Isi Tritura

Posted on

Isi Tritura – Pada pembahasan kali ini kami akan menerangkan apa itu Tritura dan isi dari Tritura yang dapat kalian pelajari untuk menambah wawasan kalian, baca baik – baik artikel dibawah ini agar kalian dapat dengan mudah mengerti tentang Tritura.

Pengartian

Isi Tritura

Tritura yang memiliki kepanjangan (Tri Tuntutan Rakyat) merupakan tiga tuntutan rakyat indonesia untuk pemerintah yang diserukan oleh para mahasiswa yang tergabung dengan Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia atau biasa disingkat (KAMI).

Kelompok – Kelompok Yang Menyerukan Tritura

Bukan hanya (KAMI) yang menyerukan tuntutan ini tetapi masih banyak lagi kelompok masyarakat yang menyerukan Tritura kelompok – kelompok tersebut yaitu:

  • KAMI yang memiliki kepanjangan (kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia)
  • KAPPI yang memiliki kepanjangan (kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia)
  • KAPI yang memiliki (kepanjangan kesatuan Aksi Pelajar Indonesia)
  • KABI yang memiliki (kepanjangan kesatuan Aksi Buruh Indonesia)
  • KASI yang memiliki (kepanjangan kesatuan Aksi Sarjana Indonesia)
  • KAWI yang memiliki (kepanjangan kesatuan Aksi Wanita Indonesia)
  • KAGI yang memiliki (kepanjangan kesatuan Aksi Guru Indonesia)

Penyeruan ini juga didukung penuh oleh TNI (Tentara Nasional Indonesia)

Latar Belakang Tritura

Naiknya seorang Letnan Jenderal Soeharto menjadi peresiden tidak dapat dilepaskan dengan peristiwa Gerakan PKI atau juga bisa disebut Gerakan 30 September 1965 atau juga G 30 S PKI.

Ini adalah peristiwa yang mengawali berakhirnya jabatan ke Presiden Soekarno dan juga hilangnya kekuatan politik pada PKI dari per-politik Indonesia. Peristiwa ini tentunya telah menimbulkan kemarahan rakyat indonesia.

Keadaan politik dan juga keamanan negara saat itu menjadi kacau, keadaan perekonomian pun makin menurun dimana angka inflasi mencapai 600% maka dari itu pemerintah melakukan devaluasi rupiah dan juga kenaikan yang menjadi penyebab timbulnya keresahan masyarakat.

Ketika itu gelombang demonstrasi naik untuk menuntut pembubaran PKI semakin kuat, pemerintah juga tidak segera mengambil keputusan. Keadaan negara juga sudah sangat parah, begitu dari segi ekonomi ataupun politik.

Harga barang juga melambung tinggi terutama pada Bahan bakar minyak. Maka dari itu, ketika tanggal 12 Januari 1966, kelompok KAMI dan juga KAPPI memelopori Tritura kesatuan aksi ini tergabung dalam gabungan Front Pancasila dan mendatangi DPR-GR untuk menuntut Tritura.

Organisasi yang sudah banyak tergabung melakukan demonstran yang begitu besar-besaran. Tetapi cukup di sayangkan pemerintah juga tidak segera mengambil tindakan.

Dan pada tanggal 10 januari 1966 KAMI dan KAPPI melopori kembali kesatuan aksi dalam Front Pancasila dan mendatangi DPR-GR menuntut kembali Tritura.

Isi Tritura

  1. Pembubaran PKI dan juga ormas-ormasnya
  2. Perombakan kabinet Dwikora
  3. Turunkan harga sembako

Tiga tuntutan di atas merupakan dasar sebagai penjadi keresahan masyarakat di Indonesia. Bukan hanya pembubaran PKI dan juga ormas-ormasnya tetapi juga pembersihan cabinet pada G30 S PKI dan juga ada tuntutan berupa masalah ekonomi.

Masyarakat Indonesia tentunya menginginkan perubahan faktor ekonomi, terutama kepada penurunan harga-harga bahan pokok.

Dan pada akhirnya, Tujuan dari Tritura dapat dipenuhi dengan dikeluarkan nya Surat Perintah pada tanggal 11 Maret 1966 dan diperintahkan nya Mayor Jenderal Suharto untuk dapat membubarkan PKI dan juga ormas – ormasnya.

Selain itu pula, Supersemar juga mengamati peningkatan perekonomian Indonesia sehingga dengan begitu dapat terwujud lah kesejahteraan sosial dan juga ekonomi bagi masyarakat Indonesia.

Tujuan Tritura

Seperti yang sudah di bahas pada artikel di atas bahwa tujuan utama dari Tritura terletak pada isi tuntutan Tritura itu sendiri.

Tujuannya yaitu membubarkan PKI, membubarkan cabinet dari unsur-unsur yang berbau G 30 S PKI, dan juga menurunkan harga atau perbaikan ekonomi.

Tiga hal di atas tentunya sangat meresahkan masyarakat Indonesia pada masa itu. Terkait dengan partai PKI yang kejam membunuh tokoh – tokoh penting Republik Indonesia.

aHal itu tentunya merupakan kejadian sejarah yang sangat menyedihkan. Dengan penculikan beberapa orang penting dan juga pembunahan keji dari PKI meninggalkan sejarah yang begitu kelam hingga sekarang.

Dampak Positif Tritura :

  • Pembubaran partai kejam PKI dan juga organisasi yang berbau PKI
  • pembersihan kabinet – kabinet berbau PKI

Dampak Negatif Tritura:

  • Banyak pelanggaran HAM yang terjadi pada masa orde baru

Demikian pembahasan mengenai isi Trikora. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan pada diri kalian. Dan juga semoga artikel ini dapat membantu dan bisa membawa manfaat bagi kalian semua. Terima Kasih.

Baca Juga:

Rate this post