Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6

Posted on

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 SD/MI – Kali ini majalahpendidikan.com akan menerangkan materi pelajaran dan latihan soal semester 1 dan semester 2, berupa soal pilihan ganda dan essay, beserta kunci jawaban dan pembahasannya lengkap.

Topik 4 adalah kelanjutan dari topik sebelumnya, yaitu Topik 3. Guru dan siswa melakukan kegiatan belajar seperti biasa. Dan sama dengan topik sebelumnya. Dalam topik 4 ada 3 subtopik pembelajaran, dan di setiap subtopik ada 6 kegiatan pembelajaran yang harus diselesaikan atau diajarkan oleh seorang guru untuk siswa. Sebagai siswa, awasi setiap kegiatan pembelajaran agar Anda tidak ketinggalan pelajaran.

Seperti yang kita ketahui, ketika siswa belajar atau mengajar dan belajar di sekolah, yang dilakukan oleh guru sekolah, mereka pasti akan menerima instruksi dalam materi dalam buku siswa. Bahan-bahan ini biasanya dipelajari secara teoritis dan tidak jarang bagi seorang guru untuk mengajarkan materi tersebut melalui latihan praktis, eksperimen atau diskusi kelompok. Di akhir pengiriman, para siswa biasanya diminta mengerjakan soal latihan. Dimana nilai tugas ini dapat menjadi bahan penilaian yang dibuat oleh guru untuk melihat kemampuan siswa memahami materi yang akan diperiksa.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 SD/MI Buku Tematik Globalisasi

Tugas-tugas yang termasuk dalam buku siswa bukan hanya soal latihan, tetapi siswa juga akan menghadapi tugas-tugas lain, seperti: Ini berarti bahwa menjawab pertanyaan latihan dalam buku teks mencakup semua tugas buku teks. Jadi lihat seluruh kunci jawaban yang kami bagikan.

Nilai-nilai yang diterima dari siswa akan bermanfaat bagi guru di akhir semester. Semua nilai ini dihitung. Dan bagi seorang guru, tentu saja, nilai-nilai yang diterima seorang siswa dari soal-soal latihan juga bisa menjadi tolok ukur untuk menilai kemampuan siswa untuk memahami materi yang diajarkan.

Dan di sini, silakan lihat dan berikan kunci jawaban untuk setiap pertanyaan latihan yang sedang Anda kerjakan. Silakan pilih sesuai dengan subtopik yang akan diperiksa.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Nama Produk dan Negara Asal Halaman 1, 2

1. Apakah Anda menyajikan dan menjelaskan fakta tentang globalisasi di wilayah Anda?

Jawabannya : Contoh globalisasi dalam kehidupan sehari-hari atau di lingkungan kita adalah:

  • Di Indonesia, ada banyak produk asing yang beredar, mulai dari pakaian hingga perangkat elektronik hingga makanan.
  • Banyak supermarket atau supermarket menggantikan pasar tradisional.
  • Penggantian tenaga manusia dengan tenaga mekanik, misalnya oleh pekerja pabrik, telah digantikan oleh mesin yang lebih efisien.
  • Jual beli secara online terus tumbuh, sehingga jual beli tidak hanya terjadi di pasar.
  • Meningkatnya penggunaan gadget sebagai gadget dapat menawarkan berbagai fungsi yang membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien.
  • Semua orang dapat mengakses teknologi terbaru, mis. Misalnya, panggilan video, email, dan media sosial yang tidak lagi baru bagi komunitas.
  • Perspektif baru tentang etos kerja yang lebih disiplin
  • Banyak pakar di dunia kerja di Indonesia
  • Mode dipengaruhi oleh negara lain seperti Paris, Milan dan Tokyo.
  • Pertukaran budaya internasional seperti K-POP dan budaya hip-hop barat terjadi.
  • Peran perempuan mulai mengukur dirinya sendiri terhadap peran laki-laki, sehingga perempuan dapat bekerja di semua bidang di mana laki-laki bekerja.
  • Penyebaran informasi sangat cepat, sehingga banyak hal kecil di dunia maya bisa tersebar luas atau viral.
  • Pembentukan PBB sebagai wadah yang memungkinkan proses globalisasi berjalan dengan lancar.
  • Pemerintah lebih terbuka dan demokratis, dari pemerintah desa ke pemerintah pusat.
  • Masuknya ideologi asing sehingga kita harus berpegang pada Pancasila.
  • Banyak bahasa asing seperti Mandarin, Jepang, Prancis, Jerman, Arab, dan Rusia dipelajari di Indonesia.

2. Ayo, lihat
Tonton berbagai produk yang ada di daerah Anda. Produk-produk ini bisa berupa pakaian, tas atau sepatu yang Anda, teman Anda dan guru Anda kenakan. Bisa juga berupa makanan dan minuman atau produk lain yang ada di ruang kelas dan di sekolah. Dapatkah Anda membayangkan negara tempat produksinya diproduksi?

Jawab :

NomorNama ProdukNegara Asal
1.SusuSlandia Baru
2.Jam tanganSwiis
3.MobilJepang
4.BonekaTiongkok
5.KarpetTurki
6.BatikIndonesi

Diskusikan dengan teman-teman tentang berbagai hal yang ingin Anda ketahui lebih banyak tentang globalisasi. Tulis di kolom berikut!

3. Peran apa yang dimainkan Indonesia dalam kerja sama sosial budaya dengan negara-negara ASEAN?

Jawaban:

Pada akhir Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN ke-44, makan malam diadakan pada malam 22 Juli 2011 di Hotel Nusa Indah di Bali. Lebih dari 50 menteri luar negeri menghadiri acara tersebut. Ada Sekretaris Negara Hillary Clinton dan Sekretaris Negara dari negara-negara ASEAN, Cina, Rusia, Uni Eropa, pengamat dan tamu dari berbagai negara lain.

Tentu saja, hidangan tradisional yang berbeda disajikan dan seni daerah yang berbeda dilakukan, seperti tarian tradisional dari Jakarta, Bali dan Aceh. Angklung interaktif karya Saung Mang Udjo menjadi sorotan. Semua pemirsa didistribusikan dengan skala yang berbeda, kemudian diputar bersama di bawah arahan Daeng Udjo.

Semua undangan senang. Mereka diberi hadiah dengan angklung yang baru saja mereka mainkan sebagai mata-mata Indonesia. “Ini untukmu, oleh-oleh dari Indonesia,” kata Daeng Udjo, komandan.

Malam yang tak terlupakan ini sangat membantu dalam menciptakan iklim yang kondusif. Malam itu membuat Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN dan pertemuan bilateral lainnya sukses. Foto oleh Hillary Clinton juga menghiasi berbagai surat kabar di dunia. Berkat Angklung, Nn. Hillary Clinton menjadi duta besar Indonesia.

4. Bagaimana bentuk kerja sama antara Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara di era globalisasi?

Jawaban:

  • Kerja sama regional adalah kerja sama antara beberapa negara di suatu wilayah yang mengejar tujuan yang sama. Kerja sama ini meliputi bidang politik, ekonomi, urusan sosial dan budaya. Salah satu contohnya adalah ASEAN.
  • Kerja sama bilateral adalah kerja sama yang dilakukan oleh kedua negara dari kerja sama ini di bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya. Kerjasama bilateral untuk memecahkan masalah dan perdamaian. Salah satu contohnya adalah upaya untuk menghentikan penyelundupan di wilayah perbatasan Indonesia Timur dan Malaysia.
  • Kerjasama multilateral adalah kerja sama dengan anggota dari lebih dari dua negara. PBB adalah contoh dari kerja sama ini.

5. Peran apa yang dimainkan Indonesia dalam kerja sama?

  • Salah satu negara pendiri ASEAN
  • Gagasan untuk membangun komunitas keamanan ASEAN
  • Bawa ide untuk penghormatan dan perlindungan hak asasi manusia
  • Harta terpendam budaya Indonesia adalah bagian dari budaya ASEAN
  • Dukungan untuk fondasi komunitas ekonomi ASEAN
  • Anggota ASEAN

6. Apa peran Angklung dalam acara tersebut?
Jawaban:
Peran angklung dalam acara ini adalah sebagai media penyambutan atau pendamping. Angklung sangat membantu dalam menciptakan iklim yang menguntungkan, sehingga pertemuan para Menteri Luar Negeri ASEAN dan berbagai pertemuan bilateral lainnya berhasil.

7. Tuliskan informasi yang Anda dapat dalam ilustrasi berikut!

Kerjasama Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara di bidang sosial budaya di era globalisasi

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 SD/MI Buku Tematik Globalisasi

Diskusi jawaban:
Kerjasama antara negara-negara ASEAN di bidang sosial dan budaya dapat mencakup acara olahraga antara negara-negara Asia Tenggara seperti Sea Games. Sejalan dengan Deklarasi ASEAN, kerja sama yang lebih baik akan dibentuk dalam bidang-bidang berikut.

A. Masalah sosial

  • Kerjasama di bidang sosial meliputi:
    • Bidang pembangunan sosial dengan menekankan kesejahteraan kelompok berpenghasilan rendah, memperluas kesempatan kerja dan membayar (upah) adalah masuk akal.
    • Dukungan terutama untuk wanita dan orang muda dalam pengembangan perusahaan.
    • Mengatasi masalah pengembangan populasi bekerja sama dengan lembaga internasional terkait.
    • Pengembangan sumber daya manusia untuk meningkatkan kesejahteraan

B. Budaya dan informasi

  • Kerja sama di bidang budaya dan informasi mencakup dukungan para ilmuwan, penulis, seniman, dan media massa, yang memungkinkan mereka memainkan peran yang lebih aktif dalam membangun perasaan akan kepribadian dan persahabatan daerah. Pertukaran budaya, seni dan film atau festival.
  • Presentasi ASEAN dan negara-negara anggotanya oleh sekolah dan lembaga pendidikan. Diseminasi studi masalah Asia Tenggara melalui kerjasama antara lembaga – lembaga nasional.
  • ASEAN melakukan kerja sama di bidang sosial dan budaya dimaksudkan untuk menaikan standar hidup dengan secara aktif melibatkan semua kelompok, terutama wanita, kaum muda dan komunitas lokal. Kerja sama ini mencakup bidang kesehatan, pengembangan personel, pengembangan budaya dan penanganan masalah sosial.

Demikian Pembahasan Mengenai Pelatihan Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 SD/MI. Tetap Bersama Kami di MajalahPendidikan.com. Nantikan Soal – Soal Selanjut nya, Terimaksih.

Baca Juga :