Contoh Teks Eksemplum

Posted on

Contoh Teks Eksemplum – Teks eksemplum atau teks salinan adalah cerita teks yang melaporkan tentang perilaku atau karakter sebuah cerita. Cerita dimulai dengan pengenalan karakter, kemudian membahas peristiwa apa yang dilalui karakter tersebut, dan berakhir dengan interpretasi di dalam karakter.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Teks Eksemplum. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian dan Contoh.

Pengertian

Teks eksemplum adalah cerita yang berisi perilaku atau karakter dari sebuah cerita. Awal cerita dalam teks ini adalah pengenalan karakter, yang menceritakan peristiwa yang terjadi pada karakter, yang berakhir dengan interpretasi dalam karakter.

Contoh Teks Eksemplum

Teks eksemplum terkandung dalam karya sastra, yang isinya menjelaskan pengalaman hidup Anda sendiri. Mulai dari suatu peristiwa yang dialami karakter dan kemudian setelah peristiwa ada kebijakkan yang dapat diambil. Gunanya untuk tidak membuat suatu kesalahan sama ke depannya.

Di bawah ini saya akan memberikan contoh topik di atas dan di bawah

Contoh Teks Eksemplum Tentang Kelalaian Saya

Abstrak

Saya punya pengalaman dengan kecelakaan sepeda motor beberapa tahun yang lalu.

Orientasi

Saat itu saya masih di sekolah menengah, suatu sore ketika saya sedang membersihkan kamar saya, keponakan saya yang bernama Suci mengunjungi rumah saya dan meminta untuk dibawa ke gurunya untuk les.

Insiden

Ketika hampir mendekati doa malam, orang tua saya agaknya melarang untuk segera pergi, dan ibu saya menyuruh saya untuk pergi setelah saya menyelesaikan panggilan untuk berdoa. Tetapi karena Suci terlihat terburu-buru, saya masih akan menemani dan mengirimkannya. Dalam perjalanan ponsel saya tiba-tiba berdering dan sepertinya itu tanda bahwa SMS diterima di ponsel saya.

Kemudian saya mencoba memasukkan ponsel saya ke dalam saku dan kemudian saya membuka pesan teks yang masuk dan saya ingin membalas pesan ini juga. Sejujurnya, saya sedang terburu-buru mengendarai sepeda motor dan memiliki kecepatan yang cukup tinggi, lalu ada mesin dari depan yang ingin berputar kembali, tetapi tanpa menyalakan lampu yang terbalik.

Saya gugup karena saya tidak bisa mengendalikan dan mengendalikan kecepatan dan akhirnya menabrak pengendara sepeda motor yang berbalik ke arah itu. Suci dan saya jatuh dan terlempar dari sepeda motor. Saint, keponakan saya, menderita cedera pada siku dan kaki saya sementara saya menderita cedera pada lutut kanan saya dan untungnya tidak menderita cedera serius. Sepeda motor yang saya kendarai rusak parah ketika polisi, yang kebetulan berada di jalan, segera mendatangi saya untuk membantu dan merawat kecelakaan itu.

Interpretasi

Melalui kejadian ini, saya belajar bahwa berkat dan nasihat orang tua sangat penting. Jika saya mematuhi kata-kata orang tua saya, hal-hal seperti itu pasti tidak akan terjadi, kecuali bahwa saya mengerti bahwa kehati-hatian dan ketertiban di jalan jelas, perhatian yang sangat perlu karena kita seperti kehidupan di jalan.

Selain peralatan keselamatan yang berkisar dari helm hingga dokumen penting seperti pendaftaran kendaraan, SIM juga harus diperhitungkan saat mengendarai kendaraan di jalan. Dan ketika Anda mengendarai kendaraan, Anda tidak harus memegang ponsel kecuali itu situasi yang sangat mendesak. Kita harus berhenti di pinggir jalan sebentar untuk membuka ponsel.

Koda

Sejak itu saya menjadi lebih berhati-hati saat mengemudi. Saya juga lebih memperhatikan aturan lalu lintas dan mematuhi kata-kata orang tua saya. Karena keridhoan Allah adalah keridhoan orang tua.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Burung Pipit

Orientasi

Suatu ketika ada sekelompok burung pipit di hutan yang sangat lebat yang suka bernyanyi. Salah satu burung dalam kelompok itu bernama Lia. Lia juga termasuk tinggal bersama binatang lain di alam liar.

Lia dikenal sebagai burung yang sangat arogan karena hidupnya seperti tidak mau bercampur dengan hewan lain. Lia selalu merasa seperti hewan yang tepat dan paling mampu memecahkan masalah.

Insiden

Suatu hari sekelompok burung pipit membangun sarang dari tumpukan jerami. Dengan kesabaran dan ketekunan, mereka membuat sarang terlihat rapi dan kuat. Dengan Lia burung pipit, berbeda, dengan kesombongan dan kesombongan, untuk membangun sarang mereka sendiri dengan selembar kertas berwarna. Dia berpikir bahwa menggunakan kertas akan terlihat jauh lebih bagus dan lebih menarik daripada burung pipit lain yang hanya tampak seperti tumpukan sampah.

Baca Juga :  Buletin: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Fungsi

Lia tidak peduli bagaimana dan bagaimana struktur bangunan yang dibangunnya. Dia tidak peduli dengan sarang padat yang dia bangun. Yang paling penting baginya ialah terlihat cantik dan indah dibandingkan dengan sarang yang lainnya. Selain Lia, ada juga seekor burung gereja yang tinggal di dekatnya dan membangun sarang dengan tumpukan jerami. Burung pipit bernama Rina. Rina dikenal banyak hewan lain sebagai burung pipit yang murah hati dan baik hati.

Sifat Rina dan Lia sangat berbanding terbalik. Lia, yang tinggal di sebelah Rina, mengejeknya karena sarang yang dibangunnya tampak begitu usang dan tidak menarik. “Hei, Rina, punggung burukmu adalah warna dari sarang yang kamu buat, sarangmu terlihat sangat usang dan tidak menarik.” Kata Lia kepada Rina.

Rina terdiam dan tidak menjawab celoteh Lias Spatzen, dia hanya terus membangun dan memperkuat sarangnya sendiri. Lia, yang merasa sangat senang karena sarang yang dibangunnya terus bekerja untuk menciptakan warna-warna sarang.

Lalu Rina juga berkata, “Hei Lia, kamu sebaiknya menggunakan bahan sarangmu dari tumpukan jerami untuk membuatnya lebih kuat!”. Tetapi Lia hanya terus membangun sarangnya dengan kesombongan yang dimilikinya.

Beberapa kemudian, semua burung, baik rina maupun lina, telah menyelesaikan sarang mereka. Dan kemudian hujan turun cukup deras, semua burung pipit pergi ke sarang masing-masing untuk bersembunyi. Tapi tidak untuk Lia, karena sarang yang dia gunakan terbuat dari kertas, yang justru melindungi dia dari hujan dan malah membuat tubuhnya basah.

Lia panik dan tubuhnya basah kuyup di bawah guyuran hujan. Kemudian Rina datang dengan kemurahan hatinya, menawarkan Lia tempat berteduh ke rumahnya. Akhirnya Lia menyesali perbuatannya.

Dia menyesal telah membangun sarang dengan kertas berwarna ini. Dia juga menyesal menjadi burung gereja yang angkuh dan sombong. Sejak itu, saran La Rina adalah membangun sarang dari tumpukan jerami.

Interpretasi

Sejak kejadian itu, Lia telah mengubah sikap dan perilakunya. Dia berjanji untuk tidak bangga dan sombong terhadap binatang dan burung pipit lainnya. Lia juga menyadari bahwa kesederhanaan sangat penting dibandingkan dengan kemewahan jika Anda hanya hidup dan bermegah. Karena kita adalah makhluk sosial.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Kopi

Orientasi

Setelah kembali dari sekolah, saya memutuskan untuk langsung pergi ke pensiun tanpa berhenti seperti biasa. Saya merasa tubuh saya lelah karena kegiatan sekolah hari itu.

Ketika saya melihat dispenser di dalam pensiun, saya menemukan itu enak sebelum tubuh berbaring dan minum kopi. Kebetulan, pasokan kopi saat itu masih cukup besar.

Saya memanaskan dispenser dan setelah 5 menit airnya hangat. Lalu aku mengambil kopi bubuk dan membuatnya dalam gelas.

Insiden

Kopi siap minum dan saya ingin pergi ke lantai 1 (kamar saya di lantai 2) sambil membawa kopi yang baru saja saya buat.

Saya bertekad untuk membawa cangkir kopi menuruni tangga, tetapi karena saya gugup menuruni tangga, tangan saya menjadi tidak seimbang dan membuat gelas kopi bergetar.

Akibatnya, kopi tumpah di tangga, di mana anak-anak sering melewati tangga.

Untungnya, tidak ada yang datang pada waktu itu, jadi saya tidak bisa membersihkan kopi cair yang tumpah di lantai tangga selama 10 menit.

Interpretasi

Berdasarkan kisah pengalaman pribadi di atas, kita dapat belajar jika kita membawa sesuatu yang rentan terhadap kita. Kita harus lebih berhati-hati dan tidak terburu-buru. Sehingga tidak ada yang tak terduga terjadi.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Teks Eksemplum. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: