KVar adalah

Posted on

KVar adalah – Pasti kita sering sekali menjumpai satuan listrik yang ada dirumah-rumah yaitu Watt, KVA, KVar ataupun KW.

Tapi apakah kalian mengetahui perbedaanya antara satuan-satuan itu? Untuk menjawab pertanyaan itu kami akan menjelasakannya melalui pembahasan dibawah ini.

Pengertian KVar, KVA, KWH, dan KW

1 kw berapa kva

Pada ilmu kelistrikan dikenal 3 jenis daya listrik atau biasanya disebut setiga daya antara lain sebagai berikut:

  • KVar (Daya Reaktif)
  • KVA (Daya Semu)
  • KW (KW)

Pasti masing-masing dari itu mempunyai pengertiannya diantara lain sebagai berikut:

KVar

KVAr adalah singkatan Kilo Volt Ampere Reaktif, atau didalam satuan yang jauh lebih kecil biasa memakai satuan Var atau Volt Ampere Reaktif.

1 KVar = 1000 Var

KVAr ini ialah satuan daya reaktif, yang dimana menyatakan seberapa besar daya reaktif yang bisa dihasilkan dari berbagai macam peralatan listrik yang dipakai.

Semakin besar Daya reaktif bisa berdampak semakin besar kerugian ataupun selisih diantara Daya semu dan daya Nyata yang akan semakin besar.

KVA

KVA merupakan singkatan dari Kilo Volt Ampere, bagi daya listrik yang tak terlalu besar yang biasanya cukup dengan memakai satuan daya listrik VA atau Volt Ampere.

1 KVA = 1000 VA

KVA ialah satuan daya listrik yang bisa didapatkan dari hasil perhitungan rumus daya, ataupun biasa disebut dengan nama Daya Nominal atau daya yang tertulis.

Besaran Daya didalam satuan KVA belum berupa daya sebenarnya, sehingganya Total Daya didalam satuan KVA disebut daya Semu.

KWH

KWH merupakan singkatan Kilo Watt Hour. KWH ialah satuan yang dimana menyatakan seberapa besarkah daya listrik yang sudah terpakai dalam waktu satu jam, dengan besaran daya listriknya yaitu Kilo watt.

1 KWH ialah pemakaian Alat listrik dan dayanya sebesar 1000 Watt (1 KW) dalam pemakaian satu jam.

Jadi apabila pertanyaannya ialah 1 KWH itu berapa Watt? Pasti tidak ada jawabannya, dikarenakan untuk menjawab pertanyaan ini kalian harus diketahui dulu berapakah daya listrik kemudian berapa lama dipakai.

KW

KW ialah singkatan dari Kilo watt, bagi satuan daya listrik yang dimana nilainya jauh lebih kecil cukup dengan memakai satuan W atau Watt.

1 KW = 1000 Watt

KW ialah satuan daya listrik yang bisa didapat dari hasil perkalian dari Daya semu (KVA) dan faktor daya (Cosphi).

Rumusnya: KVA X Cosphi

Besaran daya didalam satuan KW ialah besaran daya yang sebenarnya, sehingganya daya didalam satuan KW biasanya disebut dengan nama Daya Aktif (KW).

Dan itulah pengertian dari masing-masing satuan, tapi dibawah ini kami akan menjawab pertanyaan yang banyak muncul yakni sebagai berikut.

F.A.Q

Apakah 1000 Watt = 1 KWH?

Belum tentu, apabila sebuah alat listrik dengan daya listrik yang sebesar 1KW (1000Watt) dipakai didalam 1 Jam, maka hasilnya ialah 1 KWH, tapi apabila daya 1000Watt dipakai selama 0,5 Jam, jadi hasilnya ialah 0,5 KWH.

Jadi, untuk kita mengetahui nilai KWH maka ada dua hal yang harus kita tahu yaitu, besar daya listrik serta lama pemakaiannya.

1KW berapa KVA?

Sebagai contohnya, apabila sebuah pembangkit listrik yang tertulis daya sebesar 250KVA, dan nilai Cosphi yang sebesar 0,8, berapa KW dari pembangkit listrik itu?
KW = KVA x Cosphi
KW = 250 KVA x 0,8
KW = 200
Jadi untuk satu genset yang tertulis 250 KVA hanya mempunyai kemampuan maksimal 200KW

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai KVar adalah. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga:

Rate this post