Pengertian Hari Kiamat

Hari Kiamat: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Tanda-Tanda Kiamat

Diposting pada

Apa itu hari kiamat? Islam mengajarkan kepada umatnya apabila pada saat yang ditetapkan Allah swt., alam ini akan hancur beserta segala makhluk hidup yang ada di dunia ini. Kapan alam ini akan hancur dan segala makhluk mati? Ini menjadi rahasia Allah swt. dan tidak satu orang pun tahu, termasuk Rasulullah saw. sejak Rasulullah saw. masih hidup, manusia banyak yang bertanya kapan terjadinya kehancuran alam semesta ini. Pertanyaan mereka diabadikan Allah swt. dalam firman-Nya berikut yang artinya:

Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang kiamat, kapan terjadi? Katakanlah, sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu ada pada Tuhanku ,.. .. (Q. S. al-Araf: 187).

Kepercayaan kepada hari kiamat adalah salah satu rukun iman. setiap orang islam wajib menyakininya. Datangnya hari kiamat adalah keadaan yang gaib. Hanya Allah swt. yang maha mengetahuinya.

Pengertian Hari Kiamat

Pengertian Hari Kiamat

Iman kepada hari akhir atau kiamat ialah meyakini bahwa seluruh alam termasuk dunia dan seisinya akan mengalami kehancuran. Hari akhir dicirikan dengan ditiupnya terompet Malaikat Israfil. dijelaskan bahwa pada hari itu daratan, lautan, dan benda-benda yang ada di langit bergerak menumpahkan segala isinya. benda-benda yang ada di langit beroperasi tanpa kendali. bintang, planet, dan bulan saling bertabur-taburanbertabrakan.
Semua manusia menjadi belingsatancemas. Mereka berlari berhamburan dan tidak sematsempat mengetahui lagi keluarganya. Semua hendak melindungi diri mereka sendiri, namun akhirnya semuanya mati, hancur, dan menghadap kepada sang ilahi. tidak cuma manusia yang mati, semua tumbuhan hewan, bakteri, kuman, virus, jin, dan syaitan pun mendapati kematian. Maha Besar Allah atas segala kuasanya.

 

Jenis – Jenis Hari Kiamat

Kiamat Sugra
Kiamat sugra ialah kiamat kecil, yakni berakhirnya kehidupan tiap-tiap manusia hidup. setiap makhluk hidup tentu akan mengalami kematian. Binatang-binatang akan mati sesudah masa hidupnya berakhir. Tumbuh-tumbuhan pun akan mengalami keadaan serupa. begitu juga dengan manusia. Keadaan ini sudah difirmankan Allah swt. dalam Al-Quran Surah Ali Imran ayat 185 yang artinya

Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. dan hanya pada hari kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh, dia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanya kesenangan yang memperdaya. (Q. S. Ali Imran atau 3: 185)

Kematian ialah terpisanya jiwa dari raga. keadaan itu diciptakan Allah swt. untuk mengerti manakah di antara manusia itu yang lebih baik amalannya. Oleh sebab itu, kematian tidaklah akhir dari segalanya. Kematian malah menjadi awal kehidupan yang baru dan abadi.

Adapun dua golongan manusia alam barzakh, yakni golongan yang memperoleh kenikmatan dan rida Allah swt. dan golongan yang mencapai murka Allah swt.

  1. Golongan yang memperoleh kenikmatan dan rida Allah swt. ialah golongan orang mukmin dan taat. beliau akan sanggup menjawab semua pertanyaan yang hendak diajukan oleh Malaikat Munkar dan Malaikat Nakir dengan baik tanpa takut dan gentar. kemudian, Allah swt. menunjukkan kepadanya salah satu pintu surga tempat tinggalnya kelak yang penuh dengan kegembiraan dan kenikmatan.
  2. Golongan yang memperoleh murka Allah swt. ialah golongan orang kafir. dia mendengar pertanyaan Malaikat Munkar dan Malaikat Nakir itu, tapi dia tidak dapat menjawabnya. kemudian Allah swt. menunjukkan kepadanya salah satu pintu neraka dengan bermacam jenis siksaannya.

 

Tanda – Tanda Hari Kiamat

Tanda-tanda hari kiamat telah dijelasknan oleh Rasulullah saw. dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, al-Bukhari, Muslim, dan at-Tarmizi. Tanda-tanda kiamat adalah sebagai berikut.

a. Tanda – Tanda Kiamat Kecil

  1. Hamba sahaya perempuan dikawini oleh tuannya
  2. Ilmu agama dianggap sudah tidak penting lagi
  3. Tersebarnya perzinaan karena memperoleh izin dari penguasa
  4. Minuman keras merajalela
  5. Jumlah wanita lebih banyak dari laki-laki dengan perbandingan 50:1
  6. Ada dua golongan besar yang saling membunuh, tetapi sama-sama mengaku dirinya memperjuangkan agama Islam
  7. Lahirnya dajal (tukang dusta) yang mengaku dirinya utusan Allah swt. Dan banyak berbohong serta menipu dan menganggap baik sesuatu yang buruk atau menggambarkan sesuatu yang tidak baik dengan gambaran yang memikat hati
  8. Banyak terjadi gempa bumi
  9. Fitnah muncul di mana-mana
  10. Pembunuhan merajalela
  11. Banyak manusia yang menginginkan dirinya mati

b. Tanda – Tanda Kiamat Besar

  1. Matahari terbit dari barat
  2. Munculnya binatang ajaib yang bisa berbicara
  3. Rusaknya Ka’bah
  4. Lenyapnya Al-Quran
  5. Seluruh manusia menjadi kafir
  6. Keluarnya bangsa Yakjuj Makjuj. Yakjuj Makjuj adalah kaum yang gemar membuat kerusakan di muka bumi. Menurut HAMKA, Yakjuj Makjuj adalah segala gerak yang telah dan hendak merusak dunia ini. Yakjuj Makjuj bisa ditafsirkan sebagai pikiran jahat, maksud buruk, dan ideologi yang menyesatkan yang dianut oleh sebagian manusia. Manusia yang menganutnya bisa mempergunakan sesamanya sebagai alat untuk merusak bumi. Oleh karena, pikiran yang baik, cita-cita yang mulia dan ideologi yang sehat harus ditanamkan dengan teguh pada setiap diri, keluarga, negara, serta bangsa untuk membentengi dari Yakjuj Makjuj.

 

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Hari Kiamat, Jenis – Jenis Hari Kiamat, dan Tanda – Tanda Hari Kiamat. Semoga kita senantiasa selalu bersyukur kepada Allah swt. dan selalu mengharap perlindungan-Nya.


Artikel Terkait:

Tentang Penulis:

Gambar Gravatar
Saya seorang D-3 perekam medis dan melebarkan sayap saya ke dunia digital dengan mengambil gelar S.Kom. Mungkin di masa yang akan datang perkembangan dunia medis dan digital akan saling mengiringi demi kehidupan yang lebih bermakna. Terimakasih sudah memberi support website majalahpendidikan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *