kebiasan buruk saat bekerja

Contoh kebiasan buruk saat bekerja

Posted on

Hindari 9 kebiasaan saat bekerja ini karena beresiko mengganggu kesehatanmu Loh! – Kesehatan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk selalu dijaga. Terlebih bagi seorang pekerja kantoran yang biasanya secara tidak sadar akan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik yang tentunya beresiko menggangu kesehatan. Nah, apa sajakah kebiasaan tersebut? Berikut ini adalah 9 kebiasaan saat bekerja yang bisa mengganggu kesehatanmu.

kebiasan buruk saat bekerja

Berikut hal buruk yang perlu dihindari

  1. Postur duduk yang salah

Kamu yang bekerja di kantoran biasanya akan sering mencondongkan badan ke arah komputer. Namun tahukah kamu, bila kebiasaan tersebut dibiarkan lama kelamaan akan membuat postur tubuhmu menjadi bungkuk. Lalu, bagaimana postur duduk yang baik? Duduklah dengan posisi lurus dan tegak ketika berada di depan layar komputer dan beristirahatlah sejenak untuk menghindari nyeri leher.

  1. Lembur

Seseorang yang melakukan lembur pada pekerjaannya seringkali tidak melakukan aktivitas fisik di esok harinya dan mengganggu waktu makan, hal tersebut akan mengganggu kesehatan. Nah jika kamu memilki kebiasaan lembur ubahlah secara perlahan. Dan jangan suka menunda-nunda tugas agar tidak menjadi lembur.

  1. Multitasking

Multitasking adalah sesuatu yang tidak baik dalam bekerja, meskipun kamu mungkin terlihat hebat saat bisa melakukannya, Namun Multitasking dapat memicu stress. Sebaiknya beri otak kamu untuk sedikit bernafas.

  1. Duduk terlalu lama

Duduk dalam jangka waktu yang lama juga akan meningkatkan resiko tersejadinya penyakit obesitas, diabetes tipe 2 dan penyakit kordiovaskular. Sebab saat duduk terlalu lama sesorang tidak melakukan aktivitas yang bisa membakar kalori. Untuk mengatasinya kamu bisa menggerakan badan beberapa menit sekali. Selain itu duduk terlalu lama dalam jangka waktu satu tahun juga dapat menyebabkan penyakit osteoporosis yaitu penurunan massa tulang.

  1. Makan sambil kerja

Mungkin kamu adalah salah satu yang suka makan sambil mengetik atau menyelesaikan laporan. Kebiasaan seperti ini adalah kebiasaan buruk yang bisa membawa dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Sebab berpeluang besar untuk bakteri yang ada di meja atau komputer berpindah ke makananmu. Tentunya ini akan menimbulkan penyakit dan bisa membuat diare.

  1. Mengucek mata

Mengucek mata mungkin hal yang sepele, namun kebiasaan tersebut ternyata akan membuat keadaan matamu menjadi memburuk. Karena kuman dari tangan setelah menyentuh meja atau komputer dan gerakan menggosok yang mungkin terlalu kencang membuat kondisi mata menjadi sensitive.

  1. Terlalu banyak minum kopi

Menghilangkan rasa kantuk saat bekerja memang manjur bila dengan mengkonsumi kopi. Namu, tahukah kamu? bila berlebihan mengkonsumi kopi juga tidak baik. Jadi batasilah takaran kopimu ya. Agar kesehatanmu juga tidak terganggu.

  1. Menyilangkan kaki

Banyak yang tidak tahu dan menganggap ini sepele. Sadar atau tidak duduk menyilangkan kaki di kursi kerja adalah kebiasaan yang tidak ideal untuk kesehatanmu. Hal tersebut bisa saja memicu terjadinya nyeri di pinggul, punggung maupun leher. Oleh karena itu duduklah dengan posisi kaki sejajar agar tubuh tetap sehat dan menghindari nyeri punggung.

  1. Memangku Wajah dengan Tangan
BACA INFO LAIN  Beasiswa: Pengertian, Jenis dan Tujuan

Memangku wajah dengan tangan adalah posisi yang sangat nyaman untuk seseorang ketika jenuh dengan pekerjaan. Namun, posisi seperti ini justru menimbulkan dampak buruk untuk kesehatan. Mengingat tangan adalah tempat yang strategis untuk dihinggapi berbagai bakteri karena banyak menyentuh benda.

 

Nah, jika kamu memiliki salah satu dari 9 kebiasaan-kebiasaan saat bekerja diatas, Yuk, mari ubah dan perbaiki kebiasaan tersebut. Karena kesehatan kamu kedepan sangat bergantung pada perubahanmu. Selamat mencoba, karena lebih baik mencegah daripada mengobati!

Gravatar Image
Hobi nulis untuk sesuatu yang bisa bermanfaat untuk orang lain tanpa mengurangi kualitas isi dan maksud dalam pembhasan. Lulusan sarjana pendidikan di salah satu universitas semarang jawa tengah.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of