Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi

Posted on

Contoh Teks Eksposisi klasifikasi – Klasifikasi adalah salah satu eksposur dalam paragraf paparan sehingga paragraf ini dimaksudkan untuk memberikan informasi yang jelas kepada pembaca.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Karakteristik dan Contoh.

Pengertian

klasifikasi ini juga ditafsirkan sebagai pengembangan paragraf pameran yang memastikan bahwa paragraf ini dimaksudkan untuk memberikan informasi yang sangat jelas kepada para pembacanya.

Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi

Klasifikasi adalah paragraf di mana topik utama dikembangkan dengan mengelompokkan ke dalam kelompok berdasarkan karakteristik tertentu.

Karakteristik Teks Eksposisi Klasifikasi

  • Secara keseluruhan paragraf ini berisi klasifikasi hal-hal berdasarkan referensi atau karakteristik tertentu.
  • Paragraf ini menggunakan ungkapan seperti “rahasia”, “rahasia”, “dibagi” dan lainnya. Kata ini biasanya ditemukan di awal atau digunakan sebagai ide utama paragraf.
  • Paragraf klasifikasi adalah informatif, itulah sebabnya kalimat dalam paragraf klasifikasi adalah kalimat dalam bentuk fakta.

Untuk menyederhanakan pemahaman penjelasan di atas, di sini Anda dapat melihat contoh di bawah ini:

Contoh Teks Eksposisi klasifikasi 1

Limbah rumah tangga atau limbah rumah tangga yang dihasilkan dari itu setiap hari dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Berdasarkan jenisnya, limbah tersebut dibagi menjadi limbah organik, limbah anorganik dan limbah kimia.

Sampah organik adalah sampah yang cepat terurai atau mengalami kerusakan yang cepat. Sampah organik dalam limbah rumah tangga sering berupa residu.

Contoh sampah organik adalah potongan sayuran, sayuran hijau, lauk pauk, daging, bumbu dapur dan sebagainya. Karakteristik limbah organik adalah mudah busuk, mengeluarkan bau dan sengatan yang tidak menyenangkan dan rentan menjadi tempat berkembang biak bagi mikroorganisme. Namun limbah organik ini dapat dimanfaatkan dengan menjadikannya sebagai bahan produksi pupuk organik.

Sedangkan limbah anorganik adalah barang non-biologis yang membutuhkan waktu lama untuk dipecah secara alami. Jika dibiarkan, limbah anorganik akan mengisi tempat pembuangan sampah.

Limbah anorganik dalam limbah rumah tangga yang biasa ditemukan meliputi plastik dan polistiren. Seperti halnya sampah organik, limbah anorganik juga dapat dieksploitasi.

Limbah anorganik dapat digunakan kembali atau didaur ulang menjadi barang baru dengan nilai artistik. Misalnya, cara membuat kerajinan plastik dan polystyrene.

Jadi yang terakhir adalah limbah kimia. Limbah kimia adalah limbah yang sangat berbahaya. Limbah kimia memiliki karakteristik yang biasanya berupa benda cair atau terlarut dan menimbulkan efek negatif pada level tinggi. Limbah kimia dalam limbah rumah tangga berasal dari barang bekas setiap hari. Seperti sampo, sabun, deterjen dan cairan kimia lainnya.

Contoh Teks Eksposisi klasifikasi 2

Menurut jenisnya, demam dibagi menjadi demam berkelanjutan, demam remisi, demam intermiten, dan demam bifasiq. Jenis-jenis demam disebabkan oleh penyakit atau infeksi yang mempengaruhi anggota badan.

Demam terus-menerus disebabkan oleh adanya virus pneumonia dalam tubuh, sementara demam yang disebabkan oleh demam jantung rematik dan infeksi endokarditis.

Jadi demam intermiten disebabkan oleh virus malaria dan demam bifasiq disebabkan oleh virus dengue atau leptospirosis.

Baca Juga :  Contoh Teks Eksposisi Analisis

Contoh Teks Eksposisi klasifikasi 3

Hewan dapat dibagi menjadi berbagai jenis berdasarkan jenis makanan. Divisi ini mencakup herbivora, karnivora, dan omnivora.

Hewan herbivora adalah istilah untuk hewan yang memiliki jenis makanan dalam bentuk tanaman. Posisi hewan herbivora adalah konsumen tingkat pertama dalam rantai makanan. Jenis-jenis hewan yang termasuk dalam hewan herbovora adalah sapi, belalang, kuda, kambing, dan keledai.

Hewan karnivora adalah sebutan untuk hewan yang memangsa jenis hewan lainnya. Hewan karnivora juga disebut predator untuk hewan herbivora. Jenis-jenis hewan yang termasuk dalam hewan karnivora adalah harimau, harimau, musang dan serigala.

Jadi hewan omnivora adalah hewan yang makanannya berupa tanaman dan hewan lainnya. Jenis-jenis hewan yang termasuk dalam kategori omnivora adalah ayam, bebek, beruang, dan orangutan.

Contoh Teks Eksposisi klasifikasi 4

Kucing terdiri dari berbagai jenis ras, di mana jenis ras kucing termasuk Angora, Persia, Manx dan Spinx. Dari empat ras, ras Spinx adalah ras yang kurang populer di masyarakat.

Namun, meski begitu, kucing yang dikenal sebagai kucing tak berbulu mulai populer dan beberapa orang mulai memelihara kucing jenis ini. Tidak adanya bulu pada kucing ini membuat kucing Spinx menjadi kucing yang unik dan menarik di antara orang-orang. Memang karena keunikan yang membuat kucing ini menjadi kucing yang relatif mahal.

Contoh Teks Eksposisi klasifikasi 5

Afiks atau aposisi adalah ejaan yang ditempelkan pada kata dasar, lalu kata dasar berubah menjadi kata yang ditempelkan. Ketergantungan itu sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu penambahan, akhir, awalan dan akhir dan juga sisipan.

Awalan yang ditempel atau biasa disebut awalan adalah awalan yang ditempel di awal kata. Suffix atau suffix suffix adalah awalan yang ditempatkan di akhir kata. Awalan-suffix atau confix adalah awalan yang ditempelkan ke awal dan juga ke akhir dari imbuhan. Sisipan insert atau fixture adalah awalan yang disisipkan di tengah kata.

Contoh Teks Eksposisi klasifikasi 6

Berdasarkan isinya, paragraf dibagi menjadi lima jenis, di mana jenis paragraf termasuk paragraf persuasi, paragraf paparan, paragraf naratif, paragraf argumentasi, dan paragraf deskripsi. Kelima memiliki konten yang berbeda satu sama lain. Misalnya, paragraf persuasi.

Paragraf ini adalah paragraf yang berisi panggilan untuk melakukan sesuatu, isi paragraf tentu berbeda dengan – misalnya – paragraf naratif yang berisi penjelasan atau cerita tentang suatu peristiwa yang sedang terjadi atau yang sudah terjadi.

Contoh Teks Eksposisi klasifikasi 7

Awalan adalah awalan yang ditempatkan di awal kata. Penambahan ini yang biasanya disebut sebagai awalan ada beberapa jenis, di mana imbuhan ini to-, di- dan bahkan lebih besar.

Berbanding terbalik dengan awalan, sufiks atau sufiks adalah awalan yang diterapkan pada akhir kata. Ketergantungan ini sendiri terdiri dari beberapa jenis, yaitu -an, -kan, -nya, -lah, -lah, -ah dan juga -pun.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: