Contoh Paragraf Persuasif Tentang Kesehatan

Posted on

Contoh Paragraf Persuasif Tentang Kesehatan – Persuasi sangat berbeda dari propaganda, walaupun banyak yang tidak tahu bedanya. Tindakan persuasi itu halus dan tidak ada unsur paksaan, sementara propaganda adalah tindakan memengaruhi pikiran atau pendapat orang lain dengan memberikan informasi subjektif dan manipulatif. Persuasi tidak memungkinkan persuasi berbohong, dan sayangnya, banyak orang saat ini salah mengartikan makna persuasi.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Paragraf Persuasif Tentang Kesehatan. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian dan Contoh.

Pengertian

Paragraf persuasi adalah paragraf yang berisi panggilan atau permintaan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu yang diharapkan penulis. Oleh karena itu, biasanya disertai dengan penjelasan dan fakta sehingga mereka dapat meyakinkan dan mempengaruhi pembaca. Pendekatan kepercayaan adalah pendekatan emosional yang dirancang untuk membangkitkan dan merangsang emosi.

Contoh Paragraf Persuasif Tentang Kesehatan

Persuasi juga adalah suatu bentuk komunikasi, yang tujuannya adalah untuk mempengaruhi dan meyakinkan orang lain. Orang yang meyakinkan disebut meyakinkan.

Dalam hal ini, pembujuk dianggap berhasil jika ia dapat memengaruhi kepercayaan atau pendapat orang lain setelah mengundang mereka atau menjelaskannya karena suatu alasan. Ini bisa merujuk pada kondisi, barang atau hal-hal tertentu lainnya.

Berikut ini, saya akan memberikan contoh dari topik diatas yang mengenai kesehatan, dibawah ini:

Contoh Paragraf Persuasif Tentang Kesehatan

Contoh Pertama

Datang ke sekolah terlambat atau harus buru-buru bekerja adalah sejumlah alasan mengapa orang sering melewatkan sarapan di pagi hari. Padahal sebenarnya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Jika tubuh tidak makan makanan di pagi hari, ia kekurangan energi untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Jika itu bisa berlanjut, sangat mungkin bahwa tubuh menjadi sedikit lelah selama kegiatan pagi hari dan pekerjaan tidak dilakukan secara optimal.

Karena itu, sarapan sangat wajib. Makanan yang perlu dimakan untuk sarapan adalah makanan sehat dan bergizi seperti buah-buahan, sayuran, dan oatmeal.

Porsi makanan saat sarapan juga belum tentu banyak, yang terpenting adalah mengisi perut dan menambah energi dalam tubuh. Dengan cara ini, tubuh menjadi kuat dan sehat. Karena itu, dikatakan lagi bahwa sarapan wajib sebelum pindah.

Contoh Kedua

Masih banyak yang meragukan manfaat berjalan. Memang, latihan ringan dan murah ini mengandung sejumlah manfaat baik untuk tubuh kita. Menurut sebuah penelitian yang dikutip di situs web Alodokter, pelatihan selama 30 menit mengurangi risiko penyakit jantung hingga 40 persen.

Ini disebabkan oleh fakta bahwa jantung terus berdetak lebih cepat saat berjalan, sehingga jantung juga menguat dan aliran darah meningkat. Selain itu, berjalan secara teratur juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Ini karena tubuh harus terus bergerak ketika berjalan, yang mengarah pada lemak dan kolesterol. Karena itu, biasakan berolahraga setidaknya selama 30 menit dengan berjalan kaki agar tubuh lebih sehat dan terlindung dari serangan jantung dan penyakit terkait kolesterol.

Baca Juga :  Contoh Teks Persuasi Pendidikan

Contoh Ketiga

Sarapan sering dilewatkan oleh banyak orang. Alasan melewatkan sarapan sangat bervariasi, mulai dari ketidakmampuan untuk bergegas pergi ke kantor atau sekolah, tidak untuk lapar, dan tidak terbiasa makan di pagi hari.

Padahal, sarapan pagi adalah hal penting sebelum kita memulai aktivitas di pagi hari. Jika kita tidak sarapan, tubuh tidak akan lagi terserap di pagi hari, yang nantinya akan menyebabkan kurangnya energi saat beraktivitas di siang hari.

Jika kebiasaan tidak makan sarapan terus menerus dan tanpa gangguan, tubuh bisa menjadi ringan di pagi hari dan membuat tubuh impoten ketika melakukan aktivitas di siang hari, yang berarti bahwa pekerjaan yang dilakukan tidak optimal. Saat sarapan, disarankan untuk makan banyak tik, karena sarapan dengan porsi besar dapat menyebabkan kantuk.

Cukup saja, selama perut tidak kosong dan tubuh memiliki energi yang cukup untuk bergerak. Dengan memenuhi kebutuhan tubuh, tubuh kita menjadi lebih sehat, lebih kuat dan lebih bermanfaat.

Biasakan untuk sarapan di pagi hari. Jika Anda tidak punya waktu, Anda bisa membawa sarapan dan memakannya dalam perjalanan ke kantor, sekolah, atau kampus.

Contoh Kempat

Olahraga sangat penting untuk kesehatan kita. Namun, latihan yang dilakukan tidak boleh melebihi batas kemampuan kita. Karena latihan yang kita lakukan sebenarnya akan menyebabkan kekacauan bagi tubuh kita.

Latihan berlebihan menyebabkan otot dan persendian di tubuh kita mengalami kram dan rasa sakit yang berlebihan. Sementara itu, detak jantung kita juga akan berdetak dua kali lebih cepat dari biasanya.

Jika opsi ini tidak diaktifkan, bukan tidak mungkin serangan jantung menyerang tubuh kita. Jadi jangan berolahraga terlalu keras. Sebaliknya, kita secara rutin harus berlatih sesuai dengan kemampuan tubuh kita.

Misalnya, jika kita kuat dalam berolahraga dua kali seminggu, berolahraga dengan jumlah waktu itu. Dengan cara ini, fungsi gerakan dipersepsikan sebagai penyebab tubuh sehat.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Paragraf Persuasif Tentang Kesehatan. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: