Diftong

Posted on

Diftong – Dalam akuntansi dan pemenggalan kepala, diftong adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Jadi, jika kata “sungai”, “galau” dan “koboi” diucapkan atau dipenggal, hasilnya mungkin bukan su-nga, ga-la-u dan ko-bo-i, tetapi su-ngai, ga-lau dan ko -Boi.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Diftong. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Fungsi dan Contoh.

Pengertian

Diftong adalah kombinasi suara dalam satu suku kata yang dikombinasikan dengan huruf fokus dengan / w / atau / y /. Jadi / kalaw / adalah diftong untuk kata if, karena kombinasi vokal dengan / w / masih dalam suku kata yang sama. Namun, di / Anda ingin / tidak diftong, karena setiap kata milik dua suku kata yang berbeda, yaitu / ma-u /.

Diftong

Difftong adalah huruf-huruf yang memiliki intonasi vokal khusus dan dibentuk oleh kombinasi dua vokal. Huruf yang memasukkan huruf diftong sendiri adalah antara lai ai, au, ei, dan juga oi. Huruf-huruf ini dapat ditempatkan di awal, tengah atau akhir kata.

Fungsi Diftong

Dalam akuntansi dan pemenggalan kepala, diftong adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Jadi, jika kata “sungai”, “kebingungan” dan “koboi” diucapkan atau dipenggal, hasilnya mungkin bukan su-nga, ga-la-u dan ko-bo-i, tetapi su-ngai, ga-lau dan ko -Boi. Contoh lain kata-kata yang mengandung diftong adalah semrawut, bangau, aula, katai, semai, amboy, olok-olok, dan tupai.

Bagaimana dengan urutan vokal? Seperti yang dijelaskan. Urutan vokal adalah dua vokal yang dilafalkan dengan tekanan yang sama, dan masing-masing vokal menjadi bagian dari suku kata lain. Berikut ini adalah kata-kata yang mengandung sejumlah vokal: keinginan, pukulan, daun, koi, dua, suap, burung beo, gerbang dan puasa.

Ada sejumlah bunyi vokal dalam kata-kata ini, yaitu / au /, / iu /, / oi /, / ua /, / eo / dan / ae /. Setiap vokal dalam urutan vokal diucapkan dengan tekanan seimbang dan napas berbeda. Jika kata-kata ini diucapkan, hasilnya adalah ma-i, ti-ap, da-un, ko-i, du-a, su-ap, be-o, ha-et dan pu-a-sa.

Oh, ya, orang Indonesia punya beberapa vokal. Seluruh urutan vokal tidak dapat dijelaskan di sini karena ruang yang terbatas. Namun, untuk informasi, seri vokal seperti / eu /, / oe / dan / ou / tidak ditemukan dalam bahasa Indonesia.

Berikut ini saya akan berikan contoh dari keterangan topik yang dibahas di atas, di bawah ini:

Baca Juga :  Contoh Kata Suffix

Contoh Diftong Dalam Kalimat

  • Ibu memasak kari di dapur. (kata diftalmologis: kari, surat diftalmologis: ai)
  • Kondisi gunung berapi masih dikendalikan oleh BMKG. (kata diftalmologis: dikontrol, surat diftalmologis: au)
  • Akibat insiden itu, Andy menerima cedera yang sangat dalam. (kata diftalmologis: trauma, surat diftalmologis: au)
  • Nathan dikenal sebagai siswa yang cerdas di kelasnya. (kata diftalmologis: pintar, huruf diftalmologis: ai)
  • Bumi menjadi semakin datar. (kata diftalmologis: miring, huruf diftalmologis: ai)
  • Bahkan sebelumnya, harimau di kebun binatang terus mengaum dan mengamuk. (kata diftalmologis: harimau, surat diftalmologis: au)
  • Komunitas sepeda motor Vespa memandu kota Yogyakarta. (kata diftalmik: pengiring, huruf diftalmus: oi)
  • Amboy, pemandangan laut yang sangat indah! (kata diftalmik: amboy, surat diftong: oi)
  • Pekerja memboikot pabrik tempat mereka bekerja. (kata diftalmologis: boikot, surat diftalmologis: oi)
  • Dalam sambutan penutupnya, Pak Ustadza menyatakan harapannya bahwa kita akan selalu berada di taufik dan di bawah perlindungan Allah SWT. (kata diftalmologis: taufik, surat diftalmologis: au)
  • Kerusuhan antara pendukung menyebabkan fakta bahwa pertandingan berjalan dalam kekacauan. (kata diftalmologis: manja; surat diftalmologis: au)
  • 2 Mei adalah hari yang biasanya diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. (kata diftalmologis: may, jauh surat: ei)
  • Perusahaan saat ini sedang melakukan survei kepuasan pelanggan terhadap produk yang diproduksi oleh perusahaan. (kata diftalmologis: survei, surat diftalmologis: ei)
  • Jika saya tidak berada di pesta itu, saya tidak akan bertemu dengannya. (kata diftalmologis: jika, huruf diftalmologis: ai)
  • Di kolam berlumpur ada bunga lotus yang bunganya putih murni. (kata diftalmologis: lotus, huruf diftalmologis: ai)
  • Warga telah memiliki tanah selamanya. (kata diftalmik: eigendom, penulisan diftalmik: ei)
  • Ia belajar seni desain grafis otodidak. (kata diftalmologis: autodidak, surat diftalmologis: au)

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Diftong. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: