Pembagian Pecahan

Posted on

Pembagian Pecahan – Pada kesempatan kali ini Majalahpendidikan.com akan menjelaskan mengenai pembagian pada bilangan pecahan, kalian dapat membaca dengan seksama artikel pembahasan dibawah ini supaya kalian tidak mendapatkan kesulitan untuk mengerti dan juga memahami perihal tentang pembagian dalam bilangan pecahan.

Pengertian

1 sampul pembagian pecahan

Bilangan yaitu bilangan yang dapat dinyatakan sebagai p atau pun q, dengan p dan juga q yakni bilangan bulat atau pun q ≠0. Bilangan p bisa dinyatakan juga pembilang, sedangkan bilangan pada q dapat disebut dengan istilah penyebut. Perlu untuk kalian ketahui pecahan dapat dinyatakan senilai jika pecahan itu memiliki nilai dan juga angka paling sederhana.

Pengertian mudahnya yakni :

  • Bilangan p = bilangan
  • Bilangan q = penyebut.
  • Dan Pecahan sudah dapat dinyatakan senilai jika dalam pecahan tersebut mempunyai jumlah nilai yang sama yakni sederhana.

Rumus

Perlu untuk kalian ketahui bahwa bilangan pembagian memiliki tiga macam jenis, tiga macam itu, yaitu pembagian pecahan desimal, biasa, dan campuran. Untuk penjelasan lebih jelas kalian dapat simak penjelasan dibawah ini, sebagai berikut:

1. Pembagian Pecahan Biasa

Untuk membagi pecahan biasa cara nya cukup lah mudah dengan membagi pecahan biasa kalian cukup dengan hanya langkah seperti penguraian rumus pada perkalian pecahan, yakni dengan membagi di balik setelah itu melakukan sistem kali.

Contoh Soal 1 :

Cari lah jawaban soal yang ada dibawah ini :

2 contoh soal pembagian pecahan

Penjelasan :

Pertama yang harus kalian lakukan yakni kali bilangan pecahan pembagi, setelah pecahan pembagi sudah kalian balik maka operasi bagi akan berubah menjadi operasi kali sampai bentuknya jadi seperti dibawah ini :

3 contoh jawaban soal pembagian pecahan

Setelah oprasi pembagi berubah menjadi operasi kali setelah itu selanjutnya kalian dapat operasikan pembilang yang d kali dengan pebilang, maka penyebut akan dikali penyebut.

Dari itu nanti akan di dapatkan lah nilai 14/7 dengan begini hasil dari pembagian yang ada di atas masih dapat kalian sederhanakan lagi menjadi 14/7 = 2 .

Jawaban :

4 hasil akhir pembagian pecahan

Konsep dari penyederhanaan pecahan yakni dengan menggunakan sistem membagi pecahan pada pembilang dan juga penyebut dengan menggunakan bilangan yang sama yakni 14 : 7 =2 setelah itu penyebut 7 : 7 =1 hingga kalian jadikan sederhana seperti 2/1 dalam pecahan ini biasanya angka per satu tidak perlu kalian tulisakan, Sehingga didapatkanlah 2.

Contoh Soal 2 :

Cari lah jawaban soal yang ada dibawah ini :

5 contoh soal dua pembagian pecahan

Jawabannya :

6 contoh jawaban soal 2 pembagian pecahan

Penyederhanaannya dari soal tersebut yakni :

7 penyederhanaan soal 2 pembagian pecahan

Penjelasannya :

  • Sama halnya seperti contoh yang sebelumnya yakni pembagi dari 4/5 di balik menjadi 5/4.
  • Setelah itu berlakukan operasi perkalian, pembilang 2 x5, dengan penyebut dikali kan penyebut 7 x 4 maka akan mendapatkan nilai 10/28
  • Karena nilai dari 10/28 masih dapat untuk di sederhanakan maka yang harus dilakukan bagi pembilang dan juga penyebut dengan pembilangan yang sama yaitu di bagi dengan 2 sehingga akan di dapat kan 5/14

2. Pembagian Pecahan Campuran

Pecahan campuran merupakan pecahan yang terdiri dengan sistem bilangan bulat dan juga bilangan pecahan, misalnya sebagai berikut :

8 contoh bilangan pembagian

Kunci mudah dari membagi pecahan campuran yaitu pecahan campuran dapat kalian ubah terlebih dahulu untuk dijadikan pecahan biasa.

Contoh Soal :

Tentukan lah hasil dari pembagian pada pecahan dibawah ini :

9 contoh soal pembagian campuran

Penjelasannya :

Langkah pertama yang perlu kalian lakukan yaitu mengubah oprasi pecahan dalam campuran hingga menjadi pecahan biasa yakni dengan menggunakan cara terlebih dahulu mengalikan penyebut dengan dikalika bilangan bulat setelah itu di tambah pembilang, maka hasilnya dapat di letakkan untuk dijadikan sebagai pembilang dan penyebutnya yang tetap.

Seperti contoh jawabannya dibawah ini :

10 contoh jawaban pembagian campuran

Jika kita telah mendapatkan pecahan yakni 13/2 dan juga 10/3 maka langkah selanjutnya yaitu :

11 penerusan bilangan campuran

Langkah berikutnya yakni sama dengan sistem pembagian dalam pecahan biasa, yaitu sebagai berikut :

12 jawaban lengkap pembagian pecahan

3. Pembagian Pecahan Desimal

Pembagian pecahan desimal ini yaitu pecahan yang memiliki peyebut, mulai dari 10 – 10000 dan seterusnya. Penyebut dapat di idetifikasi menggunakan jumlah angka pada belakang koma, 1 bilangan apabila di belakang koma maka penyebutnya 10, namun jika terdapat 2 bilangan dengan di belakang maka akan jadi penyebutnya 100, jika ada 3 maka penyebutnya akan menjadi 1000 dan seterusnya.

Contoh Soal 1 :

Selesaikan pembagian decimal dibawah ini sebagai berikut :

0,66 : 0,02 = … ?

Jawabannya :

13 contoh soal desimal pembagian pecahan

Jika kaliansudah mendapatkan jawaban pecahan biasa yakni 33/50 dan juga 1/50 maka setelah itu dikarenakan kedua penyebut itu sama-sama mengandung 2 angka pada belakang koma maka penyebutnya menjadi 100.

Setelah itu operasikan penyebut tadi menjadi seperti pembagian pada pecahan biasa, contohnya seperti yang ada dibawah ini :

14 jawaban soal desimal

Contoh Soal 2 :

Selesaikan pembagian decimal dibawah ini sebagai berikut :

2,4 : 0,2 = …?

Jawabannya :

Ubah terlebih dahulu desimal menjadi pecahan, maka akan di dapat lah pecahan dari campuran, maka selanjutnya kalian perlu lakukan seperti langkah yang ada pada pembagian pecahan dengan campuran yakni pecahan campuran diubah menjadi pecahan bisa dilakukan dengan cara mengalikan penyebut terlebih dahulu dengan bilangan bulatnya setelah itu dijumlahkan kepada pembilang, seperti contoh dibawah ini :

15 hasil akhir desimal pembagian pecahan

Demikian lah pembahasan mengenai pembagian pada sistem pecahan semoga dengan adanya artikel ini dapat memudahkan pekerjaan kalian dan dapat bermanfaat untuk kalian semua, Terima Kasih.

Baca Juga :

Rate this post