Arrester Adalah

Posted on

Arrester Adalah – Apakah kalian tahu alat yang fungsinya untuk melindungi instalasi listrik, alat elektronik, peralatan listrik, pada saat terjadi sebuah lonjakan tegangan ataupun tegangan lebih (Over Voltage)?

Nama Alatnya yaitu Arrester dimana alat ini berfungsi pada saat ada lonjakan tegangan dimana tegangan itu akan dialirkan kebumi sehingga tidak ada kerusakan berbagai alat elektronik lainnya.

Nah untuk penjelasan lengkapnya kalian bisa menyimak artikel ini sampai akhir ya sob.

Pengertian Arrester

lightning arrester adalah

Arrester ialah sebuah alat yang dipasang di suatu instalasi listrik yang berfungsi agar dapat melindungi berbagai macam peralatan listrik yang ada diinstalasi tersebut, pada saat terjadinya lonjakan tegangan (Over voltage) yang dimana melebihi batas toleransi yang dimana diperbolehkan.

Dan itulah pengertiannya, tapi banyak yang bertanya bagaimana terjadinya lonjakan tegangan pada suatu instansi linstrik? Biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya sambaran petir secara tidak langsung, Over Voltage dikarenakan permasalahan dipembangkit, terjadinya hubungan singkat atau Korsleting, dan lonjakan tegangan listrik pada saat terjadi Switching (Penyalaan).

Karena yang sudah kita ketahui secara bersama bahwa berbagai macam peralatan listrik sangatlah sensitif terhadap lonjakan tegangan karena dapat menyebabkan kerusakan pada alat tersebut.

Apabila kalian sudah mengetahui pengertiannya, maka penjelasan berikutnya yaitu fungsi dari arresternya.

Funsi Arrester

jenis arrester

Prinsip dari kerja surge arrester misalnya itu begitu bermanfaat dipakai untuk menjaga kestabilan dari tegangan listrik dijaringan listrik PLN yang pada umumnya ada tinggi di atas tanah misalnya sutet dan transformator listrik.

Selain dari itu pemasangan penangal petir digedung, tower dan didalam instansi juga perlu untuk dilengkapi dari prinsip kerja arrester.

Selain dari itu, secara perorangan, dirumahpun juga banyak yang memasang arrester petir agar bisa meningkatkan pengamanannya sendiri.

Cara Kerja Arrester

Cara kerja dari arrester yang dipasang digardu induk didalam suatu sistem kelistrikan misalnya saja transformator listrik yakni cara kerja dari lightning arrester ialah sama, dimana prinsip kerja arrester bisa membuang kelebihan dari tegangan listrik kedalam bumi.

Didalam keadaan normal, arrester bisa berfungsi sebagai sebuah isolator listrik. Prinsip dari kerja arrester katup ataupun cara kerja dari lightning arrester bisa dijelaskan dengan sederhana.

Disaat petir menyambar kejaringan listrik, tegangan listrik bisa melonjak besar. Hal ini bisa membuat dua logam dalam arrester bisa bekerja saling terhubung serta menyalurkan arus listrik yakni sebagai konduktor.

Tapi fungsi konduktor ini tak bisa mengenai sistem kelistrikan yang sudah ada dikarenakan salah satu kutub itu bisa meneruskan kedalam tempat pembumian.

Pembuatan tempat dari pembumian harus bagus dan nilai tahanan yang kecil sehingganya tak mengganggu kinerja arrester.

Dengan adanya tegangan kejut ataupun surge tak akan merusak sebuah peralatan listrik, serta tanpa memutuskan arus listrik sekalipun.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Arrester Adalah. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga:

Rate this post