Contoh Abstrak Bahasa Indonesia

Posted on

Contoh Abstrak Bahasa Indonesia – Suatu abstrak, yaitu penyediaan potret informasi bagi pembaca mengenai isi karya ilmiah yang telah dilakukan. Penjelasan sederhana digunakan untuk menyederhanakan proses memuat ke dunia maya dan membuatnya lebih mudah bagi pembaca untuk memahami esensi dan isi karya ilmiah.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Abstrak Bahasa Indonesia. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian dan Contoh.

Pengertian

Dalam dunia penelitian itu sendiri, pemahaman abstrak adalah ringkasan yang memberikan gambaran komprehensif tentang aktivitas / kegiatan penelitian yang dilakukan. Abstrak biasanya ditempatkan pada awal karya ilmiah atau melaporkan hasil studi sebagai informasi awalan untuk pembaca.

Contoh Abstrak Bahasa Indonesia

Abstrak biasanya ditulis dalam dua bahasa, yaitu dalam bahasa Inggris (bahasa umum) dan dalam bahasa asli di mana laporan penelitian atau karya ilmiah dikompilasi. Penggunaan kedua bahasa ini dimaksudkan agar karya ilmiah atau laporan penelitian dapat digunakan baik oleh orang-orang dari negara tempat laporan penelitian dibuat, dan oleh orang-orang dari negara di luar laporan penelitian.

Secara umum, abstrak adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi yang tidak memiliki bentuk. Misalnya, produk abstrak (dunia ekonomi) adalah produk yang tidak memiliki bentuk sama sekali, karena salah satunya adalah produk layanan.

Contoh Abstrak

Di bawah, untuk memudahkan Anda memahami tujuan menjelaskan materi di atas. Anda dapat melihat contoh abstrak dalam bahasa Indonesia di bawah ini:

Contoh Abstrak Tentang Bahasa

Pendidikan saat ini memainkan peran yang sangat penting, terutama di Indonesia, yang saat ini mengalami penurunan dalam pendidikan. Oleh karena itu, pendidikan di Indonesia perlu ditingkatkan agar dapat melahirkan generasi yang unggul dalam berbagai aspek kehidupan dan mampu bersaing di tingkat global dan kompetitif. Pesatnya arus globalisasi, ditandai dengan perkembangan teknologi dan informasi di Indonesia, tampaknya tidak diimbangi dengan pemahaman tentang sifat dan budaya bangsa.

Dalam hal ini, ide dan ide ditawarkan untuk mengatasi masalah di dunia pendidikan. Gagasan dan gagasan disajikan dalam bentuk model budaya sekolah cyber sebagai perwujudan dari penggunaan teknologi dan informasi di era globalisasi.

Cyber ​​School Cultural adalah inovasi teknologi pendidikan yang dirancang untuk membantu menyelesaikan masalah pendidikan dan berdampak positif pada upaya peningkatan kualitas pendidikan, khususnya di Indonesia.

Diharapkan dengan penggunaan teknologi pengajaran, pesan pendidikan dapat dikemas lebih inovatif, yang tidak lagi dibatasi oleh ukuran ruang dan waktu, sehingga dapat diterima dengan baik oleh siswa, mudah, menyenangkan, fleksibel dan dapat mengembangkan potensi siswa. Ketika teknologi ini berkembang, ini relevan dengan proses belajar mengajar (PBM).

Salah satu model PBM adalah budaya cyber-school, yang merupakan pembelajaran jarak jauh menggunakan teknologi dan informasi yang dilengkapi dengan bahan ajar berdasarkan kearifan lokal. Diharapkan bahwa penerapan Cybercultural School akan dapat mengembangkan pendidikan karakteristik di antara siswa dan membutuhkan guru untuk menguasai keterampilan teknologi informasi, ketersediaan alat bantu dan infrastruktur, seperti media elektronik, yang dilengkapi dengan aplikasi yang diprogram. terhubung ke Internet.

Kata kunci: teknologi pendidikan, budaya sekolah cyber, kearifan lokal

Contoh Abstrak Tentang Manajemen

Indonesia adalah salah satu negara dengan populasi tinggi. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS, 2010), populasi Indonesia telah mencapai 237 641 326 juta orang dengan kepadatan 4,58%, dimana 26,67% adalah remaja. Data BPS untuk ekonomi kreatif atau industri kreatif pada tahun 2013 berkontribusi pada peningkatan produk domestik bruto. 7,05% dari total PDB dalam Rp. 9.109 129 triliun.

Ini bisa dilihat dari berbagai media yang memuat berita tentang banyaknya penemu muda Indonesia yang menerima penghargaan atas penemuan mereka di luar negeri. Namun, banyak dari ide-ide cemerlang ini berhenti dan tidak dapat bersaing dengan perusahaan asing karena sumber daya keuangan dan manusia.

Para penemu ini menghadapi kesulitan dalam mencari dana dan orang-orang berbakat untuk bekerja dalam sebuah tim, serta dengan pemasaran terbatas dari pekerjaan mereka. Solusi untuk masalah ini adalah membuat situs web yang bertujuan untuk menarik orang-orang berbakat untuk menjadi tim dan penggalangan dana sehingga ide penemu terwujud.

Situs web ini juga bertujuan untuk mempromosikan pekerjaannya agar mencakup jangkauan yang lebih luas. Situs web ini dipilih karena, menurut e-Marketer Research Institute, pada tahun 2014 jumlah pengguna Internet di Indonesia mencapai 83, 7 juta. Orang-orang, dan diperkirakan pada tahun 2017 jumlahnya akan meningkat menjadi 112 juta. Karena itu, produk yang diproduksi dapat mencakup area yang lebih luas. Situs kreatif kami adalah situs yang membantu penemu merealisasikan ide-idenya. Situs web ini menggabungkan 3 sistem: perekrutan secara elektronik, crowdfunding dan perdagangan elektronik.

Seseorang yang telah mendaftar di situs ini dapat bertindak sebagai penemu, pekerja lepas, atau sponsor. Seorang penemu yang mencari tim untuk mengimplementasikan proyeknya sudah cukup untuk membuat catatan dan video yang berisi penjelasan rinci tentang ide proyek, kebutuhan para ahli, serta biaya yang selanjutnya harus dipublikasikan di situs CreativeKita.

Pos ini akan membantu menghubungkan para penemu dengan freelancer untuk menyederhanakan proses perekrutan anggota tim. Proses penggalangan dana juga akan lebih sederhana, karena melalui situs web ini, penemu bergabung dengan donor atau investor untuk membantu mendanai proyek.

Pemasaran produk juga akan diperluas melalui penggunaan e-commerce CreativeKita. Dengan demikian, orang yang memiliki ide siap untuk mewujudkan idenya, dan industri kreatif di Indonesia menjadi lebih maju dan siap menghadapi Indonesia dengan Tahun Emas 2045.

Kata kunci: industri kreatif, situs web, e-commerce, crowdfunding

Baca Juga :  Kalimat Konfiks

Contoh Tentang Hukum

Keragaman ekosistem, melambangkan karakteristik kawasan, tidak dapat dipisahkan dari pihak-pihak yang berkontribusi pada pelestarian karakteristik ini. Karakteristik khas yang dapat bermanfaat bagi masyarakat lokal memiliki dampak positif pada pertumbuhan ekonomi, perkembangan kehidupan sosial dan budaya masyarakat. Apa yang paling dirasakan dalam keanekaragaman yang digunakan oleh masyarakat adalah dampak pada sektor pariwisata.

Di Provinsi Lampung sendiri, Kabupaten Lampung Timur merupakan salah satu daerah di Provinsi Lampung yang memiliki potensi wisata yang cukup banyak dan menarik. Kedua pariwisata tersebut dikelola oleh pemerintah pusat dan dijalankan oleh pemerintah daerah seperti Taman Nasional Wayway Kambas (TNWK), yang meliputi Kuala Kambas, Danau Way Jepara, Pembibitan Badak Sumatera, Perkemahan dan lainnya.

Kawasan wisata Lampung Timur memiliki banyak kendala, seperti akses jarak jauh, dan wisatawan yang datang membutuhkan banyak transportasi, serta fasilitas tambahan, seperti tempat makanan yang tidak memadai, sehingga wisatawan harus membawa barang-barang kebutuhan mereka sendiri.

Maka perlu untuk mengembangkan dan berpartisipasi pada bagian masyarakat, terutama kaum muda, untuk pengembangan TNWK. Sebuah model yang perlu digunakan untuk pengembangan yang melibatkan kaum muda adalah pengelolaan kendaraan yang memasuki wilayah tersebut dengan memberikan kesempatan kepada kaum muda untuk menggunakan kendaraan khusus sebagai panduan di area TNWK.

Dan juga dengan menciptakan perusahaan produksi makanan, mengelola suvenir dan suvenir dari TNWK, yang harus dibuat dengan bantuan pemerintah setempat, dan, yang paling penting, mengembangkan dan mengelola kawasan TNWK, terutama dengan memperluas pariwisata, misalnya, menari, drama, dijalankan oleh pemuda setempat, dan pengembangan pariwisata bukan hanya munculnya atraksi dengan gajah.

Dengan perkembangan globalisasi, yang terus mempengaruhi semua aspek kehidupan, ia harus menanggapi penyesuaian kondisi yang sesuai dengan selera wisatawan, sehingga wisatawan merasa puas dengan zona wisata yang dikelola dengan baik yang memperhatikan objek, akses ke tempat tidak sulit, dan digunakan dengan pemahaman pembangunan berkelanjutan.

Kata kunci: pengembangan, pariwisata, model

Contoh Abstrak Tentang Kesehatan

Bambu (Gigantochloa apus kurz) adalah tanaman herba dari keluarga Poaceae dengan rongga dan ruas pada batangnya. Daun bambu kering adalah daun yang telah lama jatuh dari pohon dan bebas dari kelembaban.

Menggunakan daun bambu kering dapat mengurangi polusi lingkungan. Dan daun bambu kering bisa menjadi kerajinan yang nantinya akan bernilai artistik dan ekonomis. Daur ulang daun bambu kering pada bunga hias sangat sederhana untuk semua orang. Dan sekarang penggunaan daun bambu kering sangat diminati di Indonesia.

Pemberdayaan ini bertujuan untuk: (1) Mengurangi limbah daun bambu kering di seluruh rumah (2) Meningkatkan kreativitas masyarakat dalam kerajinan tangan dan meningkatkan nilai seni dan ekonomi. Dan hipotesis berikut diajukan: (1) Orang-orang mulai mengenali dan peduli terhadap lingkungan dan mulai mengurangi limbah daun bambu kering menggunakan daun bambu kering yang tersebar (2) Daun bambu kering dapat digunakan sebagai produk buatan tangan yang berguna, bahkan ada harga jual yang tinggi dan pada saat yang sama membantu menghilangkan sampah untuk mengurangi jumlah limbah daun bambu kering.

Hasil ekspansi ini menunjukkan bahwa: (1) Masyarakat mengakui pentingnya lingkungan alami dan juga memelihara lingkungan yang bersih untuk mengurangi jumlah daun bambu kering di rumah mereka. Setelah percobaan kami, yaitu konversi daun bambu kering menjadi bunga hias, pekerjaan ini mulai menarik orang-orang yang tahu tentang lingkungan dan menggunakan daun bambu kering sebagai kerajinan tangan yang bernilai untuk dijual. (2) Terlihat bahwa penggunaan daun bambu kering sebagai bunga hias dapat mengurangi jumlah limbah daun bambu kering dan meningkatkan kreativitas masyarakat, terutama ibu rumah tangga, untuk meningkatkan aktivitas sehari-hari rumah, dan bahkan orang muda, untuk meningkatkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan materialistis

Kata kunci: daun bambu, polusi, kreativitas

Contoh Abstrak Tentang Teknik

Beton sebagai bahan utama dalam konstruksi bangunan bertingkat tinggi, serta penguat dalam struktur bangunan. Selain itu, komponen spesifik yang mudah didapat adalah semen, agregat kecil dan besar yang ditemukan dalam air.

Tetapi penggunaan semen menyebabkan masalah karena pelepasan karbon dioksida ke udara selama produksi semen. Itu menyebabkan pemanasan global. Untuk mengurangi ini, agregat atau geopolimer dibuat yang dapat mengurangi bahaya kesehatan dan mengurangi kesetaraan lingkungan.

Kata kunci: serat kelapa, abu, beton

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Abstrak Bahasa Indonesia. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: