Contoh Kalimat Implikasi

Posted on

Contoh Kalimat Implikasi – Masih jarang digunakan dalam kalimat percakapan sehari-hari. Pemakaian kalimat tersebut pada umumnya menggunakan dalam bahasa penelitian.

Oleh karena itu, masih ada sedikit penelitian yang membahas makna kata “implikasi”. Tetapi jika Anda mendengar istilah “konotasi”, hal yang pertama terlintas dalam pikiran secara keseluruhan yaitu efek atau sesuatu yang mempunyai dampak langsung.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Kalimat Implikasi. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Jenis dan Contoh.

Pengertian

Implikasi menurut (KBBI), makna kata tersebut menyiratkan keterkaitan atau suasana yang terlibat. Dengan demikian, setiap imbuhan kata berasal dari makna seperti menyiratkan, yang berarti membingungkan atau menyambungkan sesuatu.

Contoh Kalimat Implikasi

Jenis Jenis Kalimat Implikasi

  • Kepemimpinan.
  • Etika.
  • Budaya.
  • Globalisasi.
  • Teoritis.
  • Manajemen.
  • Metodologis.
  • Logika Matematika.

Contoh Kalimat Implikasi

(1) Kepemimpinan

Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam manual. Pemimpin, tentu saja, harus memiliki hubungan kualitatif dengan kemajuan organisasi dan perusahaan. Selain tanggung jawab, seorang pemimpin harus memiliki karakter dan sikap seorang pemimpin yang memiliki tujuan dan visi yang jelas.

Seorang pemimpin harus dapat mendukung anggotanya. Serta memprioritaskan hubungan manusiawi dan hormat. Pemimpin yang baik akan memiliki konsekuensi dan manfaat positif bagi perusahaan dan anggotanya.

(2) Etika

Ini mengacu pada kebiasaan yang dibuat. Tentu saja etika diajarkan sejak usia dini, dan kemudian terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ada begitu banyak tipe dan etika dalam masyarakat.

Contoh paling sederhana adalah seseorang yang masih muda, harus menghormati orang tuanya, maka ada etika, jika dia melakukan kesalahan, dia harus terlebih dahulu meminta maaf. Jika semuanya dilaksanakan dengan benar, hal-hal ini akan sangat penting bagi kehidupan. Di antara mereka adalah rasa hormat dan kebanggaan.

(3) Budaya

Penerimaan dan studi budaya dari negara lain adalah bentuk sikap positif, intinya adalah bahwa tidak perlu menutup diri dan selalu terbuka terhadap perubahan dan perbedaan.

Tapi jangan biarkan sikap terbuka ini melebihi kebanggaan di negara ini. Yang perlu dilakukan adalah menerima budaya yang positif dan sesuai dengan individu. Persepsi budaya negatif akan memiliki konsekuensi yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

(4) Globalisasi

Nilai ini sering ditafsirkan sebagai hasil atau konsekuensi ketika fenomena globalisasi terjadi di suatu wilayah atau negara. Konsekuensi globalisasi tidak hanya terbatas pada definisi produk atau barang, tetapi juga bisa dalam bentuk bahasa, teknologi, pendidikan, budaya, kebiasaan atau kebiasaan, dan sebagainya.

Ini berarti bahwa ketika suatu produk atau budaya suatu wilayah atau negara dapat dengan mudah dan bebas menembus dan berlaku di wilayah atau negara lain.

Efek globalisasi dapat memiliki konsekuensi positif maupun negatif. Pengaruh positif yang diberikan oleh suatu wilayah atau negara yang menerima globalisasi, akan lebih maju dan relevan.

Tetapi, sebaliknya, jika berlebihan, itu akan menyebabkan konsekuensi negatif, seperti kontrol suatu daerah atau negara untuk produk atau budaya dari daerah atau negara lain.

Baca Juga :  Contoh Kalimat Pernyataan

Contohnya adalah meningkatnya jumlah supermarket dan minimarket yang akan mendominasi tempat-tempat seperti pasar konsumen tradisional dan pembelian produk lokal di negara ini.

(5) Teoritis

Pada bagian ini, peneliti memberikan gambaran lengkap tentang implikasi teoritis dari penelitian ini. Bagian ini ditujukan untuk meyakinkan para ahli bahwa mereka berkontribusi pada sains dalam teori yang digunakan untuk menyelesaikan masalah penelitian, serta signifikansi mereka untuk teori yang terkait dengan bidang utama penelitian yang disajikan dalam model teoritis.

(6) Manajemen

Implikasi manajemen, yaitu revisi atau pembahasan temuan atau hasil akhir suatu penelitian. Tentu saja, kesimpulan ini diambil berdasarkan kebijakan yang digunakan dalam metode penelitian.

Kebijakan yang diadopsi untuk mendapatkan hasil akhir dari keputusan tersebut diperoleh melalui proses pengambilan keputusan yang komprehensif dan partisipatif untuk semua peserta penelitian dan, karenanya, manajemen.

Implikasi kebijakan yang terkait dengan hasil penelitian ini juga disebut implikasi manajerial. Selain itu, implikasi manajerial dapat menguntungkan ilmu manajemen. Manajemen terdiri dari dua konsekuensi, yaitu:

Implikasi prosedural, yaitu analisis, perencanaan kerja, pemilihan kebijakan dan prosedur analisis.
Konsekuensi yang signifikan, yaitu evaluasi rencana dan perumusan tindakan.

(7) Metodologi

Bagian ini adalah opsional dan merupakan refleksi penulis tentang metodologi yang digunakan dalam penelitiannya. Sebagai contoh, pada bagian ini kami dapat memberikan penjelasan tentang bagian mana dari metode penelitian yang dilakukan dengan sangat baik dan mana yang relatif kompleks, dan prosedur mana yang dikembangkan untuk mengatasi berbagai kesulitan ini yang sebenarnya tidak diilustrasikan sebelumnya dalam literatur tentang metode penelitian.

Peneliti dapat menyajikan pendekatan dalam bagian ini yang dapat digunakan dalam studi lebih lanjut atau studi lain untuk memfasilitasi atau meningkatkan kualitas penelitian.

(8) Logika Matematika

Arti kata tidak hanya sering digunakan dalam jenis penelitian ilmiah atau dalam penelitian, tetapi juga umum digunakan dalam studi matematika. Ini disebut subteks matematika.

Arti kata dalam matematika memiliki arti pernyataan, yang berarti majemuk dan sering ditampilkan dalam kata “jika” atau “lalu”. Dalam logika matematika, cara membaca dan menulis “jika” dan “kemudian”, ini dapat dijelaskan dengan konsekuensi berikut:

“P => Q”

Nilai matematika dapat dibaca “jika” p “, lalu” e. Dipahami bahwa p => q dapat diartikan secara harfiah, di mana “p” (anteseden) adalah hipotesis dan asumsi awal atau sementara, dan “q” adalah konsekuensinya.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Kalimat Implikasi. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: