Contoh Majas Eufimisme

Posted on

Contoh Majas Eufimisme – didefinisikan sebagai bentuk ekspresi yang mengekspresikan ekspresi halus dengan mengganti ekspresi yang dianggap kasar dengan kata-kata yang lebih baik sebagai bentuk sikap yang lebih tidak sopan. Menurut ulasannya, eufemisme berasal dari bahasa Yunani “eufeminina” yang berarti “kata-kata yang baik”.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Majas Eufimisme. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Contoh.

Pengertian

Secara linguistik, eufemisme berasal dari kata eufemisasi, dalam bahasa Yunani yang berarti “kata-kata yang baik. Sementara dalam istilah, bentuk eufemisme dapat didefinisikan sebagai bentuk halus atau ekspresi yang digunakan sebagai kata pengganti untuk ekspresi yang didengar. yang keras.

Contoh Majas Eufimisme

Selain itu, ada juga yang menafsirkan bentuk eufemisme sebagai ungkapan atau gaya bahasa lunak yang dimaksudkan untuk menghindari kata-kata kasar atau kata-kata yang tidak sopan untuk mempertahankan label.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa fungsi eufemisme adalah untuk memperlancar niat kalimat agar lebih terdidik agar tidak menciptakan kesan menyinggung orang lain.

Fungsi dan Tujuan Majas Eufemisme

Digunakan tidak hanya dalam percakapan sehari-hari, tetapi juga dalam acara atau kegiatan formal lainnya. Tujuan utamanya jelas untuk menghormati orang lain agar tidak merasa terhina dengan penggunaan istilah yang ada. Karenanya jenis kerjasama ini sering digunakan dalam kegiatan dan / atau dokumen resmi. Jadi dapat disimpulkan bahwa majas ini memiliki 2 fungsi khusus, yaitu:

a.) Hormati pembicara sehingga mereka tidak merasa terhina dengan penggunaan istilah yang ada. Karenanya jenis kerjasama ini sering digunakan dalam kegiatan resmi atau dokumen.
b.) Dapat lebih menyempurnakan kalimat, majo ini umumnya digunakan tidak hanya dalam percakapan sehari-hari tetapi juga dalam hal-hal lain.

Contoh Frasa Majas Eufemisme

Saya sadar bahwa saya adalah pelayan di tempat seperti ini, selama adik-adik lelaki saya bisa melanjutkan pendidikan. (Pembantu)
Widia meminta izin untuk kembali ke tengah seminar. (ke kamar mandi).
Ghani adalah seorang tuner, jadi dia tidak bisa menyanyikan lagu dengan baik. (cacat suara / nada).
Batang besi adalah tempat bagi orang yang melakukan kesalahan atau melanggar hukum. (Penjara).
Dinda dihukum dua kali lipat tuna dari usia 15 ketika dia tidak bisa berjalan atau bahkan mendengar. (tuna ganda = handicap gabungan).
Anaknya sedikit di belakang teman-temannya (kurang cerdas).
Setelah kecelakaan pesawat kemarin, dia dirawat cukup lama karena tiba-tiba menjadi juru bicara. (Saya tidak bisa bicara)
Bingung dan tak mampu bekerja di mana pun, pada akhirnya Marni memutuskan untuk bekerja sebagai pelacur. (Pelacur)
Sementara keluarga paman ini akan tinggal bersama kami, bantu pamanmu yang sekarang menjadi tunawisma. (tidak ada tempat tinggal)
Karena kebutuhan ekonomi, Jessica terpaksa menjadi pelacur di kota. (Pelacur)
Dia telah mengklaim kedua matanya tadi malam, jadi dia sekarang buta. (tidak bisa melihat)
Pria itu tidak tuli lama sebelum kecelakaan mengerikan terjadi di jalan Soekarno-Hatta. (tidak bisa mendengar)
Wanita tua tanpa kata itu sekarang menjadi pengusaha butik terkenal di kota Jakarta. (Saya tidak bisa bicara)
Saya tidak bisa bekerja di sini lagi, mungkin saya harus pulang besok. (mengundurkan diri)
Faith percaya bahwa hubungan itu tidak dapat dilanjutkan, jadi urus urusan orang lain! (Break)
Gadis cantik dengan gangguan penglihatan ternyata sangat pandai berbicara bahasa Inggris dan Mandarin. (tidak bisa melihat)
Maksud saya hal penting bahwa nenek kami meninggal karena anugerah tadi malam. (Mati)
Saya harap Anda tidak terkejut mendengar berita ini, ayahmu harus menghadapi Tuhan di saat-saat kritis ketika dia berada di rumah sakit. (Mati)
Para pelacur yang saling terkait dalam operasi yang terkonsentrasi kemarin malam dieksplorasi dan dipandu oleh layanan sosial kota Bandar Lampung. (Pelacur)
Pendengaran nenek itu mulai memiliki masalah, saya pikir dia bisa segera menjadi tuli. (tidak bisa mendengarkan)
Karena banyak peraturan telah dilanggar, polisi kini dibebaskan. (Dipecat)
Legislator sensasional yang sering tampil di televisi sekarang dikenakan sanksi yang melanggar kode etik dan diancam dengan istirahat dari mandat mereka. (Ditolak)
Jika Anda datang di hadapan Tuhan, Anda harus mengganti posisi ayah sebagai presiden perusahaan kami. (Die)
Pina merasa gugup ketika dia mendapat informasi bahwa dia akan segera dipindahkan untuk bekerja pada akhir bulan. (Dipindahkan)
Meskipun ada keterbatasan mental, Kosim terus berdoa dengan tekun di jemaah di masjid. (tidak bisa melihat)
Meskipun profesinya hanya sebagai asisten toko, gadis ini memiliki komitmen kuat untuk meningkatkan ziarah ibu dan ayahnya. (Penjaga Toko)
Mari kita berdoa bersama agar teman yang mendahului kita dapat diterima oleh jiwanya di mata Tuhan. (Corpse)
Kami mohon maaf jika anak kami mengalami kesulitan memahami pelajaran sekolah, harap dipahami bahwa anak kami tertinggal di belakang anak-anak seusianya. (keterbelakangan mental)
Saya akan minta maaf sejenak, jika Anda ingin melanjutkan, silakan! (Bath)
Tidak ada yang mengira bahwa wanita cantik itu adalah seorang penyandang cacat. (Saya tidak bisa bicara)

Baca Juga :  Majas Simile

Contoh Frasa Majas Eufemisme dan Penjelasannya

a.) Lulusan lembaga perguruan tinggi terkenal di Indonesia tidak malu bekerja sebagai pelayan restoran kecil.

Penjelasan:

Istilah “pelayan” dalam kalimat, arti sebenarnya adalah “pelayan restoran”.

b.) Di sekitar lingkungan ini masih ada banyak tunawisma yang berkeliaran di jalanan.

Penjelasan:

Istilah “tunawisma” berarti seseorang yang tidak memiliki tempat tinggal atau di rumah. Istilah tunawisma membuat ekspresi makna yang disarankan lebih halus daripada pernyataan dengan bentuk kata yang sebenarnya.

c.) Anak itu tuli ketika berkomunikasi dengannya harus dengan lambaian tangan.

Penjelasan:

Istilah “tuli” di atas memiliki arti orang yang tidak dapat mendengar atau yang tuli. Ungkapan dengan istilah “tuli” adalah bahwa ia memiliki kesan yang lebih bijaksana atau sopan daripada bentuk sebenarnya dari kata “tuli”.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Majas Eufimisme. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: