Contoh Pidato Singkat

Posted on

Contoh Pidato Singkat– Pidato ialah salam yang memiliki kesepakatan yang baik untuk disampaikan kepada banyak orang. Biasanya pidato tersebut disampaikan oleh seseorang yang memberikan pidato dan pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga layak untuk dibahas.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Pidato Singkat. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Metode, Fungsi dan Contoh.

Pengertian

Pidato ini ialah salah satu teori belajar bahasa Indonesia. Pidato ini biasanya diberikan oleh seseorang yang memberikan pidato dan pernyataan tentang hal / peristiwa penting yang pantas untuk didiskusikan.

Contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas

Suatu kegiatan berbicara di depan umum atau memberikan pidato untuk mengekspresikan pendapat seseorang atau memberikan tinjauan umum tentang suatu masalah.

Metode Pidato Singkat

Tidak hanya untuk berbicara di depan umum, bahkan pidato singkat memiliki metode yang tidak banyak orang ketahui. Berikut adalah metode yang sering digunakan orang ketika memberikan pidato:

  • Extemporane adalah metode memberikan pidato dengan terlebih dahulu menyiapkan pola konsep pidato persuasif untuk diucapkan.
  • Jadi, siapa yang melakukan pidato singkat? Bukan sembarang orang, berikut adalah beberapa orang yang sering memberikan pidato singkat di berbagai acara.
  • Tiba-tiba itu adalah metode memberikan pidato yang tidak langsung tanpa persiapan apa pun
  • Memoriser adalah metode menyampaikan pidato dengan terlebih dahulu menghafal pidato persuasif.
  • Manuskrip adalah metode membaca dengan membaca teks / teks pidato persuasif.

Jadi, siapa yang melakukan pidato singkat? Bukan sembarang orang, berikut adalah beberapa orang yang sering memberikan pidato singkat di berbagai acara.

  • Berlatihlah untuk menenangkan massa atau masyarakat umum.
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diperlukan untuk menguasai teori bahasa.
  • Biasanya dipraktikkan oleh pimpinan organisasi kepada bawahan organisasi.
  • Dipraktikkan oleh para pemimpin atau pejabat negara untuk memfasilitasi komunikasi untuk menciptakan situasi yang demokratis.

Fungsi Pidato Singkat

Adapun fungsi yang didasari dari pidato ini ialah sebagai berikut:

  • Ciptakan situasi yang menguntungkan di mana hanya satu orang yang diperlukan untuk membuat pidato / pidato persuasif.
  • Sederhanakan komunikasi.
  • Memfasilitasi komunikasi antara atasan dan bawahan.
  • Memfasilitasi komunikasi antara anggota organisasi.

Contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas

Berikut inilah contoh-contoh yang dapat admin berikan dari judul diatas, yaitu mengenai pidato singkat mengenai pergaulan bebas, berikut dibawah ini contohnya.

Contoh pertama

Assalamualaikum Wr.Wb

Yang saya hormati Bapak Hasbullah sebagai guru bahasa Indonesia dan teman-teman saya adalah satu-satunya yang saya pedulikan. Pertama-tama, kami berterima kasih kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmatnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat. Jangan lupakan berkat dan salam yang kami tawarkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang akan bersedia menjadi perantara yaumul kiyamah nanti. Ameen.

Pada kesempatan ini saya akan memberikan pidato tentang tema pergaulan bebas. Di era globalisasi ini, banyak remaja jatuh ke dalam pergaulan bebas. Pergaulan bebas adalah asosiasi yang terlalu berlebihan yang telah melanggar aturan atau norma agama yang ada di masyarakat. Pergaulan bebas ini, misalnya remaja yang mabuk, menggunakan narkoba, merokok, menjadi liar dan hamil di luar nikah.

Faktor-faktor yang menyebabkan pergaulan bebas dapat terjadi karena pengaruh teman-teman yang perilakunya tidak baik, kurangnya kesadaran anak akan konsekuensi dari pergaulan bebas, kurangnya pengawasan dan perhatian dari orang tua sehingga anak mencari perhatian buruk di luar lingkungan keluarga , aturan orang tua yang memegang anak terlalu banyak dan kurangnya pendidikan agama yang ditanamkan oleh orang tua pada anak. Sebagai akibat dari faktor-faktor ini, anak akan mencari kebebasan di luar lingkungan rumah, yang dapat membahayakan anak itu sendiri. Ketika sekolah menjadi tidak aktif, sering melompat selama kelas dan masa depannya akan menjadi suram. Sebelumnya ada pantun milik saya:

Kupu-kupu terbang
Bertengger di sisi jalan
Orang tua tidak punya cinta
Anak-anak menjadi korban hubungan

Jadi pergaulan bebas adalah tindakan yang tidak terpuji dan banyak merugikan diri sendiri. Karena itu, kita harus menjauh dari tindakan ini dan memperdalam ilmu agama agar tidak kedaluwarsa dan menyesal pada akhirnya. Saya harap pidato yang saya buat kali ini akan bermanfaat bagi Anda semua.

Baca Juga :  Contoh Syair 3 Bait

Ini semua pidato saya, jika ada kesalahan yang kurang menyenangkan di hati Anda, saya minta maaf.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Contoh Kedua

Assalamu Alaikum Wr. wb

Pertama-tama, ucapkan syukur dan terima kasih atas kehadiran Allah SWT atas berkah dan hadiahnya sehingga kita bisa bertemu di acara hari ini.

Bapak-bapak dan Ibu-ibu yang saya cintai, tentunya kita semua sudah tahu dan menyadari betapa banyak fenomena kenakalan remaja yang mengelilingi kita. Beberapa contoh kenakalan remaja seperti pengenalan rokok dan obat-obatan sejak usia dini, yang awalnya mungkin hanya ingin mencoba menjadi kecanduan dan tergantung.

Penyebab masalah kenakalan remaja sebenarnya disebabkan oleh kesalahan orang tua tentang cara mendidik, kesalahan orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaan, sehingga mereka tidak punya banyak waktu untuk memperhatikan kegiatan anak-anak mereka.

Tapi dia tidak bisa menyalahkan orang tua sepenuhnya, kenakalan remaja sering terjadi juga karena pergaulan bebas yang akhirnya memicu mereka ke dalam pergaulan yang salah. Memiliki banyak teman sebenarnya adalah hal yang baik, tetapi kita juga harus berhati-hati dalam memilih teman, sehingga nantinya tidak jatuh ke dalam hubungan yang salah.

Hadirin sekalian yang saya cintai, ternyata masih banyak contoh kenakalan remaja lainnya yang salah dan ada di lingkungan kita. Misalnya, perkelahian siswa, geng motor, minum dan judi.

Mari kita menjauh dari perilaku menyimpang ini, karena hal-hal seperti itu hanya akan membahayakan kita. Gunakan masa remaja Anda dengan hal-hal positif dan itu dapat bermanfaat bagi Anda, orang tua Anda, tanah air Anda dan bangsa.
Teman sekolah saya, saya bangga, mulai sekarang mereka akan selektif dalam berteman.

Ingatlah bahwa tidak ada orangtua yang ingin anaknya berperilaku buruk, belum lagi kenakalan remaja. Saya berharap apa yang saya katakan terkait dengan kenakalan remaja berguna bagi kita semua, terutama dalam memilih hubungan. Maaf jika ada kesalahan dalam berbicara. Terima kasih atas perhatian anda

Wassalamualaikum wr. wb

Contoh ketiga

Assalamualaikum wr, wb.

Bapak dan Ibu sekalian yang saya hormatai,

Pada pagi yang cerah ini, kami berterima kasih kepada Yang Ilahi atas rahmat dan karunia yang telah Dia berikan, sehingga kami dapat berkumpul di tempat yang damai ini. Pada pagi yang cerah ini, izinkan saya untuk memberikan pidato singkat tentang pergaulan bebas.

Bapak dan Ibu sekalian yang saya hormatai,

Kita semua tahu bahwa asosiasi pemuda ini telah melampaui batas aturan kita. Hal ini tentu saja menyebabkan beberapa anak kami tinggal di sana, dan benar-benar mengkhawatirkan kami sebagai orang tua.

Semuanya tentu memiliki penyebab, selain pergaulan bebas. Faktor-faktor yang menyebabkan pergaulan bebas termasuk kurangnya cinta dan arahan dari pihak kita sebagai orang tua, teman dan lingkungan negatif, serta penggunaan Internet yang tidak bijaksana. Jika penyebab ini tidak terselesaikan, anak-anak kita akan semakin jatuh ke pusaran pergaulan bebas.

Untuk ini, kita sebagai orang tua harus mencegah semuanya dengan berbagai upaya. Sejauh salah satu upaya yang dapat kita lakukan adalah memberikan cinta yang cukup, serta arah yang tepat untuk anak-anak kita. Dengan memberikan cinta yang cukup, anak-anak kita tidak akan merasa kecewa dan dikucilkan dan tidak akan secara otomatis melepaskannya dengan melakukan tindakan negatif. Dengan memberikan arah dan pendidikan yang benar, anak-anak kita akan dapat menghindari pergaulan bebas.

Selain itu, ada baiknya memperkenalkan anak-anak dan teman-teman ke lingkungan yang baik. Dengan cara ini, dampak atau pengaruh positif akan diteruskan ke anak-anak kita, sehingga mereka tidak akan terjebak dalam pergaulan bebas. Penggunaan Internet juga harus dipandu sedemikian rupa sehingga anak-anak kita tidak mengakses konten negatif yang memicu mereka untuk memasuki pusaran pergaulan bebas. Dengan cara ini, diharapkan anak-anak kita tidak akan terjebak dalam pusaran pergaulan bebas dan menjadikan mereka anak-anak yang bijak.

Mungkin hanya itu yang bisa saya katakan dalam pidato ini. Kurang lebih maaf.

Wassalamualaikum wr, wb.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Pidato Singkat. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: