Contoh Kalimat Majemuk Campuran

Posted on

Contoh Kalimat Majemuk Campuran – Kalimat majemuk selalu terdiri dari kalimat dan klausa yang lebih tinggi. Perbedaan antara klausa utama dan klausa adalah konjungsi. Konjungsi biasanya ditemukan dalam satu kalimat, yang merupakan klausa. Sedangkan kalimat induknya tidak mengandung kata sambung.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Kalimat Majemuk Campuran. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian dan Contoh.

Pengertian

Kalimat majemuk adalah kalimat dengan dua atau lebih struktur kalimat. Setiap kalimat berisi klausa yang merupakan campuran dari topik dan predikat, atau juga dapat ditambahkan dengan objek, tambahan dan label.

Contoh Kalimat Majemuk Campuran

Definisi kalimat majemuk campuran adalah kalimat yang merupakan campuran atau kombinasi kalimat majemuk yang setara dan kalimat majemuk majemuk multi-level.

Ketika kalimat majemuk yang sama terdiri dari kombinasi dua atau lebih kalimat individual yang posisinya sejajar atau sama. Sedangkan kalimat majemuk multilevel terdiri dari kombinasi dua atau lebih kalimat individual yang memiliki posisi berbeda.

Ada klausa utama dan klausa dalam kalimat majemuk bertingkat. Klausa bawahan dalam kalimat majemuk muncul dari perluasan pola dalam kalimat induk.

Contoh Kalimat Majemuk Campuran

Berikut adalah contoh di bawah ini:

  • Ayah menata ulang halaman dan mengecat ulang seluruh rumah sehingga rumah kami kelak akan terlihat lebih rapi dan lebih bagus selama resepsi pernikahan saya.
  • Fadil sangat menyukai kegiatan melukis sejak kecil. Ketika dia pergi ke taman kanak-kanak, ibunya Fadil selalu mendaftar untuk kompetisi melukis. Hasilnya sangat memuaskan karena ia berhasil menjadi juara di setiap kompetisi yang diikutinya.
  • Luna telah menjalani kehidupan yang penuh cobaan sejak kecil karena ayahnya, yang meninggal ketika dia berusia 9 tahun, dan memiliki seorang ibu yang hanya bekerja sebagai petani, sehingga Luna tumbuh menjadi orang yang kuat, mandiri, dan di atasnya Umur sudah matang.
  • Meskipun dia diperingatkan untuk tidak hamil, Diki masih sering bolos sekolah, memberikan Diki larangan selama seminggu sebagai akibat dari tindakannya.
  • Tanaman padi sering digunakan sebagai perumpamaan tentang kerendahan hati, karena semakin lebat buah, semakin banyak daun yang tertekuk.
  • Seorang nelayan bekerja pada malam hari untuk menangkap ikan, sementara seorang petani bekerja di siang hari untuk memelihara sawah, meskipun dengan cara yang berbeda, tetapi tujuannya tetap sama, yaitu mencari nafkah untuk keluarganya.
  • Ibu melarang Keanu bermain untuk sementara waktu dan mengendalikannya di rumah sambil belajar sehingga Keanu mendapat nilai terbaik selama ujian akhir.
  • Hari Minggu adalah saat yang selalu saya nantikan karena hari Minggu adalah satu-satunya kesempatan bagi keluarga kami untuk berkumpul dan membawa kehangatan antara orang tua dan anak-anak.
  • Sekolah secara teratur menyelenggarakan kegiatan di luar ruangan seperti berkemah dan kompetisi kelas dengan tujuan membantu siswa meningkatkan keterampilan mereka, yang berfokus tidak hanya pada kecerdasan otak, tetapi juga pada kecerdasan dalam kehidupan sosial.
  • Manga apel adalah buah yang unik karena memiliki bentuk bulat yang menyerupai apel, tetapi masih merupakan mangga yang identik dengan rasa manis yang dicampur dengan asam.
  • Andi dan Ani memiliki kepribadian dan karakter yang hampir sama karena mereka berdua dalam tanda zodiak kuda, meskipun mereka lahir di tahun yang berbeda dan cukup tua.
  • Musim kemarau biasanya dari April hingga Agustus dan musim hujan biasanya dari September hingga April, tetapi kadang-kadang jadwal tidak selalu teratur.
  • Irfan Hadi tidak akan pernah putus sekolah jika saja ibunya masih hidup dan ayahnya tidak akan menikahi wanita lain.
  • Meskipun Jasmine adalah anak bungsu dalam keluarga, dia tidak pernah diajari untuk menjadi anak manja, dan selalu diajarkan untuk mencapai mimpi dengan bekerja keras tanpa mengemis kepada orang lain atau orang tua.
  • Saudara memutuskan untuk meninggalkan perguruan tinggi karena ayah saya telah meninggal dan dia harus menggantikan posisi ayah saya sebagai tulang punggung keluarga.
  • Ibu sedang memasak di dapur dan Ando mengerjakan pekerjaan rumah di kamarnya ketika Ayah pulang kerja.
  • Para petani padi menderita banyak kerugian karena kegagalan panen yang disebabkan oleh angin kencang dan hujan lebat selama berhari-hari.
  • Lomba melukis yang diselenggarakan oleh TK AL-FALAH harus dibatalkan karena cuaca buruk tadi malam, sehingga hampir lebih dari setengah dari peserta tidak dapat ikut serta dalam kompetisi.
Baca Juga :  Contoh Kalimat Inti

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Kalimat Majemuk Campuran. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: