Contoh Roman

Posted on

Contoh Roman – Apa itu roman atau romansa? yaitu, kisah yang melingkupi seluruh kehidupan karakter digambarkan oleh aktor dari kehidupan di masa kecil hingga kematiannya.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Roman. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Karakteristik dan Contoh.

Pengertian

Roman atau romansa adalah kisah yang mencakup seluruh kehidupan karakter; pelakunya digambarkan dari kehidupan masa kecilnya dalam pidatonya. Namun, ada pendapat lain yang menjelaskan apakah para pahlawan selalu diberitahu tentang kematian, tetapi ada yang mengatakan bahwa mereka masih hidup sampai akhir cerita.

Contoh Roman

Roman adalah karya sastra. Selain itu, Goethe berpendapat bahwa romansa adalah karya sastra yang menggambarkan peristiwa yang dapat terjadi dalam kondisi yang tidak mungkin atau hampir mustahil untuk berubah menjadi kenyataan. Goethe juga mengklaim bahwa romansa itu subyektif, karena penulis akan mencoba menggambarkan dunia dengan pendapatnya sendiri dalam sebuah karya sastra.

Roman adalah karya sastra yang menceritakan tentang kehidupan seseorang atau beberapa tokoh, mulai dari kelahirannya, dewasa, dan berakhir dengan kematiannya. Selain itu, romansa ini juga didefinisikan sebagai karya sastra yang menampilkan urutan peristiwa yang berlanjut satu sama lain yang menggambarkan pengalaman karakter dalam situasi kehidupan tertentu. Deskripsi pengalaman mungkin dalam bentuk pengalaman fisik atau mental. Romansa ini juga menggambarkan kehidupan sosial karakter secara keseluruhan.

Karakteristik Roman

  • Memiliki alur cerita yang kompleks.
  • Roman ini bercerita tentang karakter fiksi.
  • Biasanya, karakter dalam novel menceritakan perjalanan mereka dari lahir hingga mati.

Contoh Roman

Berikut ini anda bisa melihat contoh dari roman dibawah ini:

Contoh Roman Pendidikan

Kisah dimulai dengan tokoh-tokoh saudara dengan watak yang berbeda Tuti dan Mary. Tuti adalah seorang kakak perempuan yang selalu serius dan aktif dalam berbagai urusan wanita. Dia bahkan aktif memberikan pidato tentang kesetaraan wanita. Pada saat itu, semangat wanita begitu energik sehingga mereka mulai mengikuti kesetaraan dengan pria. Sementara Maria adalah saudara perempuan yang ceria dan ceria, karena itu, semua orang yang berada di dekatnya pasti akan menikmati kehadirannya.

Di tengah-tengah dua gadis cantik ini, Yusuf, seorang mahasiswa kedokteran, muncul pada waktu itu yang lebih dikenal sebagai dokter sekolah menengah. Joseph pernah bertemu Mary dan Tuti di sebuah bangunan akuarium. Pertemuan itu memberi kesan khusus pada Joseph. Hingga akhirnya, Joseph selalu ingin bertemu Mary.

Pertemuan berlanjut sampai pertemuan berikutnya. Dari pertemuan-pertemuan berikutnya inilah Joseph mulai jatuh cinta kepada Maria. Ternyata cinta Joseph tidak berbalas. Mary juga jatuh cinta dengan Joseph, sampai akhirnya mereka menjadi sepasang kekasih.

Sementara itu, Tuti, yang melihat hubungan cinta saudara perempuannya, sebenarnya juga ingin memiliki kekasih. Terutama setelah dia menerima surat cinta dari Supomo, seorang pemuda berpendidikan, baik dan berbudi luhur. Namun, karena pemuda itu bukan mimpinya, ia meninggalkan cintanya. Sejak itu, hari-harinya semakin disibukkan dengan aktivitas organisasi, dan hobinya membaca buku, sehingga ia melupakan beberapa pemikirannya tentang kekasihnya.

Hingga suatu hari Mary dan Tuti bertengkar. Argumen itu dipicu oleh kritik terhadap Tuti Maria. Tuti mengkritik bahwa cinta Mary pada Joseph terlalu berlebihan dan bisa melemahkannya. Tetapi Maria, yang hatinya marah pada saat itu, menjawab kritik Tuti, mengatakan bahwa Tuti sangat bijaksana dalam masalah cinta dan tidak pernah ingin kehilangan apa pun. Selain itu, Tuti selalu berpikir tentang Kongres, dan tidak memikirkan perasaannya. Dan di sini Tuti menyadari bahwa sampai dia dapat melawan sifatnya sebagai wanita yang memiliki perasaan cinta.

Beberapa waktu kemudian, Mary dan Joseph akhirnya menyetujui pertunangan. Setelah melalui tahap-tahap berkencan, pertemuan keluarga dan kunjungan Joseph, pertunangan terjadi antara Maria dan Joseph. Namun, sayangnya, saat mendekati pernikahan, Maria jatuh sakit. Penyakitnya parah, malaria dan TBC, jadi dia harus dirawat di sanatorium Pacet. Segera Maria menghela napas. Sebelum meninggal, Mary menyarankan saudaranya, Tuti, untuk menerima Joseph. Tuti tidak menolak dan memulai pertempuran antara Tuti dan Yusuf. Akhirnya, tak lama setelah itu, mereka menikah dan hidup bahagia selamanya.

Contoh Roman Singkat

Fakhri, nama seorang pemuda dari Minangkabau yang berprofesi sebagai produsen perahu cadik. Fakhri hanyalah anak desa yang selalu ingin membuat orang tuanya bahagia. Fakhri berasal dari keluarga miskin yang sederhana. Namun, Fakhri sangat pintar. Berikan prioritas pada pendidikan dan spiritualitas. Ia dikenal sebagai pemuda yang baik hati dan membaca Al-Qur’an dengan baik. Suaranya sangat indah ketika dia mengulangi pengulangan tulisan suci. Jika tidak ada pesanan atau perbaikan kapal, Fakhri bekerja sebagai tukang kebun di rumah seorang pedagang kaya bernama Sultan Mahmud.

Sultan Mahmoud memiliki seorang putri bernama City. Di situlah mereka bertemu dan akhirnya perasaan cinta di antara keduanya. Namun, Fakhri tahu bahwa jalinan cintanya hanya bisa dibayangkan. City adalah putri seorang pedagang kaya yang pergi ke luar negeri. Tidak mungkin bagi keluarganya untuk mengimbangi City. Tetapi ketika cinta menjadi kuat pada akarnya, tampaknya City semua sama. Fakhri, seperti tukang kebun, terkadang juga sekaligus pengemudi dan sebagainya. Di rumah Sultan Mahmud ia diterima dengan baik. Waktu berlalu. Hingga pagi, Sultan Mahmud mendengar tentang hubungan Fakhri dengan putranya. Sultan Mahmud meminta Fakhri meninggalkan rumah dan mempekerjakannya di pertanian. Sultan Mahmud tidak bisa mengusir Fakhri karena kebaikan orang tuanya. Dia hanya memindahkan Fakhri ke peternakan ternaknya jauh dari tempatnya sekarang. Sultan Mahmud berharap bahwa dari jarak yang begitu jauh Kota dapat dengan mudah melupakan Fakhri.

Baca Juga :  Fakta dan Opini: Pengertian, Perbedaan, Ciri-Ciri dan Contoh

Hari demi hari berlalu, bulan berubah. Kota, yang merasa bahwa pemindahan Fakhri disebabkan oleh keinginan ayahnya untuk memisahkan mereka, masih akan menunggu. City tidak pernah tahu bahwa Fakhri selalu mengirim surat setiap minggu. Ya, Fakhri meninggalkan surat kepada Mbok Guime. Namun, karena Mbok Gimah meletakkannya hanya di atas meja Kota, surat itu diketahui Sultan Mahmoud. Akhirnya, Mbok Gima selalu mengirimkan surat mingguan Fahri ke ayahnya, City, takut dia akan dipecat.

Dalam sebuah surat yang dia sampaikan selama beberapa minggu, Fakhri meminta City untuk jawaban bahwa dia ingin menikah dengannya setelah keberhasilan Fahri nanti. Fakhri, yang sedang menunggu jawaban, tidak menerima jawaban dari City, jadi dia jatuh sakit. Rasa sakit yang didiagnosis oleh dokter adalah penyakit paru-paru kronis yang memerlukan intervensi bedah untuk membersihkan organ-organ dalamnya. Sementara itu, di sisi lain, City, yang merasa belum pernah menerima berita dari Fakhri, merasa kesal dan berpikir bahwa Fakhri hanya bermain-main dengannya. Sultan Mahmud, ayahnya, juga berniat menikahi Kota dengan seorang pengusaha batubara kaya. Saat masih muda, Ruffy memanggil pengusaha itu. City tidak bisa menolak, karena itu adalah keinginan ayahnya. City mencoba memberikan lantai kepada Fakhri dengan mengirim surat ke rumah orang tua Fakhri. Namun, tanpa sepengetahuan Kota, orang tua Fakhri pindah ke tempat lain untuk merawat Fakhri, yang sedang sakit saat itu. City juga percaya bahwa semuanya tidak berguna.
Pada akhirnya, City menerima tawaran Raffy dan setuju untuk menikah.

Hari yang dilewati Fakhri benar-benar memilukan. Beberapa kali ia mengalami sakit dada, Fakhri hanya mengalami rasa sakit, kadang-kadang menyebut nama City. Fakhri hanya ingin bertemu City untuk terakhir kalinya. Dia ingin bertanya mengapa City tidak ingin menjawab semua surat yang dia kirim setiap minggu. Sampai suatu pagi, Mbok Gima, yang merasa kasihan pada Fakhri dan City, bertemu Fakhri tak lama sebelum kematiannya. Mbok Gimah menceritakan bagaimana surat itu tidak pernah sampai ke Kota. Mbok Gimah meminta maaf dan berjanji untuk mengakui segalanya, meskipun sudah terlambat.

Fakhri, setelah mendengar berita ini, sangat kecewa. Hanya karena harta mereka dipisahkan sebelum kehidupan. Fakhri memaafkan Mbok Gimakha dengan satu syarat, yaitu: untuk menyampaikan pesan terakhir Fakhri dalam sebuah surat. Surat itu ditulis oleh Fakhri, bahkan sesaat sebelum dia selesai menulis, Fakhri mengeluarkan batuk, diikuti oleh tumpahan darah kecil di atas kertas yang berisi suratnya. Beberapa saat kemudian, Fakhri menghembuskan nafas terakhir bersama orang tuanya dan Mbok Gima.

Di perjalanan, Mbok Ghima dihantui perasaan bersalah dan penyesalan. Apalagi Fakhri menyarankan untuk mengantarkan surat ketika anak itu lahir di Kota. Ya, City memiliki anak dari Rafia, suaminya, yang dibandingkan dengan ayahnya. Terlepas dari kenyataan bahwa Ruffy adalah pria yang temperamen buruk dan moralitasnya buruk, City tetap menghormatinya sebagai seorang suami, terutama dengan anak-anak di bawah asuhannya. City hanya ingin menjadi ibu dan istri yang baik.

Enam bulan telah berlalu. Saat fajar, gema di beberapa masjid City melahirkan anak pertama bernama Azzam. Mbok Gima, yang menjaga City, segera berniat memberikan Fakhri pesan terakhir. Namun, karena keadaan Kota yang lemah, Mbock Ghima menghentikan niatnya.

Suatu ketika, ketika Mbok Gima sedang sibuk memberi makan Azzam, City secara tidak sengaja memasuki ruang Mbok Gima dan melihat surat yang membawa Mbok Gima. Surat itu direncanakan akan ditransfer dengan mempertimbangkan bahwa keadaan kota telah pulih. Mbok Gima meminta maaf kepada City; City tidak bisa berbuat apa-apa selain meratapi surat terakhir dari Fakhri. City bertekad untuk pergi ke kuburan pria yang paling dia cintai. Sang ayah, Sultan Mahmoud, tidak dapat menahan keinginan putranya, karena ia juga tahu bahwa Fakhri telah pergi.

Sesampainya di makam, Fakhri City bahkan ingin mengakhiri hidupnya dengan memukul kepalanya dengan darah. Niat itu diblokir oleh Raffi, yang mengikutinya ke kubur. Ruffy, yang berjanji untuk berubah sejak kelahiran bayi itu, juga meminta maaf kepada batu nisan Fahri. Kesadaran kota kembali setelah membaca ulang surat di tangannya. Dalam sebuah pos baru-baru ini, Fakhri meminta City untuk hidup bahagia bersama keluarga kecilnya. City tidak diperbolehkan bersedih demi kisahnya. Akhirnya, City hanya bisa mencium kuburan Fakhri untuk terakhir kalinya dan berjanji untuk memenuhi keinginan Fakhri untuk bahagia dengan suami dan anak-anaknya saat ini.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Roman. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: