Cerita Fantasi

Posted on

Cerita Fantasi – Merupakan suatu cerita dengan memiliki konsep fantasi di mana pada isi cerita-cerita tersebut memiliki atau mengandung unsur-unsur imajinatif penulis.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Cerita Fantasi. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Unsur, Cara dan Contoh.

Pengertian

Dalam cerita fantasi ini, sesuatu yang jika tidak mungkin terjadi di dunia nyata akan tampak normal. Baik karakter, latar atau peristiwa dalam cerita ditulis secara eksklusif oleh penulis dan tidak ada di dunia nyata. Meskipun mirip, telah dimodifikasi.

Cerita-cerita fantasi bertujuan untuk membuat pembaca muncul di dunia imajinatif penulis sehingga pembaca dapat mengembangkan imajinasinya. Cerita-cerita fantasi sangat cocok untuk diberikan kepada anak-anak selama perkembangan otak karena imajinasinya sangat tinggi. Namun, cerita fantasi sering dibaca oleh orang dewasa karena dianggap hiburan.

Susunan Cerita Fantasi

Cerita-cerita fantasi memiliki struktur penulisan yang hampir sama dengan teks naratif yang terdiri dari orientasi, konflik, resolusi dan akhir. Tetapi tidak semua kisah fantasi mencakup ketiga struktur.

Ada beberapa cerita fiksi yang hanya menekankan konflik atau imajinasi yang dibuat oleh penulis sehingga pembaca sering tidak peduli dengan struktur cerita untuk dibaca.

Ending

Ending atau cerita terakhir adalah sampul fiksi. Akhiran biasanya akan dibagi menjadi dua, yang berarti akhir yang bahagia di mana karakter utama dengan karakter yang baik akan hidup bahagia atau sedih berakhir di mana karakter yang baik atau buruk akan berakhir dalam cerita yang buruk. Akhir cerita adalah bagian yang paling ditunggu karena tujuan cerita diilustrasikan di sini.

Resolusi

Resolusi merupakan dari masalah yang terjadi. Di sini, konflik mulai mereda dengan kehadiran perantara atau karakter dengan karakter yang secara bijaksana digambarkan sebagai penyelesaian konflik. Resolusi di sini adalah teks dari cerita imajiner yang berfungsi sebagai informasi yang menentukan yang akan terjadi di akhir cerita. Resolusi akan sangat mempengaruhi penampilan akhir.

konflik

Struktur konflik adalah bagian di mana masalah dimulai yang nantinya akan menjadi inti dari kisah fantasi. Konflik di sini adalah puncak dari sebuah cerita dan bahkan pembaca cenderung merasa ingin terus membaca akhir cerita karena mereka ingin tahu kelanjutan konflik seperti apa. di bagian ini, karakter dan karakter mereka akan dimunculkan dengan cara yang lebih dominan.

Orientasi

Orientasi cerita fantasi berisi pengantar nama karakter, pengaturan adegan, suasana acara, tema dan deskripsi singkat dari plot yang akan diceritakan di masa depan. Pada bagian ini, karakterisasi yang dapat menggambarkan seperti apa cerita selanjutnya biasanya diperkenalkan. Biasanya bagian orientasi berisi “kait” yang dapat menarik pembaca.

Contoh Dari Cerita Fantasi

Berikut ini ada beberapa contoh dari cerita-cerita fantasi, antaralain.

Contoh Cerita Fantasi Singkat

3 Butir Emas Dan Elisa

Di sebuah pondok tua tinggal seorang gadis bernama Elisa dengan ibu dan saudara perempuannya. Ayahnya telah meninggal sehingga tulang punggung keluarga hanyalah ibunya. Elisa harus meninggalkan sekolah karena ibunya tidak mampu membayar sekolah Elisa. Untuk membantu ibunya, Elisa bekerja untuk tetangganya yang memiliki rumah besar. Suatu pagi ketika dia akan bekerja, Elisa melihat seorang kakek tua.

Kakek tua itu tampak sangat lelah dan jatuh di jalan. Kakeknya kemudian meminta bantuan dan Elisa segera membantu kakeknya. Elisa kemudian merawat luka kakeknya saat dia berbicara. Sang kakek bertanya tentang kehidupan Elisa dan Elisa menceritakan semuanya padaku. Setelah cukup istirahat, Elisa menawarkan untuk mengambil kakek itu, tetapi lelaki tua itu menolak dan memberinya sehelai kain.

Di selembar kain yang disumbangkan oleh kakek tua, ada 3 jagung berwarna emas. Kakek tua itu memperingatkan bahwa jagung ini adalah jagung ajaib. Jika ditanam dengan ketulusan dan kesabaran, maka akan membuahkan hasil yang memuaskan. Elisa berterima kasih dan terus bekerja. Setelah kembali ke rumah, Elisa memberi tahu ibunya tentang kecelakaan dan jagung emas.

Sang ibu kemudian meminta Elisa untuk menanam gandum di belakang rumah. Setiap pagi Elisa menyirami gandum dan pada sore hari ibunya membantu mengurus gandum. Setelah jagung tumbuh, Elisa terkejut ketika dia akan memasak jagung, tetapi semua biji jagung terbuat dari emas. Elisa kemudian memberitahunya kepada ibunya. Keduanya berencana menjual jagung emas.

Jagung emas selalu membawa buah seminggu sehingga keluarga Elisa hidup dengan baik. Setelah merasa cukup sehat, tanaman jagung lainnya kemudian berbagi biji jagung emas dengan tetangga dan orang miskin untuk menikmati hasil jagung. Meski sudah cukup, Elisa selalu baik dan senang membantu orang lain.

Contoh Cerita Fantasi Panjang

Ikan Mas

Di tepi desa dekat sungai, tinggal keluarga dari dua anak perempuan dan seorang ibu janda. Ayahnya sudah lama meninggal dan ibunya sakit. Kedua anak itu bernama Ninda dan Andini. Keduanya memiliki sifat yang sangat berlawanan. Andini, yang merupakan putra tertua, memiliki sifat arogan dan keras kepala dan selalu menantang perintah orang tuanya.

Sementara Ninda adalah saudara perempuan Andini yang memiliki sifat ramah, sabar, baik hati dan selalu mematuhi orang tuanya. Sepulang sekolah, Ninda selalu membantu ibunya menaruh barang-barangnya setelah ia kembali dari pasar. Ninda juga sangat rajin membantu semua pekerjaan rumah tangga. Rahmat ibunya, yang lelah bekerja dan harus melakukan semua pekerjaan rumah.

Baca Juga :  Majas Pradoks

Sementara Andini, kakaknya sangat arogan dan malas. Sepulang sekolah, Andini langsung bermain dengan teman-temannya. Dia tidak ingin membantu ibunya, apalagi membantu pekerjaan rumah. Pakaiannya dicuci oleh Ninda. Andini pulang hanya ketika dia lapar dan meminta uang kepada ibunya. Meski begitu, Ninda tidak pernah mengeluh tentang sifat kakaknya.

Suatu hari Minggu, Ninda meminta ibunya untuk memancing di sungai dekat rumahnya sebagai makanan tambahan untuk makan siang. Ninda, yang kemudian tinggal sendirian, mulai memancing di sungai dengan peralatan seadanya. Segera setelah itu, kail Ninda ditarik oleh seekor ikan. Ninda terkejut karena ikan yang didapatnya adalah ikan emas besar.

Akhirnya Ninda memutuskan untuk membawa pulang ikan itu dan memberi tahu ibunya betapa indahnya ikan itu. Ninda bermaksud untuk tidak memasak ikan dan menyimpannya lebih jauh. Ibu Ninda kemudian menerima keinginan putranya untuk memelihara ikan yang baru saja dia tangkap. Ninda meletakkan ikan di bain-marie, lalu pergi mencari makanan lagi.

Setelah kembali ke rumah, Ninda terkejut karena di sekitar bak mandi tempat dasi diletakkan ada 2 buah sisik emas yang terlepas dari badan ikan. Ninda kemudian memberi tahu ibunya dan berencana untuk menjual tangga emas. Ternyata benar, timbangan ini berwarna emas dan bisa dijual. Akhirnya Ninda dan ibunya menjual timbangan emas dan uang itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Ikan terus memancarkan timbangan emas seminggu sekali tanpa sepengetahuan Andini. Andini yang mulai curiga karena rumahnya selalu penuh dengan makanan enak dan pada akhirnya hal-hal baru memintanya. “Di mana kamu mendapatkan semua ini”. “Semuanya diberkati oleh Tuhan,” kata ibunya. Sang ibu kemudian menyarankan Andini untuk tidak melempar atau melukai ikan Ninda.

Suatu hari, Ninda dan ibunya belum kembali dari pasar, sementara Andini sangat lapar karena dia baru saja kembali dari permainan. Melihat kerudung makanan dan keranjang nasi yang kosong, Andini merasa kaget dan marah. Dia kemudian mencari makanan sambil memukul-mukul barang di dapur. Akhirnya Andini melihat ikan emas Ninda di sebuah tangki dekat dapur.

Andini, yang sedang sekarat karena kelaparan dan menjadi marah karena ibu dan saudara perempuannya tidak siap untuk segera makan, mengambil ikan emas tanpa memperhitungkan pesan ibu untuk tidak melukai ikan emas. Andini kemudian memotong ikan emas dan menggorengnya lalu memakan ikan emas ajaib yang telah memberikan kesejahteraan bagi keluarga.

Setelah pulang dari pasar, Ninda dan ibunya sangat terkejut melihat dapur kedai dan tulang ikan di atas meja makan. Ninda kemudian memandangi tangki tempat ikan emas itu diletakkan, ternyata ikan emas itu sudah tidak ada. Ninda kemudian menyadari bahwa tulang-tulang di atas meja makan adalah duri ikan emas kesayangannya yang telah dimakan oleh kakaknya.

Ninda kemudian menangis dan mengubur duri yang tersisa dari ikan emas. Setelah Andini kembali, ibunya langsung meminta ikan emas saudara perempuannya. Andini menjawab dengan santai, “Aku sudah memasak, karena kamu lapar dan kamu belum memasak untukku hari ini”. Merasakan kesombongan putranya, ibunya merasa sedih dan tersentak oleh sifat putra tertua.

Sekarang ikan emas yang memberi kesejahteraan keluarga telah hilang. Andini kesal setiap hari karena dia harus kembali menjadi benar-benar biasa-biasa saja dan makan makanan manja. Kalau saja dia bisa menunggu sebentar dan mendengarkan pesan ibunya, pasti keluarga mereka akan tetap makmur.

Contoh Cerita Fantasi Lucu

Balas Budi Dari Singa

Di satu desa tinggal seorang pemuda miskin dan betang kara. Dia tidak memiliki properti selain gubuk yang rapuh bagi orang tuanya. Untuk menghidupi dirinya sendiri, anak muda itu selalu mencari bahan bakar di hutan dan kemudian menjual atau menukar kebutuhan dasar lainnya. Meskipun kekurangan kehidupan, tetapi pemuda itu sangat baik dan sabar.

Ketika suatu hari pemuda itu mencari kayu bakar, dia mendengar deru singa di balik semak-semak kesakitan. Dengan cemas, di ujung singa itu merengek karena sepotong kayu menusuk punggung singa. Dengan rasa takut, pemuda yang merasa khawatir dan belas kasihan itu datang ketika dia mencoba menenangkan singa.

Tenang, hai raja hutan, aku tidak akan menyakitimu atau memburumu. Saya akan membantu Anda melepaskan duri di punggung Anda. “Mendengar kata-kata pemuda itu, singa berhenti kemudian seolah mengundang pemuda itu untuk membantunya. Tak lama setelah itu duri pada singa telah berhasil terlepas. Pemuda itu kemudian melarikan diri karena takut dimakan.

Ketika dia ingin kembali ke tempat itu untuk mencari kayu bakar, dia secara tidak sengaja menabrak kereta emas raja yang lewat, sehingga kereta terbalik. Meskipun dia berlutut dan meminta maaf, raja kemudian meminta para pengawalnya untuk menangkap dan memenjarakan pemuda yang malang itu. setelah beberapa hari di penjara, pemuda itu akhirnya dihukum mati.

Bahkan pada hari-hari tertentu, pemuda itu ditempatkan di ruangan gelap yang penuh dengan binatang buas. Dengan perasaan sedih dan pasrah, ia mengajukan diri untuk menjadi makanan bagi hewan liar. Tetapi betapa terkejutnya pemuda itu ketika bintang di ruangan itu tidak menyentuhnya sama sekali. Setelah bergerak di sore hari, ia mulai melihat binatang apa yang ada di ruangan itu.

Binatang itu adalah singa yang dia selamatkan beberapa hari yang lalu. Singa itu ternyata adalah binatang favorit raja. Pria muda itu kemudian bertanya, “mengapa kamu tidak menuruti perintah raja untuk memakanku, singa?” Sang singa kemudian menjawab, “Bagaimana saya bisa melukai seseorang yang berperan dalam membantu saya dan menyelamatkan saya”.

Baca Juga :