Contoh Sinopsis

Posted on

Contoh Sinopsis – Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, sinopsis didefinisikan sebagai ringkasan dari esai yang biasanya diterbitkan bersama dengan sinopsis.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Sinopsis. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Fungsi, Karakteristik dan Contoh.

Pengertian

Sinopsis umumnya digunakan sebagai prolog ke sebuah naskah yang sengaja dibuat untuk memudahkan publik untuk mengetahui dan memahami secara singkat isi naskah itu sendiri. Disebut ringkasan karena sinopsisnya hanya beberapa halaman atau seperlima dari isi teks yang digunakan

Contoh Sinopsis

Sinopsis ialah ringkasan atau deskripsi teks yang menjelaskan isi film, buku, atau pertunjukan yang dilakukan (baik secara konkret dan abstrackly).

Dalam satu sinopsis, keindahan gaya bahasa, ilustrasi dan penjelasannya akan dihapus, tetapi akan tetap mempertahankan konten dan gagasan penulis. Sinopsis umumnya dibatasi oleh jumlah halaman, misalnya dua atau tiga halaman, seperlima atau sepersepuluh dari panjang esai asli.

Fungsi Dari Sinopsis

Adapun fungsi dari sinopsis ini ialah sebagai berikut:

  • Sebagai prolog atau epilog untuk karya tulis, naskah juga akan dipentaskan.
  • Sebagai draft panduan bagi pemain atau aktor untuk berimprovisasi.
  • Berikan informasi atau deskripsi singkat atau singkat tentang isi cerita atau buku.
  • Berikan gambaran yang jelas tentang urutan, sejarah cerita dalam teks atau buku.

Karakteristik Dari Sinopsis

Adapun karakteristik dari sinopsis ini ialah sebagai berikut:

  • Bahasa yang digunakan harus menggunakan jenis bahasa persuasif atau dalam bentuk ajakan dan persuasi sehingga pembaca potensial tertarik membaca buku.
  • Tampilkan konflik secara detail, ringkas dan menarik.
  • Potensi pembaca yang menarik.
  • Plot disusun secara berurutan dari awal hingga akhir dan bersifat kronologis dan tepat.
  • Plot atau alur sinopsis harus sama dengan plot aslinya.

Contoh Sinopsis

Berikut inilah contoh-contoh sinopsis di bawah ini, yaitu sebagai berikut:

Contoh Sinopsis Pertama

Negri 5 Menara

Alif lahir di tepi Danau Maninjau dan tidak pernah menjejakkan kaki di luar kerajaan Minangkabau. Perburuan masa kecilnya untuk Durian runtuh di hutan Bukit Barisan, bermain sepak bola di sawah berlumpur dan tentu saja mandi di perairan biru Danau Maninjau.

Tiba-tiba dia harus naik bus selama tiga hari tiga malam melalui punggung Sumatera dan Jawa ke sebuah desa di Jawa Timur. Ibunya ingin menjadi Buya Hamka meskipun Alif ingin menjadi Habibie. Dengan enggan dia mengikuti perintah ibunya: dia belajar di pondok.

Di kelas pada hari pertama di Pondok Madani (PM), Alif terkejut dengan “pesona” ajaib Man Jadda Wa Jadda. Siapa yang benar-benar perlu sukses.

Dia kagum mendengar seorang komentator sepakbola Arab, seorang anak delusi dalam bahasa Inggris, menggigil mendengar ribuan orang menyanyikan puisi Abu Nawas dan terkesan melihat gubuknya setiap pagi ketika melayang di udara.

Contoh Sinopsis Kedua

Para Priyayi

Novel ini menceritakan kisah Soedarsono, putra dari keluarga buruh tani yang orang tua dan kerabatnya harus “pemula” untuk membangun dinasti keluarga priyayi kecil. Berkat dorongan asisten Wedana Ndoro Seten, ia bisa pergi ke sekolah dan kemudian menjadi guru desa.

Dari sini ia memasuki elite birokrasi sebagai prijayi pangreh praja. Ketiga anaknya melewati era Belanda dan era Jepang tumbuh sebagai perwira PETA dan asisten istri Wedana. Cita-cita keluarga berhasil. Apakah ini benar? Jadi apa sebenarnya “priyayi”? Status kelas? Pandangan dunia dari kelas menengah elit birokrasi? Hanya gaya hidup? Atau semuanya?

Contoh Sinopsis Ketiga

1984

Sepanjang hidupnya, Winston telah berusaha menjadi warga negara yang baik dengan mematuhi setiap aturan Partai meskipun jauh di lubuk hati dan pikirannya ia tidak menyukai kediktatoran di negaranya. Meski begitu, Winston tidak berani bertarung secara terbuka.

Baca Juga :  Contoh Kalimat Definisi

Tidak mengherankan, karena pemikiran polisi, teleskop dan mikrofon tersembunyi membuat privasi seperti fantasi. Memang, sejarah ditulis ulang sesuai dengan kehendak Partai. Negara memiliki kekuasaan absolut atas rakyatnya. Beberapa atau yang bertentangan akan segera diuapkan.

1984 adalah sindiran akut, yang menyajikan gambaran kehidupan masa depan masyarakat totaliter di mana setiap gerakan kota dipelajari, setiap kata yang diucapkan dieksploitasi dan setiap pemikiran dikendalikan. Sampai sekarang, 1984 adalah pekerjaan penting Orwell yang membawanya ke puncak ketenaran.

Contoh Sinopsis Keempat

Jomblo Narsis

Status lajang ternyata mengganggu bagi jono, dia benar-benar menginginkan pacara selama lima tahun terakhir dalam hidupnya, kebosanan tunggalnya akhirnya membuatnya memutuskan untuk mencari anak laki-laki sekarang. Berbagai metode diadopsi, hingga akhirnya ia dibantu oleh sahabatnya, Niko mencari keberuntungan mendapatkan pacara melalui dunia maya.

Dengan satu upaya, Jono segera bertemu dengan kenalan, perkenalan tidak berhenti sampai di situ dan mereka tetap berhubungan sampai tahap berikutnya. Namun, semuanya tidak bekerja dengan sempurna, kekecewaan dan rasa pahit tidak bisa lagi dihindari. Sama halnya dengan Niko yang pasti memiliki hati yang hancur. Tetapi apakah pertarungan berhenti di sini? apa status single yang sudah berpakaian lagi ???

Contoh Sinopsis Kelima

Laskar pelangi

Sinopsis Laskar Pelangi novel tidak akan bernilai, kecuali teman ingin belajar bagaimana menjadi mandiri dan tulus ketika mereka mencapai tujuan mereka.

Laskar Pelangi adalah model yang harus diikuti, selama kami juga ingin khawatir tentang keadaan. Seperti pelangi yang datang setelah hujan.

Cerita ini terjadi di sebuah desa bernama Gantung, kabupaten Gantung, Belitong Timur. Itu dimulai ketika sekolah-sekolah Muhammadiyah mengancam akan dibubarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Sumatra Selatan jika tidak mencapai 10 siswa baru. Pada waktu itu hanya 9 anak menghadiri upacara pembukaan, tetapi tepat ketika Pak Harfan, kepala sekolah, akan berpidato untuk menutup sekolah, Harun dan ibunya datang untuk mendaftar ke sekolah kecil.

Mulai dari awal cerita. Mulai dari lokasi kursi, dari pertemuan dengan Pak Harfan, perkenalan mereka luar biasa ketika A Kiong tersenyum ketika ditanya tentang guru mereka, Bu Mus. Peristiwa bodoh dilakukan oleh Borek, pemilihan pemimpin kelas yang sangat diprotes oleh Kucai, acara penemuan bakat luar biasa Mahar, pengalaman cinta pertama Ikal, bertaruh pada kehidupan Lintang mengayuh sepeda sekitar 80 km perjalanan pulang pergi dari rumahnya ke sekolah!

Mereka, Laskar Pelangi – nama yang diberikan oleh Ibu Muslimah untuk kesenangan mereka dalam pelangi – juga memiliki nama sekolah dengan berbagai cara. Misalnya balas dendam Mahar yang selalu memojokkan teman-temannya untuk kesenangannya dalam ilmu gaib yang mengarah pada kemenangan manis di karnaval pada 17 Agustus, dan jenius luar biasa Lintang yang menantang dan mengalahkan Drs.

Zulfikar, seorang guru PN kaya dengan ijazah, juga terkenal dan memenangkan kompetisi kuis. Laskar Pelangi menavigasi hari-hari bersenang-senang, tertawa dan menangis bersama. Kisah sepuluh kawanan berakhir dengan kematian ayah Lintang yang memaksa Einstein kecil untuk meninggalkan sekolah dengan cara yang sangat menyentuh, diikuti oleh suatu peristiwa 12 tahun kemudian di mana Ikal yang berperang di pulau Belitong kembali ke tempat asalnya. desa. Kisah indah ini disimpulkan oleh perasaan lucu dan menyentuh dari Andrea Hirata, kita bahkan dapat merasakan antusiasme kekanak-kanakan dari sepuluh anggota Laskar Pelangi!

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Sinopsis. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: