Naskah Drama

Posted on

Naskah Drama – Seni sastra, yang akan berubah menjadi drama jika Anda bermain. Jika Anda akan melakukan pertunjukan teater, yang Anda butuhkan adalah naskah dramatis.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Naskah Drama. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Ciri, Struktur dan Contoh.

Pengertian

Naskah dramatis adalah genre karya sastra yang paralel dengan prosa dan puisi. Tidak seperti prosa dan puisi, skrip dramatis memiliki bentuknya sendiri yang ditulis dalam bentuk dialog berdasarkan konflik batin dan memiliki kemungkinan dipentaskan.

Naskah Drama

Drama berarti aksi, aksi. Berasal dari bahasa Yunani “draomai” yang berarti membuat, menerapkan, bertindak, dan sebagainya. Drama adalah kehidupan yang diwakili oleh gerakan. Konflik dari sifat manusia adalah sumber utama drama.
Menurut Sendarasik, naskah dramatis adalah bahan dasar pertunjukan dan bentuknya tidak lengkap jika tidak dipentaskan. Naskah teater juga merupakan ekspresi dari pernyataan penulis (play wright) yang berisi nilai-nilai pengalaman umum juga merupakan ide dasar bagi para aktor.

Berdasarkan pemahaman skrip teater di atas, esai atau cerita dapat diartikan dalam bentuk tindakan atau tindakan yang masih dalam bentuk teks atau tulisan yang belum diterbitkan (dieksekusi). Apa yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah naskah dramatis.

Ciri-Ciri Naskah Drama

Adapun dari derama sendiri memiliki beberapa ciri di dalamnya, diantaranya ialah.

  • Drama merupakan prosa modern yang diproduksi sebagai skenario untuk membaca dan tampil.
  • Naskah dramatis dapat berbentuk prosa atau puisi.
  • Drama ini terdiri dari seorang diolog yang disusun oleh penulis dengan karakter yang dimanifestasikan.
  • Pikiran dan ide penulis ditransmisikan melalui dialog karakternya.
  • Konflik adalah elemen penting dalam drama. Konflik didorong oleh karakter dalam plot, elemen penting dalam naskah dramatis.
  • Naskah yang tidak berdasarkan konflik tidak dianggap sebagai drama yang baik.
  • Gaya bahasa dalam sebuah drama juga penting karena menunjukkan latar belakang era dan komunitas yang diwakilinya, sama seperti drama ini mencerminkan sifat sosiokultural masyarakat yang dijelaskan oleh penulis.

Struktur Naskah Drama

Adapun dari drama sendiri memiliki beberapa Struktur di dalamnya, diantaranya ialah.

Tema

tema adalah ide sentral yang membentuk dasar melakukan atau melakukan drama;

Plot

Plot adalah jalinan sejarah dari awal hingga akhir cerita. Plot dijalin menjadi bentuk cerita dalam drama dalam bentuk masalah, konflik, klimaks dari cerita atau masalah dan akhir atau penyelesaian masalah;

Karakterisasi

Karakterisasi ialah identitas suatu karakter. Jika suatu karakter baik, buruk, buruk, iri atau memiliki karakter lain. Karakterisasi atau karakterisasi dalam pementasan drama dapat dilihat langsung oleh penonton pementasan oleh sikap, ucapan, perilaku, suara dan perilaku lainnya.

Namun dalam teori, drama itu sendiri mengungkapkan karakterisasi atau karakterisasi karakter yang dilakukan secara eksplisit dan implisit. Eksplisit pendapat atau komentar dari karakter lain dalam cerita dan tersirat oleh perilaku karakter itu sendiri;

Dialog

Dialog ialah elemen utama yang membedakan drama dengan cerita lain. Dialog dalam drama adalah dialog yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan sifat drama yang merupakan tiruan dari kehidupan masyarakat.

Dialog sangat vital untuk keberhasilan atau kegagalan sebuah drama di atas panggung, jika pemeran karakter dapat menawarkan dialog dengan apresiasi penuh keindahan dan tujuan pertunjukan dapat dicapai;

Pengaturan

Ialah latar belakang cerita. Pengaturan termasuk pengaturan waktu, pengaturan waktu kamar dan pengaturan kamar;

Mandat

Ialah pesan yang harus ditransmisikan oleh penulis drama yang telah dibuat. Mandat drama dapat diketahui setelah menghargai drama;

Instruksi Teknis

Ialah instruksi untuk menentukan atau memvisualisasikan skrip dramatis. Instruksi teknis juga biasa disebut teks lateral;

Contoh Naskah Drama

Berikut ini contoh dari naaskah derama yang dapat aadmin ulas di bawah ini. Sebagai berikut:

Contoh Naskah Drama Epilog

prolog

Dani, Anisa dan Linaa ialah teman dekat di sekolah menengah. Tetapi mereka memilih universitas dan jurusan yang berbeda. Dani memilih untuk belajar kedokteran di Jakarta. Anisa telah memilih untuk belajar psikologi di Bandung. Sementara itu, Lina telah memilih spesialisasi teknik di Yogyakarta. Karena kesibukan pelajaran yang harus mereka jalani, pada akhirnya mereka tidak lagi menjalin komunikasi.

Selama bertahun-tahun mereka belum berkomunikasi. Hingga suatu hari, Anisa memutuskan untuk berlibur di Yogyakarta dan pada saat yang sama untuk bertemu temannya Lina, yang selama bertahun-tahun belum dilaporkan. Mereka menghabiskan waktu mengobrol di bar dan bertemu secara kebetulan dengan Dani.

Lina: Kami memesan makanan di bar ini terlebih dahulu. Tenang saja, makanan di sini benar-benar enak.

Anisa: Ya, kita bisa istirahat bersama sebentar. Kakiku terasa sakit di sekitar Malioboro sepanjang hari (sementara aku duduk dan menggosok kakiku di kursi kopi).

Lina: (memberi hormat untuk memanggil pelayan bar) Mas, minta menu!

Anisa: Ngomong-ngomong, bagaimana kamu kuliah? Seberapa halus tesisnya?

Lina: Alhamdulillah, berjalan lancar, kemarin itu ujian proposal. Dan kau?

Anisa: Saya masih dalam bab 3, setelah ini saya ingin mengikuti ujian proposal ketika guru setuju.

Baca Juga :  Teknik Pengajaran Kosa Kata

(Pelayan tiba membawa buku menu ke meja Anisa dan Lina)

Dani: Tolong, Saudaraku, ini menunya.

Lina: (ambil menu sambil melihat pelayan) Oh, Tuhan! Dekan? Apakah kamu bekerja di sini? (Membuka matanya dengan tidak percaya).

Anisa: (lihatlah Deni dengan mata terbelalak) Ini benar, Dani, teman kita di SMA, kan?

Dani: Lina? Anisa? Ya, Allah, akhirnya aku bisa bertemu denganmu lagi (mengulurkan tangan untuk berjabat tangan).

Anisa: Kenapa kamu bisa bekerja di sini? Bagaimana sekolah kedokteran?

Dani: Sejarah panjang Nisa, awalnya saya yakin sudah diterima sekolah kedokteran. Tetapi tepat di tengah jalan, saya bahkan tidak serius belajar dan saya takut darah. Akhirnya saya baru saja meninggalkan kampus.

Lina: Oh, bersabarlah, Dan. Siapa tahu, Anda akan menjadi pengusaha.

Epilog

Akhirnya mereka kembali akrab dan bertukar nomor kontak terbaru. Dani menyadari bahwa selama ini dia tidak tulus dalam perjuangannya untuk mengejar mimpinya menjadi dokter. Namun Anisa dan Lina sebagai teman mereka terus mendukung dan mendorong setiap keputusan Dani. Masih banyak jalan lain menuju sukses di masa depan, asalkan kita ingin serius.

Contoh Naskah Drama 2 orang

Judul: Teman

Pemain: Toni dan Lala

Ringkasan

Seperti biasa, selama liburan sekolah, Toni dan Lala menghabiskan waktu memesan makanan ringan di kantin dan mengobrol. Tapi sore ini ada yang berbeda dari sikap Lala. Dia datang ke sekolah dengan wajah bengkak seolah-olah dia menangis. Toni juga berusaha mencari tahu apa yang terjadi pada sahabatnya.

Dialog

Nida: La, apakah Anda tahu mengapa ikan hidup di air?

Lulu: Saya tidak tahu (menunjukkan wajah cemberut).

Toni: Kenapa begitu? Kenapa kamu terus cemberut?

Lala: Saya punya masalah Ni (saat ia membalik sedotan plastik di gelasnya)

Nida: masalah apa? Tolong beritahu saya, kami sudah lama berteman baik.

Lala: Tidak masalah, itu rumit Ni. Jangan ganggu saya.

Nida: Semua masalah itu rumit. La Saya tidak suka menyimpan masalahnya sendirian. Anda akan stres nanti. Apa gunanya menjadikan saya sebagai sahabat Anda jika Anda ingin berbagi cerita yang sulit?

Lala: Sudah seminggu ini orang tua saya tidak rukun. Mereka sering gelisah karena masalah sepele (sujud).

Toni: Apa masalah yang terus mereka perjuangkan?

Lala: Saya tidak tahu, intinya adalah mereka merasa tidak beradaptasi satu sama lain dan ingin menjauh.

Nida: Kesabaran, Lu, saya harap semua masalah ini dapat diselesaikan dengan cepat. Berdoalah agar itu terisi dengan cepat.

Lala: Saya harap begitu. Tapi sepertinya sulit.

Nida: tidak ada masalah tanpa solusi. Semua masalah harus memiliki jalan keluar, serta masalah yang Anda hadapi. Bahkan jika itu menyangkut orang tua, pasti ada solusi terbaik yang dapat ditemukan. Berdoalah agar masalah ini cepat teratasi. Jangan putus asa dulu.

Lala: Terima kasih, Toni. Terima kasih, masalah saya sedikit berkurang. Setidaknya aku lega karena aku sudah diberitahu.

Toni: Jadi tidak apa-apa. Sekarang coba tebak, mengapa ikan hidup di air? (Sambil menunjukkan wajah lucu untuk menghibur Lala).

Lala: Ada kemungkinan nasib itu (menyentuh bahu Toni dan tersenyum).

Contoh Naskah Drama Pendek

Drama: Impian masa depan

Pemain: Adi, Proyo, Rangga, Ilham

Epilog

Suatu ketika, empat teman berkumpul untuk membicarakan rencana mereka untuk masa depan. Mereka juga terlibat dalam diskusi yang agak serius.

Dialog

Proyo: Belakangan, misalnya, jika Anda dihadapkan pada dua pilihan, Anda bekerja di perusahaan besar tetapi dengan gaji kecil atau bekerja di perusahaan kecil tetapi dengan gaji besar. Yang mana yang Anda sukai?

Rangga: Ya, jika saya memilih perusahaan kecil tetapi gajinya besar.

Adi: Saya tidak setuju! Lebih baik di perusahaan besar, ya meskipun gajinya kecil. Jika kita bekerja di perusahaan besar, masa depan kita lebih pasti.

Proyo: Dan kamu, Ham?

Ilham: Potensi untuk masa depan baik untuk saya. Tidak apa-apa meski gajinya kecil, tetapi sampai di masa depan itu bisa sangat menjanjikan bagi saya.

Proyo: Ini berarti Anda telah memilih untuk bekerja di perusahaan besar daripada di perusahaan kecil, bukan? (menunjuk ke Ilham).

Ilham: Ya benar!

Rangga: Dan Anda, Yo?

Proyo: Ya, jika pilihan mereka kurang lebih sama dengan Ilham. Kami akan melihat keberlanjutan di masa depan. Jika gaji kami tinggi, tetapi tidak ada kelanjutan karirnya, mengapa? (Mengangkat tangannya sambil menggelengkan kepalanya).

Rangga: Ya, Anda benar juga. Yang paling penting adalah jalur karier masa depan.

Adi: Ya, sepertinya pilihan yang paling tepat adalah memikirkan efek jangka panjang. Kenapa bayar besar tapi hanya sementara. Lagi pula, bisnis kecil juga lebih rentan terhadap kebangkrutan, bukan?

Ilham: Oke, sekarang kita sudah tahu pengaruh pemilihan pekerjaan di masa depan. Jadi, nanti, ketika kita melamar pekerjaan setelah lulus, kita harus terlebih dahulu mempertimbangkan manfaat dan kerugian untuk masa depan kita.

Rangga dan Proyo: Siippp!

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai naskah drama. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: