adalah nama anak-anak mereka. Setelah suaminya meninggal, Zaina harus bekerja keras untuk mencari nafkah bagi kedua anaknya. Semua pekerjaan menghasilkan uang, asalkan itu legal. Ini bekerja aneh. Maklum, Zaina hanya lulus sekolah dasar. Dia tidak memiliki banyak peluang kerja dengan kelulusan SMA.

Contoh Karangan Narasi Mengenai Sekolah

Sekolah adalah tempat belajar dan belajar. Di sekolah saya, ada banyak jenis tanaman yang menghiasi setiap bagian depan kelas kami. Di setiap fasad ruang kelas, tanaman penuh bunga berwarna-warni. Sementara itu, ruang kelas dihiasi dengan cat putih dan ukiran dari tangan siswa, seperti lukisan, stiker dinding dan foto-foto siswa dan guru.

Baca Juga :  Contoh Deduktif Induktif Bahasa Jawa

Kelas kami benar-benar terlihat sangat menarik. Di sekolah saya ada juga perpustakaan digital. Siswa senang berada di perpustakaan. Karena tempat itu nyaman dan aman.

Contoh Karangan Narasi Mengenai Alam

Udara di luar rumah sangat dingin pagi ini, kulitku seperti berada di lemari es. Udara dingin sepertinya hampir membekukan seluruh tubuhku. Hari ini adalah hari pertamaku di desa tempat sang ibu dilahirkan. Keluarga ibuku masih tinggal di desa.

Saya sudah terbiasa dengan suasana kota, kali ini rasanya masih agak memalukan ketika Anda berada di daerah pedesaan. Jalanan sempit dan sedikit berlumpur, yang membuat saya lebih berhati-hati. Pagi ini, aku ingin melihat matahari terbit dari balik bukit di depan rumah kakekku. Pemandangan yang sangat indah.

Contoh Karangan Narasi Mengenai Lingkungan

Ketika musim hujan tiba, penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan agar nyamuk yang menyebabkan demam berdarah tidak bereproduksi. Cara menjaga kebersihan lingkungan adalah dengan memulai dari dalam rumah. Menutup semua keranjang penyimpanan air dan saluran air di rumah kami memeriksa semua kamar di rumah yang memiliki potensi untuk membiakkan larva nyamuk.

Jadi di ruangan gelap dan lembab lainnya. jadi karena itu penting bagi kita untuk dapat membersihkan genangan air di bak mandi, genangan air sebelumnya untuk mencuci piring dan air di akuarium jika Anda memiliki akuarium hias di rumah. Selain makanan yang digunakan, ia juga memiliki potensi untuk menarik nyamuk.

Metode sederhana ini akan membantu mengurangi populasi nyamuk begitu cepat selama musim hujan dan mengurangi risiko demam berdarah karena gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Selain itu, rumah yang bersih dan rapi juga menambah kenyamanan penghuninya.

Contoh Karangan Narasi Mengenai Pendidikan

Belajar tidak selalu di sekolah. Mentalitas komunitas tentang belajar di sekolah begitu mengakar dan berakar sehingga jika tidak di sekolah, itu tidak disebut belajar. Konstruksi sosial seperti itu harus dihilangkan dari budaya sosial kita. Belajar dapat dilakukan di mana saja, kapan saja. Belajar tidak hanya melibatkan guru dan siswa.

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang belajar sendiri, tanpa guru mengajar, akan memiliki kemampuan untuk menguasai pelajaran yang lebih dalam daripada seseorang yang belajar di bawah tekanan guru atau guru. Juga, seseorang yang belajar untuk bersantai di luar ruang sekolah, yang berarti bahwa mereka belajar dengan alam sambil menikmati momen relaksasi, akan memperkuat ingatan mereka lebih dari seseorang yang hanya melihat papan tulis dan mendengarkan penjelasan guru.

Contoh Karangan Narasi Mengenai Guru

Setiap orang harus memiliki orang tua untuk dilahirkan di dunia ini. Tetapi ada istilah orang tua kedua di sekolah. Ya, ini adalah istilah untuk guru sekolah. Karena ketika di sekolah mereka adalah orang-orang yang membimbing kita, menjaga kita, memarahi kita saat kita pergi ke sekolah.

Ketika kita berada di sekolah, ada banyak guru dengan materi yang mereka ajarkan dan kepribadian mereka. Mengapa kepribadian? Ini karena kita sering atau tidak pernah harus menemukan guru yang sangat baik dan sabar, guru yang asertif, guru yang takut pada siswa karena mereka sering marah, guru yang lucu sering membuat kita tertawa, dan banyak lainnya. Ah, selain itu ada juga guru-guru muda yang tampan dan ganteng yang menjadi bahan untuk mengedit siswa.

Selain itu, guru adalah kunci di mana kita bisa berhasil nanti. Pahlawan tidak dikenal. Mereka selalu hadir dalam pasang surut ketika kita belajar di sekolah. Mereka yang juga akan bangga jika kita berhasil, mereka yang akan sedih jika kita mengalami kegagalan, tetapi juga membebaskan kita dari kegagalan itu. Tuan, semua hormat kami untuk Anda.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Karangan. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: