Contoh Karya Tulis Non Ilmiah

Posted on

Contoh Karya Tulis Non Ilmiah – Karya tulis non-ilmiah adalah esai yang menyajikan fakta-fakta pribadi tentang pengetahuan dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, bersifat subyektif, tidak didukung oleh fakta-fakta umum, dan biasanya menggunakan gaya bahasa populer atau yang umum digunakan (tidak terlalu formal).

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Karya Tulis Non Ilmiah. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian dan Contoh.

Pengertian

Karya tulis non-ilmiah ini adalah esai yang melaporkan pengalaman atau pengetahuan penulis yang fiksi dan subyektif. Esai ini dapat berbentuk puisi, novel, novel, drama, dongeng atau cerita pendek.

Contoh Karya Tulis Non Ilmiah

Seperti penulisan akademik, makalah ini memiliki sejumlah fitur, yaitu:

Karakteristik Karya Tulis Non Ilmiah

  • Jangan mengandalkan analisis dan hipotesis.
  • Gaya bahasa agak sastra dan didekorasi.
  • Ditulis berdasarkan metode esai non-ilmiah yang berlaku. Misalnya: cerpen yang ditulis menggunakan metode penulisan cerpen.
  • Fiksi dan subyektif.
  • Tujuannya adalah untuk mempengaruhi dan merangsang imajinasi pembaca.
  • Disusun untuk seni dan kepuasan batin penulis.

Perbedaan Karya Tulis Non Ilmiah dan Karya Ilmiah

Ada perbedaan untuk karya ilmiah dan non-ilmiah itu sendiri, termasuk:

  • Artikel ilmiah sangat bergantung pada analisis dan hipotesis, sedangkan artikel non-ilmiah tidak terlalu bergantung pada dua elemen ini.
  • Gaya artikel ilmiah biasanya formal / standar dan tidak rumit, sedangkan artikel non-ilmiah lebih sastra dan artistik.
  • Sehubungan dengan penulisan, makalah ilmiah ditulis menggunakan metode penulisan ilmiah, sedangkan makalah non-ilmiah ditulis berdasarkan gaya penulisan makalah non-ilmiah.
  • Penulisan ilmiah adalah obyektif dan faktual atau berdasarkan fakta yang ada. Sementara itu, esai non-ilmiah bersifat subyektif dan fiksi, atau didasarkan pada imajinasi penulis.
  • Esai tidak meyakinkan atau mempengaruhi pembaca, sedangkan esai non-ilmiah meyakinkan dan juga dapat merangsang imajinasi pembaca.
  • Artikel ilmiah ditulis untuk kepentingan pribadi, sedangkan artikel non-ilmiah ditulis untuk alasan seni dan kepuasan batin penulis.

Di bawah ini saya akan memberikan contoh topik di atas, dibawah ini:

Contoh Karya Tulis Non Ilmiah Dari Novel

Nira masih tidak mengerti keputusan yang diambil Bayoe darinya. Dia masih tidak mengerti mengapa pria 24 tahun itu memutuskan untuk meninggalkannya. Di tempat lain, Bayoe terisak ketika dia mengutuk keputusannya. Ini adalah keputusan tersulit yang harus saya buat. Maafkan aku, Nira, detak jantung Bayoe …

Baca Juga :  Puisi Huruf Braille

Contoh Karya Tulis Non Ilmiah Dari Drama

  • Gambar 1: Hai teman-teman, kemana kita akan pergi setelah itu?
  • Gambar 2: Saya tidak tahu. Kami hanya mengikuti jalan di depan.
  • Gambar 1: Apakah Anda yakin? Bagaimana jika jalan ini benar-benar menuntun kita ke arah yang salah?
  • Gambar 2: Sebenarnya, saya juga tidak yakin. Masalahnya, bagaimanapun, adalah bahwa jalan ini adalah satu-satunya hal yang ada di depan. Tidak masalah, kita ikuti saja jalan ini dan berdoa agar jalan ini akan membawa kita keluar dari tempat yang menjengkelkan ini.

Contoh Karya Tulis Non Ilmiah Dari Cerpen

Meski begitu, saya ingat karakternya di rumah ini. Teras ini berisi ingatanku tentang dia. Sekarang bahkan ingatan ini menganga setiap kali saya ingin melupakannya. Mengapa demikian? Saya tidak tahu. Mungkin saya sangat merindukannya. Dan ketika saya mengingat semua kenangan, sebuah bayangan muncul di kejauhan …

Contoh Karya Tulis Non Ilmiah Dari Dogeng

Suatu hari ada anak sapi yang hidup sendirian di alam liar. Anak rusa ini telah ditinggalkan sejak dia adalah anak dari keluarganya. Keluarganya sendiri menghilang karena mereka diburu oleh sejumlah pemburu yang melihat tanduk binatang jenis ini. Untungnya, rusa itu selamat setelah seekor gajah yang baik membantunya. Sayangnya, gajah yang membantunya sekarang hilang.

Bukan karena perburuan, tetapi karena usia yang tidak lagi ada di tubuh gajah. Anak rusa harus bertahan hidup sendirian di hutan yang sunyi. Suatu hari seekor trenggiling datang ke hutan yang tenang dan melewati rusa. Awalnya, kedua binatang itu saling bermusuhan dan disalahpahami. Namun, mereka akhirnya berdamai dan sejak saat itulah petualangan kedua mereka dimulai …

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Karya Tulis Non Ilmiah. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: