Contoh Esai Kesehatan

Posted on

Contoh Esai Kesehatan – Esai berisi ekspresi dan pendapat manusia tentang subjek, oleh karena itu esai berbeda dari artikel ilmiah atau pendapat yang merupakan pesan faktual. Berikut ini adalah contoh esai tentang kesehatan masyarakat.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Esai Kesehatan. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Definisi, Karakteristik, Macam-Macam dan Contoh.

Definisi

Esai adalah prosa yang berurusan dengan masalah transisi dari sudut pandang pribadi penulis. Esai penulis disebut esai. Esai sebagai bentuk tulisan dapat bersifat informal dan formal. Esai tak resmi menggunakan percakapan, dalam bentuk salam “Aku” dan seolah-olah seseorang berbicara langsung kepada pembaca. Sedangkan untuk esai formal, pendekatannya serius. Penulis menggunakan semua persyaratan tertulis.

Contoh Esai Kesehatan

Esai adalah komposisi prosa singkat di mana penulis mengekspresikan pendapat tentang subjek tertentu. Esai utama terdiri dari tiga bagian: pengantar yang berisi informasi latar belakang yang mengidentifikasi subjek diskusi, dan pengantar untuk subjek; badan esai yang menyajikan semua informasi tentang subjek; dan akhirnya, sebuah kesimpulan yang menarik kesimpulan, mengulang gagasan utama, ringkasan dari bagian utama esai atau menambahkan komentar tentang masalah ini.

Karakteristik Esai

A} Esai dalam bentuk prosa, yang berarti bahwa itu dalam bentuk komunikasi biasa, menghindari penggunaan bahasa dan ekspresi kiasan. Singkatnya, artinya bisa dibaca secara kebetulan.

B} Memiliki gaya yang khas. Penulis esai yang baik akan memiliki fitur dan gaya yang berbeda yang membedakan karya-karyanya dari gaya penulis lain.

C} Selalu tidak lengkap, artinya penulis memilih aspek penting dan menarik dari objek dan subjek yang akan ditulis. Penulis hanya memilih aspek-aspek tertentu yang akan diteruskan ke pembaca.

D} Kenali integritas surat itu. Meskipun esai adalah surat yang tidak lengkap, itu harus seragam dan memenuhi persyaratan surat dari pengantar, pengembangan hingga penyelesaian. Di dalam koherensi logis dan kesimpulan. Penulis harus menyatakan argumennya dan tidak mengizinkan pembaca untuk bergantung pada awan.

E} Kehadiran nada pribadi atau pribadi yang membedakan esai dari jenis karya sastra lainnya adalah karakteristik pribadi. Karakteristik pribadi dalam menulis esai adalah ekspresi penulis tentang dirinya sendiri, pandangannya, sikapnya, pemikirannya dan harapannya dalam hubungannya dengan pembaca.

Macam-Macam Esai


Di bawah ini adalah beberapa jenis esai antara lain

1} Esai Kukilan
Sifat esai ini memungkinkan penulis untuk mengungkapkan beberapa aspek kehidupan pribadinya kepada pembaca. Melalui angsuran, pembaca dapat mengetahui sikap penulis terhadap tipe pribadi yang diungkapkan. Di sini penulis tidak menulis biografi. Ia hanya memilih bagian utama kehidupan dan karakter pribadi.

2} Esai Reflektif
Esai reflektif secara formal ditulis dalam nada baca yang serius. Penulis berbicara secara mendalam, tulus dan hati-hati tentang topik-topik penting yang berkaitan dengan kehidupan. Misalnya, kematian, politik, pendidikan dan sifat manusia. Esai ini ditujukan kepada para ilmuwan.

3} Esai Deskriptif
Jenis esai ini dapat ditulis oleh subjek atau subjek apa saja yang dapat menarik perhatian penulis. Dia bisa menggambarkan rumah, sepatu, pantai, dan sebagainya.

4} Esai Kritis
Dalam esai ini, penulis fokus pada deskripsi seni; misalnya, lukisan, tarian, patung, patung, teater dan sastra. Esai ini membangunkan pembaca untuk memahami pemikiran dan perasaan penulis tentang sebuah karya seni. Kritik terhadap karya sastra disebut kritik sastra.

5} Esai pribadi
Esai ini hampir sama dengan esai. Namun, esai pribadi ditulis oleh seseorang tentang dirinya sendiri. Penulis akan mengumumkan saya sebagai saya. Saya akan bercerita tentang saya dan pandangan hidup saya. Dia mengekspos dirinya sendiri.

6} Judul esai
Jenis esai ini dapat dilihat di koran atau majalah. Artikel ini dikhususkan untuk presentasi pandangan dan posisi surat kabar atau majalah tentang masalah tertentu. Dengan judul esai, surat kabar membentuk opini pembaca. Esai semacam ini tidak selalu menunjukkan nama penulisnya.

Contoh Esai Kesehatan

Berikut ini anda bisa melihat contoh dari keterangan diatas dibawah ini:

Contoh 1

Kesehatan sangat penting bagi semua orang tanpa membedakan status sosial mereka. Jika seseorang sakit, ia tidak akan dapat memenuhi berbagai tugas dan kewajiban. Ini akan mempengaruhi kelangsungan hidup dan keluarganya. Karena itu, semua orang berjuang demi kesehatan mereka. Tapi, sayangnya, penyakit itu sering tiba-tiba masuk ke kehidupan manusia. Bagi orang yang mampu membelinya, mereka dapat dengan mudah mendapatkan perawatan atau perawatan dengan biaya sendiri. Tapi bagaimana dengan nasib orang miskin? Bagi mereka, kesehatan adalah hal yang sangat mahal. Jika mereka sakit, itu sangat menakutkan. Akan sangat sulit bagi mereka untuk pulih dari penyakit ini karena perawatan medis yang buruk di negara kita, terutama untuk kelompok-kelompok seperti mereka.

Sangat sulit bagi orang miskin untuk mendapatkan perawatan medis yang memuaskan. Mereka harus mematuhi berbagai kondisi yang ditetapkan oleh rumah sakit. Kondisi ini menjadi alat yang menyulitkan pasien dari warga miskin untuk menerima perawatan medis. Rumah sakit lebih peduli tentang kondisi daripada layanan yang diberikan.

Pasien miskin sering menerima berbagai perawatan di rumah sakit. Mereka dibuat oleh pasien dari kelas dua. Rumah sakit memberikan prioritas kepada pasien yang memiliki uang daripada pasien yang menggunakan Jamkesmas (Asuransi Kesehatan Masyarakat). Bahkan jika mereka mati, mereka harus siap menunggu pasien yang memiliki uang. Diskriminasi layanan inilah yang membuat orang kecewa dengan tindakan pemerintah, terutama di sektor kesehatan.

Baca Juga :  Polisemi

Upaya pemerintah untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat miskin melalui Jamkesmas belum diimplementasikan dengan baik. Banyak pasien yang menggunakan Jamkesmas masih dipersulit oleh masalah administrasi. Pemerintah harus memberikan perhatian khusus untuk menyelesaikan masalah ini. Ini karena kesehatan adalah hak dasar setiap warga negara. Negara berkewajiban menyediakan asuransi kesehatan bagi warganya, termasuk orang miskin.

Itu jelek, miskin, kurang cerdas dan hidup kembali! Jadi Tukul sering tertawa. Anak-anak seperti itulah yang mengisi sekolah dasar kami dari tahun ke tahun. Apakah Anda merasa buruk mengendarai sekolah ini? Apakah ada alasan untuk setia kepada siswa saya?

Contoh 2

Berita tentang prosesi nasional flu burung di berbagai media cetak memberi gambaran tentang luas dan cakupan masalah ini. Masyarakat didorong untuk khawatir dan takut akan kasus flu burung ini. Akibatnya, hal ini dirasakan tidak hanya oleh masyarakat itu sendiri, tetapi dunia ternak, yang dianggap sebagai pembawa wabah, juga terbebani.

Sebuah kasus di Indonesia menunjukkan bahwa flu burung benar-benar memengaruhi banyak orang awam, bukan pekerja sel. Bagaimana jika kita melanjutkan identifikasi, itu akan menjadi pertanyaan besar. Apakah mudah virus H5N1 menyebar ke manusia, atau adakah faktor lain dalam kasus kematian manusia, sementara flu burung hanyalah kekuatan pendorong kematian?

Virus ini sebenarnya tidak membuat manusia menjadi habitat seumur hidup. Ini berarti pertumbuhan optimal pada ayam, bebek dan unggas lainnya. Kemungkinan pindah ke orang masih menjadi pertanyaan besar, apakah itu perantara atau langsung. Perhatikan bahwa virus ini membutuhkan media lampiran sehingga tidak dapat terbang di udara langsung ke saluran udara. Karena itu, kecemasan berlebihan tidak diperlukan jika orang terbiasa membersihkan tubuh mereka setelah unggas bersentuhan dengan deterjen.

Kenapa besar?

Kasus flu burung di negara lain tidak sebesar di Indonesia. Sangat menarik untuk menjadi bahan untuk studi dan refleksi tentang apakah kebijakan pemerintah benar dalam memerangi flu burung atau sebaliknya. Sebenarnya ada dua masalah besar dalam mengelola masalah ini. Pertama, ini adalah masalah teknis untuk mengatasi, dan kedua, diplomasi.

Di era sebelum SBY, meskipun kasus flu burung sudah diketahui, rejimen pengobatan biasanya hanya dilakukan oleh departemen terkait. Keuntungannya adalah bahwa masalahnya tidak berlaku untuk media secara luas. Kerugiannya adalah dana terbatas, sehingga perhitungannya tidak lengkap.

Di era pemerintahan SBY, presiden dipanggil kembali untuk membantu menyelesaikannya. Dengan meningkatnya kasus flu burung ke RI1, mau tidak mau menjadi diketahui tentang kasus flu burung. Dengan demikian, setiap flu, disertai dengan demam dan kendala, selalu dikaitkan dengan flu burung, meskipun H5N1 belum memiliki efek positif terhadapnya. Akibatnya, orang menjadi lebih khawatir.

Meskipun ada masalah di daerah tropis seperti Indonesia, infeksi saluran pernapasan sangat dinilai. Akibatnya, diagnosis adalah masyarakat umum dan media, yang bertanya bolak-balik. Karena tidak akurat, akhirnya dilaporkan sebagai flu burung yang mencurigakan. Tentu saja, ini tidak menyelesaikan masalah, tetapi ini merugikan model kontrol nasional dan pengendalian flu burung.

Selain kerugian, tentu saja, ada manfaat yang didapat, misalnya, dari pembiayaan internasional, sehingga menjadi pekerjaan besar dan proyek besar bagi lembaga dan orang-orang tertentu. Dana besar juga berguna untuk manajemen flu burung yang terintegrasi dan berkelanjutan. Sayangnya, masalah flu burung masih belum ada tanda-tanda berhenti.

Langkah-langkah diplomasi dan teknis

Untuk alasan ini, ada dua pendekatan yang harus dapat segera diambil oleh pemerintah, yaitu: satu sisi – diplomasi flu burung, dan yang lainnya – penanggulangan teknis oleh departemen terkait. Langkah diplomatik yang dapat diambil oleh pemerintah dan seharusnya SBY atau JK, karena masalahnya sudah begitu besar, adalah dengan segera memberikan informasi bahwa flu burung bukan masalah besar, dan cara penularannya ke masyarakat tidaklah mudah .

Kematian di dunia, yang masih sekitar 150, masih sangat tinggi dibandingkan dengan kematian manusia akibat HIV di Amerika Serikat saja, yang mencapai 18.017 orang pada tahun 2003 dari 43.171 pasien dengan HIV. SBY akan mengumumkan di forum internasional bahwa Indonesia dapat menangani sendiri kasus-kasus flu burung. Tanda-tanda yang ditemukan dalam kasus flu burung, yang tersebar luas di dunia internasional, sehingga “maaf”, yang membuat kasus ini benar-benar menakutkan dan mengkhawatirkan.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Esai Kesehatan. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.