Contoh Feature

Posted on

Contoh Feature – Karangan khas (feature) adalah esai yang ditulis dalam gaya bahasa yang unik dan umum ditemukan di berbagai media massa, seperti surat kabar atau media online.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Feature. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Karakteristik , Struktur, Macam dan Contoh.

Pengertian

Feature itu cukup ringan untuk dibaca dibandingkan dengan artikel, opini atau esai secara umum. Feature ialah tulisan kreatif yang berfungsi untuk menginformasikan suatu peristiwa atau kehidupan seseorang yang penuh dengan ungkapan hiburan yang menarik.

Contoh Feature

Kisah feature sangat orisinal dan deskriptif. Bisa jadi dalam fitur yang penuh dengan orisinalitas dan deskripsi lucu dari penulis dan sedikit informasi. Atau, penulis menginformasikan lebih lanjut tentang pengamatannya dengan sedikit kesenangan. Fungsi menulis yang baik menggabungkan semua aspek dengan cara yang benar dan proporsional.

Cerita feature juga adalah artikel yang sangat kreatif, terkadang subjektif, yang utamanya bertujuan untuk membuat pembaca senang dan memberikan informasi tentang suatu peristiwa, situasi atau aspek kehidupan.

Karakteristik Feature

Adapun feature memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Menyenangkan dalam gaya penulisan linguistik.
  • Subyektif dalam penyampaian kata tertulis.
  • Kreatif dalam menciptakan ide.
  • Informatif dalam penulisan konten.

Struktur Feature

Adapun feature memiliki struktur atau susunan sebagai berikut:

  • Judul.
  • Lead atau Pembuka.
  • Transisi.
  • Body atau Tubuh.
  • Penutup.

Macam-Macam Feature

Adapun feature memiliki jenis atau macam sebagai berikut:

  • Biografi.
  • Sejarah.
  • Catatan unik atau catatan perjalanan.
  • Berita unggulan.
  • Ketertarikan manusia.
  • Kiat/Tips.

Contoh Feature

Berikut inilah contoh-contoh dalam pembuatan feature, yaitu sebagai berikut:

Contoh Feature 1

Burok, seni tradisi yang Mulai Tersisih

Bagi warga Cirebon dan sekitarnya, seni tradisi Burok harus akrab. Namun, tidak semua orang tahu bahwa seni pertunjukan burok yang sedang berkembang saat ini telah banyak berubah dibandingkan dengan aslinya. Menurut Untung, pemimpin kelompok seni “Mawar Merah” Burok, Desa Kesunean, Kota Cirebon, perubahan terjadi karena serangkaian upaya modifikasi, mengadopsi sejumlah elemen budaya lainnya. Upaya modifikasi ini harus dilakukan agar seni buron tidak dikecualikan dari seni pertunjukan lainnya yang lebih modern.

Jika kita tidak melakukan perubahan, seni buron pasti akan ditinggalkan, bahkan punah,katanya setelah mengadakan pertunjukan Burok pada perayaan khitan di Kompleks Ciremai Giri Blok, Kalijaga, Sabtu (2/7/2015) .

Untung mengungkapkan bahwa selama sekitar sepuluh tahun kelompok seni buron yang memimpin telah mengadopsi sejumlah elemen budaya lain untuk menghidupkan pertunjukan. “Pada awal tahun 1990, seni buronan jarang punya jawaban. Namun, ketika kami membuat sejumlah kreatif dengan mengadopsi sejumlah budaya lain, seni buruan mulai kembali ke banyak yang memanggil.” katanya.

Perubahan telah dilakukan, khususnya penambahan pelarian badawang (boneka besar) (bentuk kuda bersayap dengan kepala putri berkerudung yang indah). Seni asli Burok hanya berupa sosok utama buron Badawang, ditambah iringan Badawang dalam bentuk sejumlah binatang seperti harimau, gajah, dll., Diiringi musik pengiring.

Dia juga saat ini menambahkan tarian singa, sisingaan dan replika kereta Barong Kenya ke grup. Sisingaan mengadopsi seni tradisi Subang, sedangkan tarian singa mengadopsi seni Cina.

Sebelumnya, musik pengiring adalah genjring dari musik dog-dog. Namun, saat ini, karena zaman dan permintaan konsumen, musik pengiring penuh dengan penyanyi wanita. Sebelum prosesi, acara dibuka dengan pertunjukan kuda dan sejumlah tarian.

Setelah prosesi, pertunjukan dilanjutkan dengan aksi, sihir dan bahkan pertempuran dramatis antara tokoh-tokoh legendaris dari Cina, monyet ajaib Sun Go Kong dan tarian singa yang dimenangkan oleh Sun Go Kong.

Terlepas dari semua perubahan dalam seni buron yang tidak lagi asli, Ina Katharina mengungkapkan, ia sengaja mengundang pasukan seni buron untuk berterima kasih pada sunat putranya, karena ia ingin memperkenalkan tradisi seni Cirebon kepada putranya.

Contoh Feature 2

Dari Bau Mencari Perawatan

Andini masih berusia tiga bulan. Tetapi pada usia itu, ia harus melakukan perjalanan sepanjang malam melalui darat dan laut dari kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara ke Makassar. Perjalanan itu pasti lebih sulit bagi bocah malang itu karena kepalanya tumbuh lebih besar dengan hidrosefalus.

Ditemui oleh Tempo sore ini di salah satu kamar kantor radio FM Suara Celebes, Dini tampak tenang. Tidak ada suara. “Dia tidak pilih-pilih,” kata ayah Sabaruddin. Berbicara dengan sabar, dia dan istrinya Mawar tiba di Makassar dua hari yang lalu untuk mencari perawatan.

Sejak lahir, katanya, kepala Andini terlihat lebih besar dari kepala bayi biasa. Sekarang, kepalanya lebih besar dari ukuran kepala orang dewasa. Alisnya terangkat dan nadinya juga muncul dan terlihat jelas.

Menurut Mawar, ia merasa akan tertular penyakit itu sejak hamil. Perut saya selalu sakit di sebelah kanan, “katanya. Namun, ketika anak perempuannya yang kelima lahir pada 28 Desember tahun lalu dan terbukti hidrokep, keluarga ini tidak punya uang untuk merawat bayi itu.

Memang, hydrochepalus yang disebabkan oleh penyumbatan aliran cairan otak di tengkorak bayi sangat berbahaya. Karena itu, cairan terus diproduksi oleh otak dan memenuhi tengkorak.

Baru awal bulan ini ia memiliki kartu asuransi kesehatan masyarakat dan dibawa ke Pusat Kesehatan Distrik Muna, kemudian dirujuk ke rumah sakit umum kota Bau-Bau. “Dari sana kami menerima surat referensi ke Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar,” kata Sabar.

Ketika ia tiba di rumah sakit Wahidin dua hari yang lalu, Dini tidak diterima karena masalah administrasi. “Permintaan orang tua tercantum dalam surat referensi. Itulah masalahnya,” kata Sabar. Untungnya, saat di sana, dia bertemu Ida yang menawarkan bantuan dan menginap.

Ida adalah anggota Komunitas Peduli kota Makassar Suara Celebes FM. Di rumah Ida, Sabar dan keluarganya menghabiskan dua malam. “Untungnya, kami bertemu dengan Ms. Ida. Meskipun pada saat itu, kami sudah berencana untuk pergi ke pelabuhan untuk pulang,” kata Sabar.

Dari sini ia dibawa ke kantor radio Celebes untuk dilaporkan ke donor potensial. Setelah menyiarkan informasi melalui radio, ahli bedah saraf Pusat Medis Ratulangi bernama Willy menyatakan bahwa dia bersedia untuk mengelola Dini.

“Ini atas nama kemanusiaan. Saya belum tahu rumah sakit mana yang akan diambil. Tetapi Dr. Willy mengatakan dia bersedia membentuk tim untuk mengelola Andini,” kata Humairah dari Celebes Radio. Andini diharapkan akan dibawa ke tengah malam ini, dokter Ratulangi.

Contoh Feature 3

Kadun oleh petani untuk jurnalis potensial

Kesadaran bahwa pendidikan sangat penting bagi anak-anak mereka dan kewajiban untuk belajar adalah sumber dorongan bagi Kadun untuk memperjuangkan keinginan anak-anak mereka untuk menjadi kandidat jurnalis. Saya tidak tahu pekerjaan apa yang dia lakukan dan tidak masalah berapa biaya untuk membayar sekolah anak-anaknya.

Sejak 2010, putranya sudah mulai menghadiri pelajaran. Dengan modal sawah yang diperoleh selama musim panen terakhir, ia mampu menanggung biaya yang harus ia bayar. Dimulai dengan pembayaran DPP yang berspesialisasi dalam Komunikasi, yang cukup mahal, semua pembayaran pergi dari kampus ke pembayaran asrama.

Baca Juga :  Contoh EYD

Kadun adalah seorang petani di sebuah desa yang terletak di Kecamatan Pandaan, di Kabupaten Pasuruan. Umurnya yang setengah abad tidak menghalangi niat baik putranya untuk belajar. Dia tidak pernah lelah mengikuti rutinitas yang telah dia lakukan sejak dia masih kecil. Mulai pergi ke ladang sebelum matahari terbit, lalu pulang ke sholat Dhuhur dan kembali ke ladang lagi sebelum matahari terbenam.

“Ini adalah rutinitas saya setiap hari, kami tidak menyebutnya ke ladang tetapi ke kantor. Tidak hanya orang-orang kota yang pergi ke kantor. Bahkan petani seperti saya pergi ke kantor, yaitu sawah,” katanya dengan tertawa kecil.

Ayah tiga anak ini tidak ingin nasib putranya berakhir seperti dirinya yang harus putus sekolah karena keterbatasan dana. Dia benar-benar lahir dari keluarga miskin dari pasangan tani Syukur (almarhum) dan Warsini (almarhum). Semua pekerjaan yang dia lakukan untuk menutupi biaya hidupnya. Mulai menjadi petani, pelikan panggul menjadi pialang gandum di desanya.

Jika petani lain kaya hasil panen mereka ketika waktu panen tiba, tidak dengan petani ini. Pekerjaan yang dia lakukan sebagai perantara beras di desanya mengharuskan dia berhutang untuk menutupi pembayaran gabah yang telah dijual kepadanya. Dia harus membawa biji-bijian yang telah dijual kepadanya, satu per satu karung gandum yang dia bawa ke gudang dengan sepeda motor Suzuki tua. Tas demi tas, dia mengangkat dirinya sendiri pada skala untuk ditimbang. Lalu ia dengan rapi mengatur tumpukan gandum di gudang menunggu giliran mereka mengering dan menunggu saat yang tepat untuk dijual untuk mendapatkan keuntungan sepadan. Namun, tidak jarang, ia juga mengalami kerugian jika harga gandum atau kedelai turun setiap saat.

Tidak mudah baginya untuk menjadi petani. Itu harus mampu memutar otak sehingga tanaman dapat memenuhi semua kebutuhan hidup. Meskipun pengembaliannya dihitung seperti banyak, tetapi manfaat sebenarnya yang diperoleh tidak sebanding dengan modal yang digunakan untuk menanam kembali ladang dan perawatan mereka.

Sekalipun dia hanya seorang petani, dia benar-benar memahami pentingnya pendidikan untuk anak-anaknya. Ia memahami bahwa perkembangan dunia tidak dapat dipungkiri akan maju. Jika anak-anak mereka tidak mendapatkan pendidikan, mereka akan jauh tertinggal. Semua ini karena tugasnya sebagai orang tua untuk mengirim anak-anak mereka ke sekolah.

Jika orang-orang di desanya memilih untuk mendukung pendidikan anak-anak mereka ke sekolah menengah dan tidak, dengan Cak Kat, nama panggilannya. Cak Kat sangat sedih melihat kenyataan apa yang terjadi di desanya. Namun, menurut dia, jika dilihat secara ekonomi, mereka lebih mampu dan bahkan lebih mampu mengirim anak-anak mereka ke perguruan tinggi.

Berbicara sedikit tentang kondisi desanya, katkat mengatakan bahwa dari ratusan anak muda di desanya, orang dapat mengandalkan jari yang ingin melanjutkan pendidikan mereka dan mengetahui pentingnya pendidikan. Beberapa orang tua masih belum memahami pentingnya belajar, serta anak-anak mereka. Apa yang terlintas dalam pikiran adalah bagaimana mendapatkan pekerjaan dengan ijazah sekolah menengah.

Bahkan publik yang sebelumnya pesimistis tidak akan dapat menyelesaikan administrasi pembayaran selama sekolah. “Memang, jika mereka berniat dan ingin memastikan bahwa mereka difasilitasi oleh Tuhan, ketentuan itu sudah diatur, terutama untuk pendidikan hanya ada rezeki yang datang ketika waktu pembayaran tiba,” katanya dengan percaya diri.

Cak Kat sangat bersyukur bahwa anak-anaknya memahami pentingnya pendidikan. Dia hanya harus mendukung dan berdoa. Sosok ramah ini tidak mau apa yang dia alami dari putranya. Dia juga mencoba yang terbaik untuk mengorbankan apapun demi putranya. Satu-satunya hal yang ia pikirkan adalah bagaimana menemukan berkah untuk mendukung biaya sekolah anak-anaknya. Tidak peduli bagaimana keadaan dinding rumah mulai mengelupas, tidak masalah bagaimana atap rumah mulai bocor dan tidak peduli berapa umur sepeda motor yang menyertai aktivitas sehari-hari. Baginya jika semuanya masih bisa digunakan, ia tidak akan menggantinya dengan yang baru.

Menurutnya, belajar setinggi mungkin itu penting. Orang-orang yang memiliki pengetahuan dan dapat mengambil manfaat dari komunitas akan memiliki gelar mereka. Tidak ingin disusul oleh anak-anaknya, ia juga belajar dengan caranya sendiri. Suami Nasi’ah ini biasanya membaca interpretasi ayat demi ayat yang ditemukan dalam Al Qur’an untuk membuat hati dan pikirannya damai. Dengan cara ini, itu berarti bahwa dia menambahkan beberapa pengetahuan ke dalam memori bahwa dia harus berlatih suatu hari nanti jika perlu.

Kadun sebagai ayah dan kepala keluarga tidak memaksa anak-anaknya untuk mengikuti kehendaknya dalam menentukan masa depan. Dia percaya pada setiap anak-anaknya di masa depan. Karena menurutnya, siapa yang akan menjalani kehidupan putranya, bukan dia, dia hanya harus mengarahkan dan berdoa untuk apa yang dilakukan anak-anaknya untuk mencapai masa depan yang diinginkan.

Termasuk pilihan yang dikelola oleh putri keduanya yang memilih untuk bertarung melawan dunia jurnalisme. Sebenarnya, katak tidak setuju dengan pilihan putranya, tetapi dia menyadari bahwa bidang yang diminati adalah putrinya satu-satunya. Baginya, menjadi seorang jurnalis agak berat, seorang jurnalis harus bolak-balik setelah mengejar sumber untuk mendapatkan informasi. Seorang wartawan harus dijaga agar tetap hidup di bawah tekanan garis kematian. Seorang jurnalis pasti akan menghabiskan waktunya untuk terjun ke lapangan dengan risiko kematian yang ia ancam kapan saja, terutama jika, misalnya, ia nantinya akan ditugaskan ke daerah konflik.

“Sebenarnya, saya setuju nanti, anak saya menjadi guru karena dia seorang wanita,” kata pria ramah ini. Namun, dia menyadari bahwa dia tidak bisa memaksakan kehendaknya. Dengan caranya sendiri, dia mencintai putra dan putrinya. Sosok ayah ini memungkinkan putranya berjalan di jalur kesuksesan masing-masing. Saya tidak tahu apa yang akan dilakukan anak-anak mereka, selama itu adalah pekerjaan legal dengan sepenuh hati orang tua mereka, mereka akan selalu mendukung dan berdoa. “Kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi di masa depan, yang terpenting sekarang mari kita coba dan berdoa. Semuanya telah ditentukan,” kata cak Kad, dengan percaya diri dan tegas.

Sebagai penutup cerita, sebagai orangtua ia berharap bahwa di mana pun putra dan putrinya berada, putra-putranya akan dapat mempraktikkan pengetahuan yang telah ia peroleh sekarang untuk membantu memajukan bangsa dan negara. Dia berharap suatu hari anak-anaknya akan bermanfaat bagi masyarakat. Karena dia percaya bahwa betapa bermanfaatnya manusia bagi manusia lain.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Feature. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: