Contoh Novel

Posted on

Contoh Novel – Membaca novel adalah kegiatan hiburan yang dapat dilakukan ketika Anda memiliki waktu luang. Karakter-karakter dalam novel biasanya akan disorot dalam karakter dan sifat.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Novel. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Tujuan dan Contoh.

Pengertian

Novel didefinisikan sebagai esai prosa panjang dan berisi cerita tentang kehidupan dan lingkungan seseorang.

Contoh Novel

Dalam hal isi cerita, novel-novel itu tidak hanya menceritakan tentang kehidupan seseorang, tetapi juga tentang lingkungan dan orang-orang di sekitarnya. Ini berbeda dari cerita yang hanya menceritakan kehidupan karakter secara spesifik dan terperinci.

Untuk mengetahui seperti apa isi sebuah novel, di artikel ini salah satu contoh bagian dari novel yang akan ditampilkan secara singkat, di mana contohnya sebagai berikut.

Tujuan Dari Novel

Adapun tujuan dari novel ini ialah sebagai berikut:

  • Berikan pengalaman estetika kepada pembaca.
  • Mengirimkan niat penulis kepada pembaca.
  • Bersedia memberikan informasi atau wawasan dan memperluas pengetahuan.

Contoh Novel

Berikut inilah contoh-contoh dari pembuatan novel, diantaranya ialah sebagai berikut:

Contoh Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Novel ini berkisah tentang dua orang yang saling mencintai dengan rasa tulus, tulus dan suci. Di balik kisah cinta mereka, ada latar belakang aturan biasa yang sangat mudah. Kebiasaan Minang pada waktu itu berasumsi bahwa warisan itu dapat membuat orang tidak setuju.

Zainuddin, seorang yatim piatu dengan nasib buruk, diusir dari tanah kelahirannya, Makassar. Itu sia-sia karena ibunya berasal dari Makassar dan kemudian menikah dengan ayahnya yang berasal dari Minang.

Awalnya Zainuddin tidak tahu bahwa tanah airnya adalah negara Minangkabau. Dia hanya belajar tentang hal itu ketika ayahnya menyampaikan pesan terakhir. Maka suatu hari Zainuddin memutuskan untuk mengunjungi Padang Panjang.

Awalnya Zainuddin senang, tetapi setelah tiba di sana ia masih dianggap orang asing, sampai perasaan senangnya memudar. Dengan berlalunya waktu ia mulai bosan dengan situasi dan pada saat itu ia bertemu Hayati.

Hayati, seorang gadis Minang yang membuat Zainuddin dan Hayati terpesona juga membuatnya tinggal di sana. Karena pada saat itu belum ada teknologi komunikasi modern, keduanya berkomunikasi dengan media korespondensi.

Seiring waktu, mereka mengalami perasaan yang sama bahwa mereka jatuh cinta. Berita tentang hubungan mereka menyebar ke titik di mana orang Minang berbicara. Keluarga Hayati adalah keluarga leluhur termasyhur.

Mamaknya Hayati percaya bahwa berita tentang hubungan mereka akan memalukan bagi keluarga yang dihormati. Kemudian mamak Hayati memanggil Zainuddin dan menyuruhnya meninggalkan negara Batipuh. Akhirnya Zainuddin pergi ke Pandang Panjang.

Sebelum pergi, Hayati memiliki kesempatan untuk bertemu Zainuddin, yang keduanya berjanji satu sama lain untuk terus setia dan untuk selalu mengirim surat.

Suatu hari Hayati mengunjungi Padang Panjang dan mengunjungi rumah temannya Khadijah. Hayati merasa senang karena dia memiliki kesempatan untuk melepaskan keinginannya bersama Zainuddin.

Kekurangan
Karakter dalam contoh novel kritis tidak dijelaskan secara rinci tentang sifatnya. Jadi jika dia bukan seorang novelis, akan sulit untuk memahami karakter masing-masing karakter. Karena latar belakang tempat yang terletak di Tanah Minang, ada beberapa kata yang menggunakan bahasa lokal atau Melayu.

Kelebihan
Tulis plot yang sangat alami khas Buya Hamka. Dari segi struktur bahasanya mudah dipahami. Ini berisi banyak pesan mandat, terutama di bidang budaya.

Contoh Novel Negeri 5 Menara

Novel 5 Menara, sebuah karya sastra milik Ahmad Fuadi yang telah dinominasikan untuk sebuah film. Membawa tema agama dan moral. Karakter utama novel ini disebut Alif.

Alif lahir di tanah Minangkabau, lahir di tepi Danau Maninjau dan tidak pernah menginjak tanah di luar Minangkabau. Sejak kecil, Alif memiliki cita-cita untuk menjadi B. J. Habibie.

Untuk alasan ini, ia telah merencanakan, setelah lulus dari sekolah menengah, untuk melanjutkan studinya ke sekolah menengah negeri di Padang, dengan harapan membuatnya lebih mudah untuk lulus kuliah di universitas-universitas terkait.

Di sisi lain, Amak Alif ingin dia menjadi penerus Buya Hamka, membuat impian dan harapan Alif gagal. Alif diberi pilihan, ingin pergi ke sekolah agama atau belajar di kolam pesantren. Dia kesal, tetapi pada akhirnya Alif tulus, karena dia tidak ingin mengecewakan harapan orang tuanya, terutama para ibu. Alif menuruti keinginan ibunya dan memasuki kabin.

Alif menerima saran dari pamannya, yang berada di Kairo, untuk melanjutkan di pondok di Jawa Timur, khususnya Pondok Madani (Pondok Pesantren Modern Pondok Gontor).

Awalnya Amak berat karena dia lebih suka tinggal di Jawa. Tetapi dengan pertimbangan Alif karena ia tidak pernah keluar dari pemerintahan Minang, wali akhirnya menyetujui keinginan Alif.

Awalnya, Alif belajar dengan hati-hati di pondok, karena ia harus melepaskan cita-citanya bahwa mereka ingin belajar di ITB, sehingga mereka bisa seperti Habibie. Alif berubah pikiran ketika mendengar frasa Arab pada hari pertama di Pondok Madani, ia melanjutkan pendidikannya di pesantren.

Ungkapan yang bisa membuatnya berubah pikiran adalah mantra sihir yang diberikan oleh Kiai Rais (kepala pondok), yaitu “Man Jadda Wajada” yang berarti “siapa yang yakin akan berhasil”.

Di Pondok Madani, Alif memiliki teman-teman baru dari berbagai daerah, ada Raja dari Medan, Dulmajid dari Sumenep, Said dari Surabaya, Atang dari Bandung dan Baso dari Gowa. Alif menyadari bahwa kehidupan di Pesantren tidak semudah dan rutin seperti pergi ke sekolah.

Setiap hari Alif dan teman-temannya dipadati kegiatan seperti menghafal Al-Quran, belajar siang dan malam, belajar bahasa Inggris dan Arab dalam 6 bulan pertama. Karena Pondok Madani tidak berlaku bahasa Indonesia.

Di Pondok Madani, semua siswa diwajibkan untuk berbicara bahasa Inggris dan Arab. Dan bahkan dengan peraturan ketat, bahkan pelanggaran kecil pun akan dihukum. Pada tahun pertama, Alif dan teman-temannya merasa sangat berat karena dia masih dalam proses penyesuaian dengan peraturan yang ada.

Hal yang paling sulit dihadapi adalah saat ujian, semua siswa belajar terus menerus dalam waktu 24 jam, hanya beberapa menit ada waktu untuk tidur. Karena mereka harus mempersiapkan fisik dan mental untuk mengikuti ujian 15 hari.

Memasuki tahun kedua, Alif dan kawan-kawan merasa bahwa hidup lebih berwarna dan penuh dengan pengalaman yang tak terlupakan. Persahabatan itu begitu kompak sehingga suatu hari ada sesuatu yang tidak terduga, Baso, sahabat Alif yang memutuskan untuk meninggalkan rumah, karena masalah ekonomi dan keluarga.

Dengan kepergian Baso, Alif dan teman-temannya tergerak untuk menyelesaikan pendidikan mereka di Pondok Madani dan menjadi orang-orang sukses yang mampu memenuhi impian mereka, yang harus menginjakkan kaki di benua Eropa dan Amerika.

Dan akhirnya, mimpi keenam menjadi kenyataan. Alif dan teman-temannya telah berkunjung ke lima negara yang berbeda, sesuai dengan apa yang mereka impikan dan lukis di awan. Alif ada di Amerika, Atang di Afrika, Raja di Eropa, Baso di Asia, jadi Said dan Dulmajid berada di Republik Indonesia tercinta.

Jangan pernah meremehkan mimpi, bahkan setinggi apa pun. Allah adalah pendengar yang baik.

MAN JADDA WAJADDA.

Kekurangan
Ada beberapa kekurangan, terutama dari ketinggian sejarah yang tidak begitu penting. Dan ada sedikit penjelasan tentang kehidupan beberapa karakter di akhir cerita, contoh ulasannya.

Kelebihan
Penulis, A. Fuadi, menggambarkan kehidupan di pesantren sebagai nyata, sehingga banyak orang yang ingin tahu lebih banyak tentang dunia pesantren sebagai pusat pendidikan Islam. Padat dengan motivasi, impian dari berbagai ukuran dapat diwujudkan atas dasar tekad, perjuangan, keluarga dan persahabatan.

Contoh Novel Surat Kecil Untuk Tuhan

Sebuah surat kecil kepada Tuhan ditulis oleh seorang penulis yang memulai karirnya sebagai blogger amatir, yaitu Agnes Davonar. Namun, karena Agnes memiliki ketekunan dan antusiasme, ia terus berkembang menjadi seorang penulis yang melahirkan lima novel online dan 42 cerita pendek.

Novel ini, berjudul A Little Letter to God, adalah salah satu karya sastranya. Novel ini menceritakan tentang perjuangan seorang gadis remaja melawan kanker ganas, yaitu rhabdomyosarcoma adalah kanker jaringan lunak.

Seorang gadis yang diceritakan dalam novel ini bernama Gita Sessa Wanda Cantika, mungkin dikenal sebagai mantan artis di era 1998. Gita ini adalah karakter utama dalam novel Little Letter to God, dihukum karena menderita kanker ganas. dan memperkirakan hidupnya hanya 5 hari.

Keke (nama panggilan) dipengaruhi oleh tumor jaringan lunak yang mengikis bagian wajahnya, sehingga ia terlihat buruk sebagai monster. Bahkan jika situasinya seperti ini, Keke masih harus berjuang untuk hidup dan mengejar pendidikan seperti gadis normal lainnya.

Kanker dirahasiakan oleh orang tuanya karena mereka kesulitan membuat keputusan dan tidak tahan melihat setengah dari wajah putrinya yang harus hilang jika dia dioperasi. Tetapi pada akhirnya Keke mengetahui bahwa dia telah terkena tumor ganas, kemudian mengundurkan diri dan tidak marah kepada siapa pun yang merahasiakan kejahatannya.

Keke tersenyum pada semua orang dan menunjukkan perjuangannya bahwa meskipun diserang oleh tumor ganas di wajahnya, ia masih bisa mendapatkan dan menjalani kehidupan normal seperti kebanyakan orang.

Baca Juga :  Kalimat Efektif

Perjuangan ayahnya untuk menyelamatkan putrinya dari penyakit ganas telah sangat menyentuh. Ayahnya, Joddy, tidak menyerah, terus berjuang agar putri kesayangannya bisa dibebaskan dari hukuman mati. Dia terus mencari pengobatan alternatif di seluruh Indonesia, tetapi hasilnya nol. Pada akhirnya kita harus merujuk pada ilmu kedokteran, dan menurut dokter ada cara lain yang dapat menghancurkan kanker ganas, yaitu dengan kemoterapi.

Mukjizat Tuhan membuat Keke lebih banyak waktu untuk bersama keluarganya dan teman-teman terkasihnya. Kanker ganas adalah kasus pertama yang terjadi di Indonesia dan menjadi viral pada saat itu. Sehingga menimbulkan perdebatan di kalangan medis, karena kanker umumnya terjadi pada orang tua.

Tetapi kanker telah kembali, Keke masih berterima kasih kepada Tuhan karena menerima napas lebih lama dari hukuman 5 hari sampai bisa bertahan selama 3 tahun. Kanker kembali ke posisi yang berbeda lagi, yaitu ke pelipis mata kanan.

Sang ayah memutuskan untuk mencoba perawatan di Singapura, dokter menyarankan operasi. Tetapi mereka kembali ke Indonesia dengan kondisi yang semakin buruk, kanker ganas menyerang semakin banyak organ, seperti jantung dan paru-paru.

Dalam kondisi seperti itu, Keke masih mendukung semangat belajar. Dia tetap diam di sekolah, meskipun kaki dan tangannya tidak bisa lagi digerakkan. Seiring waktu kondisi keke tidak membaik, sehingga ia dirawat di rumah sakit lagi di rumah sakit Cipto Mangunkusumo, di mana ia koma selama tiga hari.

Dalam kondisi seperti itu ada berita yang menggembirakan bagi Keke dan juga bagi keluarganya, Allah. Akibatnya, ia memberikan tes berdasarkan kemampuan pelayan Anda. Keke membuktikan semua ini, Keke memenangkan tempat ketiga dalam ujian sekolah terakhir di kelasnya.

Akhirnya dokter menyerah pada kanker ganas. Dalam napas terakhir Keke menulis surat kecil kepada Tuhan, napasnya berakhir pada 25 Desember 2006, segera setelah melakukan puasa terakhir dan Idul Fitri bersama keluarga dan teman-temannya.

kekurangan
Ada beberapa kata kiasan yang sulit dipahami pembaca.

Kelebihan
Contoh resensi buku ini adalah bahwa kisahnya memilukan dan membuat pembaca tenggelam dalam imajinasi. Sejarah diangkat dari kehidupan nyata. Ada beberapa foto dalam novelnya saat Keke melawan kanker ganas.

Contoh Novel London

London, sebuah novel imajiner yang menceritakan tentang seorang pria yang berprofesi sebagai novelis cinta bernama Gilang. Gilang memiliki sahabat bernama Ning yang jatuh cinta pada seni rupa.

Gilang dan Ning telah berteman selama empat belas tahun. Teman menjadi cinta, itulah yang dirasakan Gilang. Ning, yang memilih pergi ke London, Inggris, untuk mengejar mimpinya pergi ke sekolah dan bekerja di galeri seni, terbukti menjadi harapan di kedalaman Gilang.

Suatu malam di pub Jakarta, Gilang memberi tahu teman-temannya bahwa ia akan mengikuti Ning ke London. Niat yang mengikuti Ning di London adalah untuk menyatakan cintanya bahwa dia hanya bersembunyi. Namun, menyatakan cinta itu tidak mudah. Just the City of London mengarahkannya ke seorang wanita misterius dengan rambut keriting, yang dia sebut Goldilocks.

Gadis ini selalu muncul saat hujan dan kemudian menghilang hanya ketika hujan berhenti. Sementara itu, cinta yang ia kejar belum ditemukan. Akankah Gilang bisa bertemu Ning untuk mengekspresikan cintanya? Atau lebih tepatnya, dia terjebak dalam permainan Goldilocks yang selalu muncul tiba-tiba saat hujan dan ketika hujan reda itu menghilang dengan cepat seperti kilat.

Kekurangan
Sampul buku tidak dikerjakan dengan tertib. Jika memiliki latar belakang Tower of London, itu akan sempurna.

Kelebihan
Plotnya penuh dengan konten yang menarik untuk pembaca muda dan dewasa. Gaya bahasa dan tulisan juga bersih, sehingga menyenangkan untuk dihargai. Penjelasan temannya sangat rinci, seolah ingin membawa imajinasi pembaca untuk menikmati sudut Kota London.

Contoh Novel Ayah

Setelah tidak merilis karya barunya untuk waktu yang lama, pada tahun 2015 Andrea Hirata muncul dengan merilis novel barunya yang berjudul Ayah. Novel Ayah masih merupakan trilogi dari novel sebelumnya, yaitu Laskar Pelangi.

Latar utama cerita ini masih di Belitong. Ceritanya tentang 4 teman bernama Sabari, Ukun, Tamat dan Toharun. Keempat temannya pergi ke sekolah yang sama. Penulis, Andrea Hirata, mengambil cerita dengan menceritakan kehidupan sehari-hari mereka dan asal keluarga masing-masing.

Ciri-ciri karakternya mirip dengan novel Laskar Pelangi, yang masing-masing memiliki karakter unik. Tidak dapat dipungkiri jika mereka naif dan polos, tetapi terkadang mereka juga cerdas.

Sabari dikatakan telah jatuh cinta dengan seorang gadis bernama Lena dari sekolah menengah. Sabari tidak menyerah, meskipun pada kenyataannya gadis itu tidak peduli padanya. Dia sering menulis puisi dan memajangnya di majalah dinding sekolah. Beberapa kali Lena juga menjawab melalui papan pengumuman.

Tak lama kemudian, ketika Sabari dewasa, Lena tidak bisa dilupakan olehnya. Suatu hari ia menerima kabar bahwa Lena hamil di luar pernikahan. Saat itu, Sabari bekerja di pabrik batu bata milik ayah Lena, Markoni.

Akhirnya Sabari bersedia menikahi Lena, untuk menyelamatkan nama baik Markoni yang tidak cocok dengan putranya.

Bayi yang lahir dari rahim Lena menerima nama Zorro dari Sabari, karena ketika bayi tidak mau melepas boneka Zorro ketika diberikan kepadanya. Sabari ingin terus memeluk putranya, dia sangat menyukai putranya. Sabari selalu membayangkan sebuah rencana yang akan terwujud kemudian jika putranya tumbuh dewasa, hingga setiap malam dia kesulitan tidur karena dia memikirkannya.

Sabari tulus ketika Lena menolak untuk tinggal bersamanya dan Zorro. Beberapa tahun kemudian Lena mengajukan cerai dan menikah lagi tiga kali. Dan pada akhirnya Zorro diambil oleh Lena. Sejak itu Sabari terlihat dan bertindak seperti orang gila.

Kekurangan
Ada beberapa kisah yang saling bertentangan, yang isinya tidak terlalu penting dan keluar dari tema utama.

Ini adalah diskusi tentang contoh novel kritis, kami juga memberikan pemahaman bersama dengan penjelasan lain sehingga Anda dapat lebih memahami dan meninjau buku dengan mudah.

Kelebihan
Pembaca tidak akan merasa lelah ketika membaca, karena ceritanya dibagi menjadi beberapa bab pendek. Ada beberapa informasi di halaman terakhir tentang penerbitan buku Andrea yang sudah ada. Kisah itu dominan dalam aspek cinta dan persahabatan.

Gaya bahasanya juga kompleks, khas tulisan Andrea yang sederhana, sehingga mudah dipahami oleh pembaca dari semua lapisan masyarakat.

Contoh Novel Pudarnya Pesona Cleopatra

Novel yang ditulis oleh penulis Habiburrahman yang terkenal, El Shirazy. Novel ini menceritakan tentang seorang lelaki yang menjadi tokoh utama. Pria sebagai tokoh utama dalam novel ini adalah pernikahan yang digabungkan dengan seorang wanita bernama Raihana, putri teman ibunya.

Raihana sedikit lebih tua darinya, dua tahun lebih tua. Ibunya melembagakan dia karena dia menganggap Raihana seorang wanita yang cerdas, dia adalah lulusan terbaik di kampusnya dan seorang hafidzoh Qur’an.

Namun, meskipun lelaki itu mengagumi keindahan wajah perempuan Mesir lainnya, ia tetap menikahi Raihana sebagai bentuk pengabdian kepada ibu tercintanya.

Dua bulan setelah pernikahan, pria itu tidak bisa menumbuhkan cinta untuk Raihana. Dia tidak menunjukkan cinta dan kasih sayang untuk istrinya, dan mereka belum tidur di tempat tidur selama sebulan.

Pada saat-saat seperti itu Raihana merasa sedih, tetapi harus terus memenuhi kewajibannya sebagai seorang istri. Pada usia pernikahan satu tahun, Raihana hamil. Saat itu kehamilan Raihana sudah berusia satu bulan.

Raihana meminta izin untuk tinggal bersama ibunya sampai persidangan yang mengarah pada kelahiran putranya, sehingga suaminya mengizinkannya.

Ketika pria itu sedang dalam perjalanan bisnis dengan rekannya. Rekannya yang bernama Pak Agung menceritakan pengalaman pahitnya menikahi seorang wanita Mesir. Segera, pesona wanita Mesir yang selalu menaungi pria itu mulai memudar.

Pada saat itu lelaki itu langsung teringat istrinya, Raihana, yang telah meninggalkan rumah ayah mertuanya. Pria itu segera kembali ke rumah, lalu mengambil ATM Raihana dan tiba-tiba menemukan sebuah amplop merah muda berisi surat tentang perasaan Raihana terhadap suaminya terhadapnya.

Dalam surat itu, Raihana menulis tentang seberapa besar cinta untuk suaminya. Pada saat itu suaminya baru saja melepaskan cintanya yang tak tertahankan lagi, dengan air mata berlinang, dia bergegas ke rumah mertuanya untuk menemui Raihana. Namun, menurut takdir, Raihana telah meninggal karena pendarahan saat persalinan.

kekurangan
Lebih ditujukan untuk pembaca dewasa. Karena kalau untuk anak-anak imajinasi tidak tergantung pada membaca novel seperti ini.

kelebihan
Penulis telah mencurahkan banyak mandat positif yang harus dicontohkan. Salah satunya adalah prinsip utama dalam menikahi seorang wanita tidak hanya karena kecantikan, karakter atau kekayaannya. Tetapi yang paling penting adalah iman dan pengabdian seorang wanita.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Novel. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: