Contoh Teks Persuasi Pendidikan

Posted on

Contoh Teks Persuasi Pendidikan – Istilah persuasi ditafsirkan sebagai undangan kepada seseorang dengan memberikan alasan dan perspektif yang meyakinkannya atau persuasi atau banding yang halus.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Teks Persuasi Pendidikan. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Karakteristik , Macam dan Contoh.

Pengertian

Seperti namanya, esai persuasi adalah esai yang dirancang untuk mengundang, memengaruhi atau mendorong pembaca agar melakukan pada sesuatu. Tulisan pada persuasif dapat menghadirkan suatu bukti dimana agar bisa meyakinkan sipembaca untuk melakukan sesuatu.

Contoh Teks Persuasi Pendidikan

Tulisan persuasi umumnya terdiri atas banding, peringatan, atau iklan. Berdasarkan KBBI, “persuasi” didefinisikan sebagai undangan kepada seseorang dengan memberikan alasan dan perspektif yang meyakinkan mereka “atau” persuasi lembut “atau” banding “.

Karakteristik Dari Teks Persuasi

Untuk membedakan teks persuasi dari tipe lainnya, teks persuasi memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Di dalamnya ada fakta-fakta pendukung yang bertujuan untuk meyakinkan pembacanya.
  • Esai persuasi tidak menyebabkan konflik dalam esai.
  • Esai persuasi adalah esai yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca untuk melakukan apa yang diharapkan penulis.

Macam-Macam Teks Persuasi

  • Teks persuasi esehatan.
  • Teks persuasi politik.
  • Teks persuasi pendidikan.
  • Teks persuasi propaganda.

Nah, untuk pembahasan materi kali ini memfokuskan mengenai teks persuasi pendidikan. Maka kali ini akan saya berikan beberapa contoh teks persuasi pendidikan dibawah ini.

Contoh Teks Persuasi Pendidikan

Inilah beberapa contoh dari teks persuasi pendidikan ini yang di buat secara jelas.

Contoh Pertama

KOLEKSI KERJASAMA BAHASA DENGAN ALASAN

Keterampilan bahasa harus diposisikan sejajar dengan kebersihan bahasa. Artinya, pengetahuan bahasa Anda juga harus didukung ditentukan oleh kebersihan atau kebersihan bahasa yang digunakan.

Dalam hal ini, ada visi yang mengklaim bahwa keakuratan bahasa sangat berkorelasi dengan keakuratan penalaran,” kata Drs. Zaina Habibillah, mantan kepala pusat bahasa, di sela-sela seminar bahasa dan sastra nasional X Indonesia, diadakan di Bandar Lampung, yang diadakan pada 2 Januari 2020.

Menurut Zaina Habibillah, penggunaan bahasa yang bersih berdasarkan penalaran yang akurat adalah syarat mutlak dalam keterampilan berbahasa. Kedua hal ini secara bersamaan akan sangat membantu dalam memfasilitasi dan memfasilitasi komunikasi. Namun, kenyataan menunjukkan bahwa kombinasi ideal masih jauh dari harapan.

Ini bisa dilihat dari penggunaan bahasa Indonesia – baik tertulis maupun lisan – di antara masyarakat Indonesia yang masih tampak sembrono dan mengabaikan prinsip-prinsip dasar bahasa Indonesia yang baik dan adil.

Ketika dipertimbangkan dalam hal kebersihan bahasa dan keakuratan penalaran, kualitas penggunaan bahasa Indonesia yang dihasilkan sangat sering mengecilkan hati para pakar dan pengamat bahasa.” Zaina Habibillah berkata.

Contoh Kedua

Masih banyak guru dan orang tua yang tidak sabar untuk mendidik siswa mereka. Padahal, untuk kesabaran begitu sangat perlu dalam menjalankan tugas mendidik seoarang anak, hingga potensi pada anak bisab erkembang karna setiap pada anak mempunyai potensi serta pekerjaan yang tidak sama. Sebagaimana dikatakan oleh seorang ahli legendaris, yakni Plato, pendidikan adalah proses yang panjang dan seumur hidup, yaitu ketika manusia masih kecil sampai mereka dewasa.

Oleh karena itu, guru dan orang tua harus diajarkan untuk mendidik anak-anak mereka dengan sabar dan berorientasi pada proses. Sehingga anak-anak dapat berkembang dengan baik dan tepat. Dengan cara ini, potensi anak dapat tumbuh dengan baik dan alami. dan praktikkan kejujuran pada anak-anak, karena orang cerdas lebih berbahaya daripada orang bodoh jika mereka tidak jujur

Contoh Ketiga

Kami Menemani Pendidikan Formal Dengan Pendidikan Karakter

Sekolah adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh pemerintah sebagai forum pendidikan formal bagi warganya. Meski begitu, pendidikan tentu tidak terbatas hanya pada pembelajaran di sekolah, tetapi juga harus diimbangi dengan pendidikan karakter untuk anak-anak. Pendidikan karakter paling penting diperoleh oleh anak-anak dari orang tua, keluarga dan lingkungan. Selain melewati orang terdekat, pendidikan datang ke sekolah agama atau tempat belajar dan pengembang pendidikan agama lainnya.

Bantuan dalam pendidikan karakter adalah penting karena sekolah pada umumnya menekankan pengetahuan yang lebih umum tentang pengetahuan agama atau moral. Oleh karena itu, struktur pendidikan agama harus didukung oleh orang tua dan diikuti oleh siswa untuk membentuk karakter yang baik. Tidak dapat dipungkiri bahwa pendidikan bukan hanya pengetahuan tentang alam, bahasa, masyarakat atau budaya. Semuanya harus diimbangi dengan pengetahuan agama yang mendalam dari para siswa yang akan menjadi benteng bagi mereka. Lebih jauh, globalisasi kehidupan pasti akan sangat mempengaruhi cara kita berpikir dan cara siswa bertindak. Namun semua ini bisa dikendalikan oleh pendidikan karakter.

Memiliki generasi muda yang cerdas adalah jaminan untuk masa depan suatu bangsa, tetapi memiliki generasi muda yang cerdas dan bermoral adalah jaminan untuk kemajuan suatu negara ke arah yang lebih baik. Karena itu, kami menemani pendidikan formal dengan pendidikan karakter!

Contoh Keempat

Kami Meningkatkan Kesadaran Akan Pentingnya Pendidikan

Memiliki anak yang cerdas dengan bakat yang dimurnikan adalah impian bagi setiap orang tua di dunia. Tentu saja, orang tua harus sangat menyadari pendidikan untuk anak-anak mereka. Orang tua adalah institusi pertama yang wajib memberikan pengetahuan kepada anak-anak mereka. Orang tua juga bertanggung jawab untuk mendidik anak-anak mereka.

Tetapi bahkan jika orang tua adalah guru terbaik, pendidikan formal juga merupakan keharusan. Mengingat era ilmu pengetahuan dan globalisasi yang semakin berkembang yang semakin menyembunyikan perbatasan antar negara, pendidikan telah menjadi hal yang penting dan tidak dapat dinegosiasikan. Angka putus sekolah di Indonesia masih tinggi, dengan 60 persen siswa sekolah menengah di Indonesia putus sekolah berdasarkan data dari Institut Statistik (UIS) UNESCO dan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan tingkat putus sekolah tertinggi kedua di dunia setelah Tiongkok. Fakta ini menyiratkan bahwa kesadaran pendidikan di Indonesia masih kurang.

Orang tua harus dapat memotivasi dan mendukung anak-anak dalam hal pendidikan, mengingat pentingnya pendidikan untuk masa depan anak. Pendidikan adalah salah satu kunci terpenting untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Pendidikan juga dianggap mampu mengurangi tingkat kemiskinan di Indonesia.

Dalam era perdagangan bebas, seperti penguasaan keterampilan dan pengetahuan, sangat penting untuk dapat bersaing dengan sumber daya manusia asing yang tiba di Indonesia. Jangan biarkan bangsa Indonesia bersaing dan gagal menjadi tuan di tanah mereka. Selain dukungan orang tua bagi generasi muda, pemerintah juga berkewajiban memperbaiki sistem pendidikan yang ada, serta menyediakan struktur pendidikan yang menjangkau semua lapisan masyarakat di Indonesia. Ini juga didasari oleh kenyataan bahwa generasi muda yang cerdas dan berbakat adalah jaminan masa depan suatu bangsa. Karena itu, kami meningkatkan kesadaran akan pendidikan karena pendidikan adalah kunci menuju masa depan!

Baca Juga :  Puisi: Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri dan Contohnya

Contoh kelima

Kejar Ilmu Sebanyak Mungkin

Tidak ada istilah “terlalu muda” untuk mencapai hasil, atau istilah “terlalu tua” untuk belajar. Ungkapan ini sepertinya sangat tepat untuk menggambarkan orang luar biasa seperti Shigemi Hirata. Pada 96, Shigemi Hirata mampu memperoleh gelar pada saat yang sama bernama sarjana tertua oleh Guinness World Records.

Hirata, lahir pada tahun 1919, mulai mengajar kelulusan ketika dia berusia 85 tahun setelah pensiun, dan mengambil bidang studi seni keramik. Sebelas tahun kemudian, setelah perjuangan yang panjang, Hirata lulus dalam sastra dari Universitas Seni dan Desain Kyoto. Meskipun antusiasmenya untuk studi masih luar biasa, Hirata berpikir tentang melanjutkan ke lulus.

Di Palestina, bahkan seorang nenek berusia 82 tahun menjadi terkenal setelah sejarahnya sebagai seorang sarjana yang tersebar luas di dunia maya. Nonna Fatima lulus dalam Hadis dari Universitas Aqsa, Gaza, Palestina. Memenangkan gelar adalah mimpinya yang akhirnya menjadi kenyataan, setelah sebelumnya terpaksa ditunda pada usia muda karena konflik yang berkepanjangan di negaranya. Melihat perjuangan sang nenek, banyak netizen memberikan dukungan positif dan penghargaan kepada semangat yang dimiliki sang nenek.

Tokoh lain yang pantas mendapatkan tambahan satu inci dalam antusiasmenya dalam penelitian ini adalah Diana Patricia Hasibuan. Nenek dari 13 cucu itu mampu meraih master glass di usia yang tidak lagi muda, yang berusia 71 tahun. Prestasi ini mampu mendaftarkan nama Patricia sebagai pemenang master tertua di Indonesia dan terdaftar di Museum Rekor Indonesia (MURI). Awalnya karena kondisi ekonomi yang tidak mendukung, Patricia harus rela mengubur impian masa mudanya di dokter. Meski begitu, Diana tidak menyerah pada antusiasmeninya dalam studi, dia akhirnya mendaftar sebagai mahasiswa pada tahun 1998. Sekarang Patricia bermaksud untuk melanjutkan pelatihan doktornya untuk mendapatkan gelar doktor, Patricia telah menunjukkan bahwa usia bukanlah halangan dalam mengejar pengetahuan dan pesan, ini adalah apa yang ingin ditransmisikan hari ini ke generasi baru.

Sebagai generasi muda yang diberkati dengan antusiasme dan kondisi yang masih prima, kita tidak harus kehilangan angka-angka ini. Pendidikan adalah sesuatu yang penting dan sangat dibutuhkan saat ini. Tidak perlu takut gagasan bahwa kuliah di universitas mahal karena sekarang ada begitu banyak beasiswa yang ditawarkan oleh berbagai lembaga, baik pemerintah maupun swasta. Bukan saja kesempatan untuk belajar di Indonesia, tetapi juga kesempatan untuk belajar di luar negeri bukan tidak mungkin dan sangat terbuka saat ini. Oleh karena itu, kita hanya perlu memiliki niat dan antusiasme yang kuat dan serius dalam mengejar pengetahuan untuk mendapatkan peluang ini.

Studi pengetahuan tidak hanya dibatasi oleh kualifikasi akademik, tetapi kami juga dapat membuat pengetahuan di mana saja dan kapan saja. Kita dapat memperoleh pengetahuan dengan membaca buku, majalah, bahkan dengan informasi terkini tentang berbagai informasi terbaru dari berbagai situs berita dan surat kabar. Selain itu, bertemu dengan para ahli di bidangnya atau sekadar bertukar ide dengan orang-orang di sekitarnya juga merupakan bentuk studi. Ilmu pengetahuan membuat seseorang berguna bagi dirinya dan orang lain, ilmu pengetahuan juga merupakan investasi terbaik dalam medium perkembangan teknologi yang tak terbendung seperti sekarang ini, sehingga ilmu pengetahuan mampu membawa perubahan kehidupan ke arah yang lebih baik. Ilmu pengetahuan juga merupakan benteng terkuat kita dalam hal kecelakaan baik dalam diri kita maupun orang lain. Karena itu, mintalah sebanyak mungkin pengetahuan dan kejarlah sebanyak mungkin pengetahuan!

Contoh Keenam

Mari Kita Belajar Dengan Giat

Pro dan kontra dari hasil ujian nasional (UN) sebagai penentu tingkat siswa sebenarnya telah dibahas di masa lalu. Banyak yang menganggap itu tidak adil jika proses belajar tiga tahun di sekolah hanya ditentukan oleh ujian tertulis tiga hari. Akibatnya, tidak biasa bagi banyak siswa yang tidak serius untuk menjalani proses belajar di sekolah karena mereka percaya bahwa hal yang paling penting adalah bahwa mereka hanya dapat mengerjakan ujian nasional (UN).

Paradigma ini memunculkan fenomena pembelajaran “sistem akselerasi malam” (SKS) di kalangan siswa setiap kali mereka harus menghadapi ujian. Pada tahun 2008, pemerintah akhirnya mengeluarkan peraturan tentang kriteria kelulusan untuk siswa sekolah menengah, khususnya, yang mencakup nilai rapor setiap semester sebagai salah satu kriteria kelulusan atau, dengan kata lain, nilai rapor selama sekolah berkontribusi pada gelar. memuat.

Ini jelas mengubah pendapat siswa kurang lebih, di mana siswa diminta untuk mempertahankan konsistensi nilai mereka di setiap semester. Karena itu, kami mempersiapkan pengaturan kelulusan kami sesegera mungkin. Mulailah dengan belajar secara teratur, karena selain membantu ketika mengerjakan soal-soal ujian, belajar secara teratur juga membuat pemahaman kita tentang materi yang kita pelajari paling baik.

Selain itu, untuk siswa tahun terakhir sekolah menengah atas, studi mendalam adalah suatu keharusan karena nilai sekolah selain menentukan gelar juga kriteria yang harus dipertimbangkan dalam penerimaan siswa baru melalui SNMPTN (seleksi nasional untuk pendidikan tinggi negara) ). Kriteria yang dipertimbangkan dalam penerimaan siswa baru ke jalur SNMPTN meliputi: tanda rapor dari mata pelajaran yang berpartisipasi dalam ujian nasional, skor berdasarkan mata pelajaran yang berkaitan dengan jurusan yang dipilih dan konsistensi nilai di kelas.

Karena itu, Anda perlu memiliki bisnis yang tidak hanya dibangun dalam semalam, sehingga diperlukan konsistensi yang baik dalam pembelajaran. Ayo belajar keras mulai sekarang! Tidak ada kata terlambat untuk memulai, sebelum bertobat kemudian.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Teks Persuasi Pendidikan. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: