Perkalian Pecahan

Posted on

Perkalian Pecahan – Pada kesempatan kali ini Majalahpendidikan.com akan membahas mengenai perkalian pada pecahan, kalian dapat membaca baik-baik artikel pembahasan yang ada di sini agar kalian tidak kesulitan untuk memahami dan juga mengerti perihal tentang mengalikan.

Pengertian

1 sampul perkalian pecahan

Pada hakikatnya pengertian dari pecahan merupakan istilah dari sistem matematika yang memiliki induk dari penyebut dan juga pembilang. Perlu untuk kalian ketahui pembilang yaitu bilangan yang dibagi, dan sedangkan penyebut yaitu bilangan yang menjadi pembagi.

Biasanya penulisan dalam pecahan akan nampak lebih mudah dibaca dengan menggunakan nilai dari penyebut dan juga pembilang yang memiliki angka lebih kecil atau juga penggunaan dalam penyebut berbasis 4 atau 8 namun masih tetap mempunyai nilai yang sama.

Rumus

Dibawah ini merupakan contoh dari rumus perkalian pecahan yang dapat kalian lihat sebagai berikut.

2 rumus perkalian pecahan

Biasanya penulisan dalam pecahan akan nampak lebih mudah dibaca dengan menggunakan nilai dari penyebut dan juga pembilang yang memiliki angka lebih kecil atau juga penggunaan dalam penyebut berbasis 4 atau 8 namun masih tetap mempunyai nilai yang sama.

misalnya, setiap orang rumus 1/2 akan lebih disenangi dari pada rumus 400/800, namun 100/1000 ataupun juga 50/1000 sebenarnya akan sangat lebih disenangi daripada pembilangan seperti 675/865.

Perlu untuk kalian ketahui sebenarnya pembilangan ini akan memiliki nilai yang sama yakni 1/2. Maka dari itu, biasanya dalam hal ini dilakukan penyerdehanaan bilangan pada pecahan untuk mempermudah pembacaannya.

Cara Dalam Penghitungan

Dengan berdasarkan kepada rumus perkalian dalam pecahan seperti di contoh atas, pastinya cara menghitung dalam perkalian pecahan tentu sangat lah mudah. Dengan hanya mengalikan pada bilangan penyebut dengan penyebut dan juga bilangan pembilang dengan pembilang.

Contohnya yaitu 2/4 x 2/4, maka mudah saja pembilang cukup kita kalikan saja 2 dikalikan dengan 2, setelah itu untuk penyebut dapat kita kalikan 4 dikalikan dengan 4, sehingga hasilnya akan menjadi :

2/4 x 2/4 = 4/16

Sebagai contoh, misalnya lucky memiliki roti sebanyak 1 buah. kemudian lucky bagi menjadi 2 maka sama dengan 1/2 x 1 , dari sini dapat dipahami setiap potong menhasilkan 1/2 roti (secara rumus matematika : 1/2 x 1 = 1/2). kemudian lucky membagi lagi salah satu bagian tadi yang 1/2 menjadi 2, atau setengah dari tengah roti maka rumus matematikanya yaitu : 1/2 x 1/2 = 1/4.

Berikut merupakan contoh soal :

3 soal perkalian pecahan

Jenis – Jenis

Dibawah ini akan kami bahas tiga jenis perkalian dalam bilangan pecahan supaya kalian dapat lebih memahami perihal mengalikan dalam bilangan pecahan, tiga jenis pada bilangan perkalian yaitu terdiri atas pecahan bulat, pecahan biasa dengan pembilangan bulat, dan juga perkalian campuran sebagai bilangan bulat atau juga bilangan biasa.

1. Perkalian Pecahan Biasa

Mengalikan bilangan pecahan dapat kalian lakukan dengan menggunakan cara mengalikan dengan pembilang bersama pembilang dan juga mengalikan penyebut bersama penyebut.

4 contoh perkalian pecahan

2. Perkalian Pecahan Bulat

Cara untuk mengalikan pecahan biasa menjadi bilangan bulat yaitu dengan mengalikan kembali pembilang bersama bilang bulat setelah itu dibagi dengan penyebut.

5 perbaiakan contoh perkalian bulat pecahan

Contoh Soal :

Lucky ingin membuat sebuah pakaian sehingga memerlukan ½ meter bahan kain. Jika Lucky ingin membuat 3 pakaian maka Lucky akan membutuhkan berapa meter bahan kain?

Jawaban :

Contoh soal cerita dari perkalian pada pecahan diatas dapat kita selesaikan dengan cara sebagai berikut :

6 contoh perkalian pecahan bulat

Jadi jawabannya yaitu 1 ½ meter.

3. Perkalian Bilangan Campur

Perlu juga untuk kalian ketahui penghitung mengalikan dalam bilangan pecahan campuran tentunya sama dengan penghitungan pecahan dalam bilangan pecahan biasa.

Namun sebelum kalian mengalikan kedua bilangan tersebut, kalian harus terlebih dahulu mengubah bilangan pada pecahan campuran untuk dijadikan bilangan pecahan biasa.

Contohnya sebagai berikut :

7 contoh perkalian bilangan campuran

Demikian lah pembahasan mengenai Perkalian Pecahan mulai dari, Pengertian, Rumus dari perkalian pecahan, Cara dalam penghitungan, Jenis – jenis , semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kalian dan juga bermanfaat, Terima Kasih.

Baca Juga :

Rate this post