Kalimat Rumpang

Posted on

Kalimat Rumpang – Dalam Bahasa Indonesia, ada banyak jenis kalimat, salah satunya adalah kalimat rumpang. Kalimat rumpang adalah kalimat yang memiliki kekosongan di dalamnya sehingga tidak memenuhi kalimat standar. Melewati kalimat sengaja dibuat untuk menguji kemampuan pembaca untuk mengenali dan menyempurnakan kalimat.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Kalimat Rumpang Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian dan Contoh.

Pengertian

Rumpang adalah homonim karena artinya memiliki ejaan dan pengucapan yang sama, tetapi artinya berbeda. Rumpang memiliki makna dalam kata sifat atau kelas kata sifat sehingga dapat mengubah kata benda atau kata ganti.

Kalimat Rumpang

Biasanya dengan menjelaskan atau menentukan kata benda atau kata benda sehingga nama seseorang, tempat atau semua benda dan segala sesuatu yang menjadi subjek menjadi terlihat.

Agar supaya memudahkan anda untuk bisa memahami maksud dari materi di atas. Berikut ini anda bisa melihat contoh dibawah ini:

Contoh Kalimat Rumpang 1

  • Ibu Sedang memasak sayuran di dapur menggunakan dengan minyak. (kompor)
  • Aurora menulis di Papan Tulis menggunakan kapur putih. (naik)
  • Pakaian Yang kotor Levi terciprat lumpur saat Melewati jalan (Penyebrangan)
  • Tidak Ada Komputer Adi tidak bisa mengerjakan tugas kuliahnya. (Karena Computernya rusak)
  • Mama baru saja membeli Hp baru sehingga dia bisa lebih sering menghubungi kita Melalui (telepon selular)
  • Pencopet segera Di Amankan polisi sehingga tidak diadili oleh massa.
  • Buku yang di pinjam Ari hilang sehingga dia didenda oleh perpustakaan.
  • Tes Matematika yang dilakukan arul sangat mudah sehingga ia bisa menyelesaikannya dengan waktu singkat
  • Ibu mengoreng ikan dengan minyak goreng yang baru saja dia beli di warung tadi.
  • Pisau yang kamu gunakan tidak tajam atau tumpul sehingga kamu tidak bisa memotong dagingnya.
  • Makanan ayam sudah habis sehingga ayam terus membuat kebisingan. (di dalam kandangnya)
  • Roti itu sudah lama sehingga berjamur jadi tidak layak lagi untuk dimakan.
  • Bayinya ibu Nia adalah anak dari ibu sari
  • Kamar hotel semuanya penuh jadi kita tidak bisa menginap malam ini.
  • Hujan sangat deras sehingga rumah kami kebanjiran.
  • Ayah memperbaiki atap rumah yang (bocor)
  • Tugas kuliah saya belum siap karena saya terlalu asyik bermain ponsel.
  • Kehidupan di dunia ini terkadang di bawah terkadang di atas seperti roda berputar
  • Pidatonya begitu sangat menyingung dan kasar hingga banyak orang yang tersakiti setiap kali dia berbicara.

Contoh Kalimat Rumpang 2

Kucing adalah salah satu jenis hewan … yang ada di muka bumi. Selain itu, kucing juga dikenal sebagai salah satu hewan terkenal… selain anjing atau kelinci. Kucing sendiri memiliki sejumlah spesies yang tersebar di seluruh dunia. Namun, menurut beberapa penelitian, spesies kucing yang paling banyak menyebar dan paling dipelihara di dunia adalah ras campuran, yang dikenal sebagai kucing … Jenis kucing ini memang terhitung banyak, terutama di negara kita. Selain spesies kucing ini, ada juga beberapa spesies ras kucing alami yang umumnya dipelihara oleh manusia. Salah satu jenis kucing adalah kucing … yang sekarang mulai bagus untuk pecinta kucing. Ini karena spesies … memiliki karakteristik, yaitu tidak adanya … pada … kucing.

Jawab: (1) mamalia, (2) hewan peliharaan, (3) desa, (4) Sphinx, (5) kucing, (6) bulu, dan (7) kulit.

Baca Juga :  Kalimat Tidak Padu

Contoh Kalimat Rumpang 3

Esai eksposisi adalah satu jenis … yang dalam bahasa Indonesia. Pemahaman esai ini adalah esai yang berisi tentang … membuat … dalam …. Esai ini sendiri dibuat untuk memberikan … kepada pembaca tanpa mengharapkan … dari pembaca. Untuk membuat esai ini, penulis harus terlebih dahulu … dari suatu masalah, dan kemudian penulis harus menuangkannya ke dalam… sehingga pembaca memahami isi esai.

Jawaban: (1) esai, (2) dan (6) proses, (3) dan (7) informatif, (4) informasi, (5) tanggapan.

Contoh Kalimat Rumpang 4

Sapardi Djoko Damono adalah … lahir di Solo, 20 Maret 1940. Ia telah menciptakan sejumlah puisi, cerita pendek, dan juga beberapa karya non-fiksi. Salah satu puisinya yang paling terkenal adalah puisi … yang ia tulis pada 1989 lalu. Puisi itu adalah puisi dalam salah satu buku puisinya, yaitu … Selain puisi yang sederhana, puisi itu juga dikenal masyarakat karena pernah dipusik oleh duo rakyat dari Jakarta, yaitu .. Selain duo itu, puisinya juga dihidupkan kembali oleh … dan menjadi salah satu lagu tema untuk film “Love in a Piece of Bread” yang dirilis pada 1991 lalu.

Jawaban: (1) penyair, (2) I Want, (3) June Rain, (4) Ari Reda, (5) Dwiki Darmawa

Contoh Kalimat Rumpang 5

Paragraf ini bertema ekonomi. Hiatus pertama berisi jenis barang dagangan dari ekonomi kreatif. Oleh karena itu, istilah yang tepat untuk mengisi bagian pertama dari kesenjangan adalah komoditas yang berarti barang dagangan utama; benda komersial Kalimat kedua adalah pesta yang menyiapkan masakan Indonesia di pasar dunia. Oleh karena itu, istilah yang tepat untuk mengisi bagian kesenjangan ini adalah eksportir yang berarti eksportir atau grosir yang mengirim barang dagangan ke luar negeri

Contoh Kalimat Rumpang 6

Penggunaan Ketentuan dalam Paragraf
Istilah ini ialah kombinasi dari kata hati-hati karakteristik yang spesifik dalam bidang tertentu
Istilah ini memiliki karakteristik sebagai berikut.

Sebuah. Makna yang dikandungnya adalah tetap atau relatif tetap, tidak mudah diubah, baik dalam konteks kalimat maupun terlepas dari konteks kalima. Tidak seperti kata-kata yang maknanya berubah sesuai dengan konteks kalimatnya, istilah itu tidak pernah dan tidak boleh berubah.
b. Istilah ini hanya memiliki satu makna (monisemantik), tidak memiliki makna ganda atau polisemi.
c. Istilah ini tidak memiliki sinonim dan juga tidak memiliki antonim.
d. Istilah ini dapat dijelaskan maknanya melalui pembatasan atau MEMAHAMI.
e. Istilah ini dapat diwakili oleh rumus atau simbol.
Contoh soal
Menteri Keuangan Indonesia Bambang Brodjonegoro yang hadir sebagai pembicara tamu dalam seminar mengatakan, … keberhasilan pemerintah di negara maju adalah realisasi dari target pemenuhan lapangan kerja. Menurut Bambang, dengan pemenuhan lapangan kerja, tingkat kemiskinan otomatis akan menurun. Ini telah menjadi salah satu perhatian pemerintah saat ini.
Istilah yang tepat untuk menyelesaikan paragraf adalah ….
A. indikator
B. Faktor
C. Dampak
D. prasyarat
E. produk

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh kalimat rumpang Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: