Kalimat Tidak Padu

Posted on

Kalimat Tidak Padu – Dalam suatu paragraf terdapat kalimat yang jauh dari diskusi atau penjelasan dari jalur topik diskusi atau tidak mendukung ide utama dalam paragraf, maka kalimat tersebut dapat dikatakan kalimat tidak padu.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Kalimat Tidak Padu. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Karakteristik, Fungsi dan Contoh.

Pengertian

Kalimat ini merupakan suatu kalimat yang tidak mempunyai keterkaitan diparagraf dengan isi didalamnya, Tetapi bisa saja berlawanan dengan kalimat utama atau pembahasannya.

Kalimat Tidak Padu

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kalimat ini merupakan suatu kalimat yang diamana tak mendukung atau bertolak belakang pada kalimat utama.

Ciri -Ciri Kalimat Tidak Padu

  • Kalimat ini tidak nyambung dengan kalimat sebelum ataupun sesudahnya
  • Suatu ide gagasan yang terdapat pada kalimat bahkan dapat bertolak belakang dengan ide utama penulis.
  • Kalimat ini biasanya tidak terdapat kaitan dengan kalimat gagasan.

Contoh Kalimat Tidak Padu 1

Lagu Sheila On 7 dicintai oleh orang Indonesia. Lirik sederhana dan musik yang mudah dicerna adalah alasan utama untuk ini. Saat ini, Sheila On 7 terdiri dari Akhdiyat Duta Modjo, Erros Candra, Adam Muhammad Subarkah dan Brian Kresno Putro. Erros Candra berpacaran dengan mantan artis kecil, Leony. 8 album diproduksi oleh grup musik ini dari Yogyakarta.

Kalimat yang dicetak miring pada paragraf sebelumnya adalah kalimat yang tidak solid. Topik utama dalam paragraf sebelumnya adalah profil grup musik Sheila On 7, bukan kehidupan pribadi salah satu karyawannya.

Contoh kalimat Tidak Padu 2

Saya telah bekerja di kota ini selama 7 tahun. Semua pengalaman manis dan pahit yang pernah saya alami.ketika Bekerja di kota yang sangat indah dan ramai sampai tidak ingat kampung halaman yang pernah saya singgahi. Sayangnya, saya harus berhenti bekerja di kota.ini Bukan karena saya tidak suka, tetapi karena saya harus mengejar cita-cita saya sejak masih kuliah, yaitu menjadi Rektor. Mengajar mahasiswa adalah tugas seorang Rektor.

Kalimat terakhir dalam paragraf di atas adalah kalimat yang tidak solid. Karena, kalimat terakhir membahas tugas dosen, sedangkan pembahasan utama paragraf di atas adalah tentang seseorang yang mengundurkan diri dari pekerjaan yang telah dilakukannya selama 9 tahun.

Contoh Kalimat Tidak Padu 3

Sampai tidak ada yang menyangka, kusnadi bisa menjadi penulis novel terkenal. Novel ini adalah karya sastra dalam bentuk prosa. Padahal, sejak kecil tidak terlihat ada tanda-tanda bahwa kusnadi memiliki bakat menulis, terutama menulis novel. kusnadi mengakui, sebenarnya dia sudah menyukai dunia penulisan dan sering menulis di buku harian sejak kuliah Namun, dia menyembunyikannya karena merasa belum waktunya

Baca Juga :  Afiksasi

Dalam paragraf di atas, kalimat novel adalah karya sastra dalam bentuk prosa adalah kalimat terpadu. Karena, kalimat itu tidak relevan dengan poin utama paragraf di atas, yaitu kusnadi yang tidak bisa diharapkan menjadi penulis novel terkenal.

Contoh Kalimat Tidak Padu 4

Rasyid habibilah kusmayadi merupakan seorang penyair terkemuka di asia. Penyair kelahiran indonesia ini sudah menulis puisi sejak kuliah. Buku puisi yang mengutip berjudul hidup adalah hidup Puisi-puisi Rasyid begitu dipahami dan dikenal masyarakat karena kata-kata yang digunakannya begitu sederhana.dan Tidak rumit merupakan pengertian dari sederhana. Salah satu puisi HAH (julukan habibilah) yang paling terkenal adalah SEMUA INi SAlAH KU

Kalimat tidak padu merupakan pengertian dari kalimat sederhana tidak padu. Dikatakan secara demikian karna topik utamanya, paragraf atas ialah profil Rasyid habibillah Kusmayadi tidak membahas pengertian tersebut.

Contoh kalimat Tidak Padu 5

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari penerima pesan kepada penerima. Ada 5 elemen komunikasi menurut Harrold D. Lasswell, yaitu komunikator, pesan, media, komunikan dan efek. Komunikator adalah orang yang berbicara atau orang yang mengirim pesan. adalah sesuatu yang ingin disampaikan oleh komunikator kepada Media yaitu sarana untuk menyampaikan pesan itu. Sementara itu,di komunikator adalah orang yang menerima pesan dari komunikator. Efeknya adalah respons komunikator terhadap pesan yang dikirim oleh komunikator kepadanya. sanusi darwin adalah seorang akademisi di bidang komunikasi.

Kalimat yang dicetak miring pada paragraf sebelumnya adalah kalimat yang tidak solid. Karena, topik atau diskusi utama dalam paragraf di atas adalah penjelasan tentang teori ilmu komunikasi. Sedangkan frasa yang dicetak miring membahas sosok sanusi darwin. Oleh karena itu, kalimat yang dicetak miring di atas adalah frasa yang tidak konsisten atau frasa yang tidak sesuai.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Kalimat Tidak Padu. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: