Kalimat Persetujuan

Posted on

Kalimat Persetujuan – Di masa lalu, kita tahu jenis-jenis kalimat dalam bahasa Indonesia yang terlihat dari berbagai sudut. Pada kesempatan ini, kami akan secara pragmatis atau seperlunya meninjau berbagai jenis kalimat yang sering digunakan untuk menanggapi konten percakapan dalam diskusi, yaitu penilaian afirmatif, negatif, dan negatif.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Kalimat Persetujuan. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Karakteristik dan Contoh.

Pengertian

Memahami tentang Kalimat Persetujuan

Kalimat Persetujuan

Kalimat kontraktual adalah kalimat yang menyatakan persetujuan atau penolakan. Secara umum, frasa kecocokan diucapkan dalam percakapan atau diskusi. Kalimat perjanjian dimaksudkan untuk mengungkapkan pendapat dalam bentuk kesepakatan dalam diskusi untuk menemukan solusi.

Ciri Ciri Cari Calimat Cersetujuan

Setiap set persetujuan, sangkalan, dan penolakan memiliki karakteristik atau fitur tertentu. Karakteristik hukuman kontraktual, sanggahan dan penolakan adalah sebagai berikut.

a. Perjanjian kalimat

Fitur set pertandingan mencakup penggunaan kata atau frasa yang menunjukkan kecocokan atau cocok dengan pendapat orang lain, seperti:

  • Saya pikir pendapat Anda adalah pendapat saya.
  • Saya setuju dengan pendapat Anda.
  • Nilai kontrak diajukan dengan cara berikut.

Disajikan dalam bahasa yang tepat.
Didukung oleh bukti atau informasi yang logis dan jelas.
Tidak berlebihan untuk membuat komentar yang melengkapi perjanjian.
Persetujuan diberikan secara obyektif dengan fakta-fakta konkret.
Kalimat yang digunakan harus mudah diterima dan tidak harus terjalin.

b. penolakan

Fitur-fitur dari kalimat bantahan atau kalimat bantahan termasuk penggunaan kata atau frasa yang menyangkal pendapat orang lain, seperti:

Pendapat yang mengatakan … bukankah kamu karena …
Menurut pendapat saya, pendapat yang mengatakan … itu tidak benar karena …
Menyanggah atau menyangkal kalimat-kalimat disampaikan dengan cara berikut.

Secara obyektif, logis dan jujur.
Tanpa emosi, kemarahan, dan prasangka negatif
Tampilkan data, fakta, gambar, contoh atau perbandingan yang dapat meyakinkan peserta lain
Penafian disampaikan dengan cara yang tepat, terperinci, menyeluruh dan tidak rumit
c. penghakiman penolakan

Fitur dari kalimat penolakan termasuk penggunaan kata atau frasa yang menunjukkan penolakan atau penolakan pendapat orang lain, seperti:

  • Saya pikir opini Anda tidak tepat …
  • Saya tidak setuju
  • Menurut pendapat saya, pendapat Anda tidak sesuai dengan topik
  • Harus diperiksa
  • Seperti putusan penolakan atau putusan penolakan, putusan penolakan disampaikan dengan cara berikut.
  • Secara obyektif, logis dan jujur.
  • Tanpa emosi, kemarahan, dan prasangka negatif
  • Tampilkan data, fakta, gambar, contoh atau perbandingan yang dapat eyakinkan peserta lain
  • Penolakan disampaikan dalam bahasa yang baik dan sopan
  • Penolakan ditransmisikan dengan cara yang tidak rumit, rinci, menyeluruh dan tidak rumit

Contoh Dari Kalimat Persetujuan

Berikut ini adalah contoh dari kalimat persetujuan, bantahan, dan penolakan dalam bahasa Indonesia.

a. Perjanjian kalimat

Contoh deklarasi persetujuan adalah sebagai berikut.

  • Saya setuju dengan pendapat Anda bahwa kepercayaan itu penting. Karena tingkat kepercayaan diri yang tinggi memudahkan kita untuk bergaul dengan orang lain.
  • Saya setuju bahwa mengatur waktu belajar itu penting. Karena dengan menentukan waktu belajar, kegiatan belajar yang kita lakukan direncanakan lebih teratur.
  • Saya mendukung gagasan Brother Rudi, karena jika kita meletakkan fondasi organisasi sebagai rujukan, kita dapat terus berjalan ke arah yang sama.
  • Sebagai ketua RT, saya sangat mendukung usulan Pak RW untuk mempromosikan Siskamling lagi untuk melindungi lingkungan dan keamanan di desa kami.
  • Kami sangat mendukung upaya pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur yang rusak di desa kami, karena ini dapat membantu memfasilitasi pengiriman produk pertanian dari desa kami ke kota.
  • Saya mendukung saran Ana agar bulan Ramadhan diisi dengan kegiatan Pesantren Kilat, karena ini dapat meningkatkan pemahaman kita tentang agama sambil mempromosikan rasa persaudaraan.
  • Saya sangat setuju dengan pendapat Anda bahwa siswa yang buruk harus menerima sanksi berat untuk mengubah perilaku mereka.

b. penolakan

Contoh tingkat bantahan atau contoh tingkat bantahan adalah sebagai berikut.

  • Pendapat Anda bertentangan dengan fakta, sehingga sulit diterima.
  • Menurut pendapat saya, pendapat bahwa bioskop kaum muda di acara televisi kita hanya hiburan tidak benar. Orang-orang muda sangat sering menonton TV. Waktu yang Anda habiskan bersama banyak menikmati bioskop. Ini secara bertahap menciptakan persepsi dalam diri pribadi remaja yang baik yang merupakan kepribadian remaja saat ia mengamati itu. Persepsi ini akan mempengaruhi perilaku anak muda di masa depan. * Pendapat bahwa media sosial berdampak buruk pada anak muda karena sering digunakan untuk melecehkan teman sekolah itu tidak benar. Media sosial juga dapat memiliki dampak positif pada siswa karena mereka dapat membantu siswa menyelesaikan proyek sekolah yang ditugaskan oleh guru. Menurut saya, tidak semua komik atau cerita bergambar ditujukan untuk anak-anak, karena beberapa komik atau cerita bergambar ditujukan untuk orang dewasa. Oleh karena itu lebih baik untuk mencari informasi sebanyak mungkin tentang komik atau cerita bergambar yang dimaksudkan sebelum membeli komik atau cerita bergambar.
  • Menurut pendapat saya, surat edaran KPID Jawa Barat, yang membatasi pemutaran lagu-lagu asing yang dianggap vulgar, tidak tepat karena ada beberapa lagu dari negara mereka sendiri yang juga vulgar.
  • Menurut pendapat saya, pendapat bahwa ASN layak mendapatkan bayaran tinggi agar tidak memeras pemerasan dan korupsi tidak sepenuhnya benar. Sejauh ini, banyak pemberitahuan pengiriman di berbagai wilayah telah dipengaruhi oleh KPT OTT.
  • Menurut pendapat saya, pendapat Saudara Rani yang mengatakan bahwa kita tidak harus berpartisipasi dalam kompetisi bola basket adalah karena kurangnya staf yang bisa bermain bola basket tidak tepat karena kita masih punya teman yang bisa bermain bola basket seperti Rinto , Jono dan Doni.
Baca Juga :  Tuntaskan Skripsi Dengan Lakukan Tiga Hal Ini

c. penghakiman penolakan

Contoh tingkat penolakan adalah sebagai berikut.

  • Saya tidak setuju dengan pendapat Anda bahwa inferioritas disebabkan oleh lingkungan di mana mayoritas memiliki sedikit kepercayaan diri. Karena menurut saya, inferioritas lebih karena ketidakmampuan seseorang dan bukan karena pengaruh lingkungan.
  • Saya tidak setuju dengan pernyataan bahwa membaca sambil berbaring berkaitan dengan gangguan mata minus. Menurut para ahli medis, penyebab masalah mata bukanlah kebiasaan membaca saat berbaring, melainkan pencahayaan yang kurang memadai. Pencahayaan yang tidak memadai dapat menyebabkan otot menjadi terlalu berat dan mata menjadi lelah dan perih. Situasi ini mempercepat terjadinya kelainan miopia, terutama pada orang dengan bakat penglihatan pendek.
  • Menurut pendapat saya, apa yang Anda katakan tidak sesuai dengan tujuan dari kegiatan awal kami, karena dengan membebani biaya peserta, nilai sosial dari kegiatan ini hilang.
  • Saya tidak setuju dengan pendapat Rosa bahwa sisa uang kelas akan digunakan untuk perjalanan sekolah pada akhir tahun. Jauh lebih baik, sisa uang kelas disumbangkan kepada yang membutuhkan.
  • Saya tidak setuju dengan pernyataan bahwa teguran seorang guru kepada siswa yang jelas telah melakukan kesalahan adalah bentuk pelanggaran hak asasi manusia, terutama jika peringatan itu dikeluarkan tanpa kekerasan verbal atau fisik. Peringatan seorang guru kepada muridnya seperti peringatan orang tua terhadap anaknya. Merujuk seorang guru atau orang tua kepada anak-anak mereka sebenarnya merupakan upaya untuk membesarkan anak-anak menjadi orang yang lebih baik.
  • Saya tidak setuju dengan pendapat Anda bahwa tidak perlu melakukan pekerjaan amal di kompleks kami karena sudah ada pengasuh. Layanan masyarakat di kompleks kami terus diperlukan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kerja sama dan kelestarian lingkungan.
  • Saya tidak setuju dengan donasi boneka untuk melempar botol di pasar sekolah karena sarana keuangan terbatas. Alangkah baiknya jika hadiah itu diberikan dalam bentuk permen atau makanan ringan lainnya, karena acara ini menyenangkan bersama.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Kalimat Persetujuan. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: