Contoh Autobiografi

Posted on

Contoh Autobiografi – Kata “autobiografi” berasal dari kata Yunani “αὐτός-autos”, yang berarti dalam dirinya sendiri, βίος-bios, yang berarti kehidupan, dan γράφειν-graféin, yang berarti “menulis.”

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Autobiografi. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Karakteristik dan Contoh.

Pengertian

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ditulis secara mandiri. Pengalaman tertulis disajikan dalam bentuk hal-hal kecil, keadaan yang dialami sebelum situasi penulis saat ini.

Contoh Autobiografi

Autobiografi adalah biografi yang menceritakan kisah kehidupan pribadi seseorang atau kisah hidupnya, yang ditulis sendiri.

Penulis biografi biasanya sangat bergantung pada sudut pandang yang berbeda, serta pada berbagai dokumen. Tetapi ini berbeda dari autobiografi, yang hanya didasarkan pada ingatan penulis penuh.

Karakteristik Autobiografi

  • Sebagai aturan, sediakan hanya informasi positif. Bahkan, otobiografi kadang-kadang ditulis dalam konteks citra seorang politisi.
  • Sebagai aturan, teks ini ditulis sedemikian rupa sehingga orang lebih mengenalnya, dan juga tahu apa yang dilakukan selama hidupnya, sehingga bisa dipelajari dan pelajaran berharga yang terkandung di dalamnya.
  • Teks yang berisi jalur kehidupan seseorang yang ditulis oleh karakternya sendiri atau dengan bantuan penulis lain.
  • Teks ini biasanya berisi informasi yang menceritakan tentang masa hidup karakter itu sendiri, dari masa-masa sulit hingga mencapai tujuannya.

Contoh Autobiografi

Di sini, untuk memudahkan Anda memahami dari penjelasan di atas. Anda dapat melihat contoh di bawah ini:

Contoh Mengenai Diri Pribadi 1

Nama saya Oki Al Bantani, saya sekarang berusia 17 tahun. Sejak kecil, saya bermimpi menjadi pemain bulutangkis luar biasa yang bisa membawa nama Indonesia ke pentas dunia. Saya benar-benar ingin bangga dengan orang tua saya, teman-teman saya dan, tentu saja, negara saya.

Ketika saya berusia 8 tahun, Kakek membelikan saya raket sebagai hadiah, karena saya mendapat tempat ketiga di kelas dua sekolah dasar. Kakek saya bermain futsal dengan sangat baik, dia selalu mengajari saya cara bermain bagus dan menemani saya bermain futsal setiap liburan sekolah.

Ketika saya berusia 15 tahun, saya terpilih untuk mewakili sekolah saya di kejuaraan sepak bola dalam ruangan antara sekolah dasar di wilayah Sibaryuk. Saya mengambil bagian dalam kejuaraan resmi untuk pertama kalinya, dan ternyata saya pergi ke babak final, dan sekolah kami memenangkan perlombaan, memenangkan hadiah pertama. Tapi, tentu saja, itu adalah pengalaman berharga yang akan selalu saya ingat.

Pada saat ini, saya memasuki salah satu sekolah futsal di kota saya. Saya berharap kemampuan saya akan meningkat sehingga saya dapat mewujudkan impian yang saya inginkan.

Contoh Mengenai Diri Pribadi 2

Nama saya Fundy Kurniawan Al Sathya, saya lahir di Tanjung Karang pada 2 Februari 1988. Saya anak kedua dari lima bersaudara, buah dari pasangan Pak Badrun Al Sathya dan Ibu Devi Anggraini. Fandi adalah nama panggilan saya, saya lahir di keluarga yang sangat sederhana. Ayah saya bekerja di pelabuhan yang panjang. Sementara ibu saya bekerja sebagai guru di sebuah sekolah menengah swasta di dekat tempat tinggal saya. Sejak kecil, ayah saya selalu menyarankan saya untuk rajin beribadah, jujur, dan bersikap baik kepada orang lain.

Ketika saya berusia 7 tahun, saya mulai bersekolah di SDN 2 Bandar Lampung, setelah itu saya melanjutkan pendidikan di SMA Printis 1 di Bandar Lampung pada tahun 2009. Setelah lulus dari sekolah menengah pada tahun 2012. Saya melanjutkan studi di sekolah menengah 3 di dekat rumah saya.

Baca Juga :  Contoh Majas Repetisi

Ketika saya berada di tahun kedua sekolah menengah, saya berpartisipasi dalam kompetisi cerita pendek antara sekolah-sekolah di kota Bandar Lampung, dan kemudian puisi saya yang berjudul “God never sleeps” menempati posisi pertama dalam kompetisi. Saya sangat senang, hari ini adalah hari yang tidak akan pernah saya lupakan dalam hidup saya.

Saat ketika para hakim di panggung memanggil saya dengan nama adalah momen yang tak terlupakan, terutama ketika saya didapuk dan disambut dengan surat ucapan terima kasih dari walikota.

Setelah acara ini, antusiasme saya dalam menulis menjadi lebih bergairah, dan saya berharap suatu hari saya akan bisa menjadi penulis terkenal, yang karya-karyanya selalu menantikan dan dapat menginspirasi orang lain.

Saat ini, saya masih di SMA XI dengan gelar dalam Bahasa. Setelah lulus, saya berencana untuk melanjutkan studi saya di Fakultas Sastra Indonesia di Universitas Lampung (UNILA).

Contoh Mengenai Diri Pribadi 3

Nama saya Andre Kusmayadi Al Jabaria, saya lahir di Lampung pada 1 Januari 1983, tetapi saya saat ini tinggal di Tanjung Karang dan menjadi salah satu siswa di kelas X, SMA Negeri 16 Bandar Lampung, yang berspesialisasi dalam ilmu sosial.

Saya memiliki hobi yang berkaitan dengan tanaman, serta latihan fisik, terutama jogging. Bagi saya, tanaman dan kesehatan adalah dua hal penting yang saling terkait.

Ketika saya masih kecil, saya tinggal di Kaliavi, sebuah sungai membanjiri rumah saya setiap musim hujan. Kemudian keluarga saya dan saya lari ke tempat penampungan sementara sampai banjir surut. Itu terus diulang tahun demi tahun, seolah-olah tidak ada solusi.

Setelah memasuki tahun pertama sekolah menengah, saya mulai menyadari bahwa masalah banjir sebenarnya bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Masyarakat juga harus bertanggung jawab untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu caranya adalah tidak membuang sampah sembarangan, belum lagi membuang sampah ke sungai.

Sejak itu, saya mulai bergabung dengan Public Environmental Concern. Komunitas ini bergerak setiap minggu untuk berkomunikasi dengan berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mencegah banjir dan juga gaya hidup sehat. Jangan lupa juga bahwa terkadang kita melakukan pelayanan sosial di setiap desa.

Sekarang saya merasa lebih membantu orang lain. Dengan berbagi, orang akan tahu lebih baik, tetapi kita tahu lebih banyak.

Saat ini saya tinggal bersama ibu saya, yang bekerja untuk salah satu perusahaan milik negara di daerah Bandar Lampung. Selain menjadi aktif di masyarakat, merawat lingkungan.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Autobiografi. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.